8 Manfaat Biji Seledri untuk Kesehatan Tubuh

By | August 3, 2019


Photo source: Dean’s Mediterranean Imports

DokterSehat.Com – Seledri adalah tanaman yang kerap dijadikan dressing makanan atau jus segar karena memiliki banyak manfaat. Namun, tak hanya daunnya saja, biji seledri pun ternyata bisa Anda olah untuk selanjutnya dikonsumsi. Soal manfaat jangan ditanya karena biji seledri juga mengandung manfaat yang tak kalah penting bagi tubuh. Lantas, apa saja sih manfaat biji seledri untuk kesehatan tubuh?

Pelbagai Manfaat Biji Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Jika selama ini Anda lebih familiar dengan daun seledri sebagai bahan pelengkap makanan, maka perlu diketahui bahwasanya biji seledri pun bisa dikonsumsi, dan secara manfaat tak kalah besar dengan daun seledri.

Berikut ini adalah manfaat biji seledri untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsinya secara rutin.

1. Mengatasi Infeksi

Manfaat biji seledri yang pertama adalah untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri, terutama bakteri seperti H. Pylori yang menjadi pemicu terjadinya penyakit lambung (maag).

Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2009 oleh Journal of Pharmacy and Pharmacology. Disebutkan bahwa ekstrak biji seledri efektif untuk menghalau serangan bakteri H. Pylori tersebut.

Kendati demikian, penelitian tersebut masih memerlukan pengembangan lebih lanjut oleh karena objek yang digunakan masih sebatas hewan, alih-alih manusia.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Para penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) juga disarankan untuk memasukkan biji seledri, leboh tepatnya ekstrak biji seledri, ke dalam daftar menu sehat harian. Pasalnya, manfaat biji seledri juga mencakup pengobatan penyakit yang satu ini.

Setidaknya begitulah yang dilaporkan oleh sebuah studi yang dirilis oleh Journal of Medicine Food pada tahun 2013. Pada penelitian dengan objek seekor tikus tersebut, diketahui jika ekstrak biji seledri memiliki dampak terhadap penurunan tekanan darah.

Namun lagi-lagi, objek penelitian yang masih berupa hewan ini menjadikan penelitian tersebut belum dapat dikatakan kuat. Perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan objek manusia untuk mengukur efektivitas biji seledri apabila diterapkan pada manusia yang mengidap hipertensi.

3. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Tulang

Menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang adalah manfaat dan khasiat biji seledri selanjutnya yang tak kalah penting.

Manfaat biji seledri yang satu ini dikarenakan adanya kandungan kalsium, yang mana jenis mineral yang satu ini memang fungsi utamanya untuk membentuk, menjaga, serta meningkatkan kesehatan tulang. Satu sendok makan biji seledri diklaim memiliki kadar kalsium yang sudah cukup untuk memenuhi kurang lebih 12,5 persen dari total kebutuhan kalsium harian.

Mengonsumsi ekstrak biji seledri secara rutin membantu Anda untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, serta mencegahnya dari risiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

Selain kalsium, manfaat biji seledri untuk kesehatan tulangjuga didapat dari kandungan mineral lainnya, yakni mangan. Satu sendok makan biji seledri 27 persen-nya terdiri dari mangan. Mangan adalah mineral yang berperan penting dalam pembentukan jaringan tulang dan tulang rawan.

4. Melawan Kanker

Biji seledri juga diperkaya oleh zat-zat yang mana kesemua zat tersebut memiliki sifat antioksidan.

Hal ini lantas menghasilkan manfaat biji seledri untuk mencegah dan melawan kanker nan mematikan. Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2005 oleh Cancer Letters mengungkapkan bahwasanya kandungan antioksidan pada biji seledri efektif untuk menghalau perkembangan sel kanker, khususnya kanker hati.

Manfaat dan khasiat biji seledri untuk melawan kanker ini juga makin diperkuat oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 2011. Dirilis dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, studi tersebut berhasil menemukan fakta bahwa ekstrak biji seledri ampuh untuk membantu pencegahan dan bahkan pengobatan kanker lambung pada manusia.

Ini bisa terjadi oleh karena antioksidan pada biji seledri bekerja untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara merangsang pertumbuhan sel baik bernama apoptosis.

5. Menurunkan Kolesterol

Lemak LDL atau biasa dikenal sebagai kolesterol ‘jahat’ adalah pemicu dari penyakit-penyakit seperti tekanan darah tinggi, hingga stroke dan penyakit jantung.

Mengonsumsi ekstrak biji seledri adalah satu dari sekian banyak cara yang dapat Anda lakukan guna mengatasi atau menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut sehingga tubuh senantiasa aman dari tingginya risiko terkena penyakit akibat kolesterol.

6. Merawat Sistem Pencernaan

Sama seperti daunnya, biji seledri juga memiliki manfaat untuk merawat sistem pencernaan dan mencegahnya dari penyakit-penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti sekresi lambung dan sebagainya.

Manfaat biji seledri yang satu ini tak lepas dari kandungan senyawa bernama polysaccharides berbasis pectin yang memang memiliki fungsi untuk merawat sistem pencernaan. Tak hanya itu, kandungan seratnya memiliki manfaat untuk mencegah penyakit pencernaan lainnya yakni konstipasi atau biasa dikenal sebagai sembelit.

7. Mengatasi Peradangan

Kandungan antioksidan pada biji seledri menghasilkan manfaat biji seledri untuk mencegah peradangan (inflamasi). Hal ini dikarenakan antioksidan tersebut berperan dalam menghalau serangan radikal bebas, yang mana radikal bebas ini menjadi pemicu dari terjadinya peradangan tersebut.

Radikal bebas juga menjadi ‘gerbang’ dari timbulnya penyakit seperti kanker sehingga Anda jangan sampai melewatkan manfaat dan khasiat biji seledri yang satu ini jika tak ingin menderita penyakit kanker.

8. Merawat Fungsi Hati

Sementara itu, kandungan mineral pada biji seledri berkhasiat untuk menetralisir asam dan racun yang didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Hal ini tentu saja bagus untuk menghindari organ hati (liver) Anda dari komplikasi, mengingat racun yang tidak terolah sebagaimana mestinya menjadi awwal dari timbulnya penyakit hati (liver).

Efek Samping Biji Seledri

Sayangnya, biji seledri tidak lepas dari yang namanya efek samping jika Anda mengonsumsinya secara tidak tepat. Ini terutama berlaku untuk ekstrak biji seledri yang sudah diolah menjadi suplemen makanan.

Efek samping biji seledri ini utamanya menyerang Anda yang menderita penyakit ginjal, atau Anda yang mengonsumsi obat-obatan tiroid, diuretik, hingga obat pengencer darah. Berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebaiknya dilakukan untuk memastikan apakah Anda bisa mengonsumsi suplemen biji seledri atau tidak.

Itu dia informasi mengenai manfaat biji seledri untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!





Source link