8 Makanan Ini Bisa Membantu Meredakan Stres

8 Makanan Ini Bisa Membantu Meredakan Stres

[ad_1]

alpukat-atasi-stres-doktersehat
Photo Source: Flickr/ Kjokkenutstyr.net

DokterSehat.Com– Stres bisa melanda siapa saja. Kita bisa saja mengalaminya akibat pekerjaan yang sangat berat, kemacetan atau hal-hal yang sebenarnya terlihat remeh lainnya. Masalahnya adalah mengatasi stres bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengatasi stres. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

Makanan Pereda Stres

Mengingat stres bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan fisik ataupun mental jika tidak kunjung ditangani, sebaiknya kita segera melakukan cara untuk meredakannya.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu meredakan stres.

  1. Buah Alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang cocok untuk program diet. Tak disangka, buah yang tinggi kandungan nutrisi in ternyata juga bisa membantu mengatasi stres. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin B di dalamnya.

Keberadaan vitamin B ini bisa membuat aktivitas sel-sel saraf dan sel otak meningkat. Selain itu, di dalam alpukat juga terdapat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal serta kalium yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

  1. Daging Sapi

Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang sangat nikmat. Di dalam daging sapi terdapat kandungan zinc yang bisa membantu meredakan stres dengan efektif. Pakar kesehatan juga menyebut kandungan ini mampu menurunkan kecemasan dan beban pikiran dengan signifikan.

Selain daging sapi, makanan lain yang tinggi kandungan zinc adalah kacang mete, kuning telur, serta tiram.

  1. Buah Blueberry

Masyarakat Indonesia masih belum terbiasa untuk mengonsumsi buah blueberry. Hal ini disebabkan oleh buah ini yang tidak termasuk buah lokal dan belum tentu dengan mudah bisa ditemui di pasaran. Hanya saja, jika kita sedang mengalami stres, tak ada salahnya untuk mencari buah ini demi mengatasinya.

Pakar kesehatan menyebut blueberry memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat liver menjadi lebih sehat, membuat tekanan darah menurun, sekaligus menekan jumlah hormon kortisol, hormon yang bisa menyebabkan stres.

  1. Kacang Almond

Kacang almond sangatlah nikmat untuk dijadikan camilan. Jika kita mengonsumsinya saat sedang mengalami stres, maka masalah mental ini bisa diredakan dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin B dan E yang sangat tinggi. Tak hanya mempengaruhi hormon stres, vitamin ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan signifikan.

  1. Daging Ikan Salmon

Daging ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan ini membuat sistem metabolisme tubuh meningkat, membuat kesehatan otak, jantung, dan persendian membaik, sekaligus membantu mengatasi stres dan kecemasan.

  1. Cokelat Hitam

Makan cokelat hitam bisa membantu meredakan stres dengan sangat cepat. Tak hanya karena memiliki rasa yang manis dan nikmat, kandungan di dalam cokelat hitam juga bisa menurunkan kadar hormon kortisol sekaligus meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon terakhir ini dikenal sebagai senyawa kimia yang bisa membuat kita lebih bahagia.

  1. Sayur Bayam

Sayur bayam ternyata bisa membantu mengatasi stres dan memperbaiki suasana hati. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan magnesium yang sangat tinggi di dalamnya. Selain bayam dan sayuran hijau lainnya, kita juga bisa mendapatkan kandungan ini dari biji-bijian.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan magnesium yang sangat tinggi. Mengonsumsinya akan membuat stres dan peradangan di dalam tubuh mereda.

 

Sumber:

  1. 2019. This is what you should eat when you’re stressed out. asiaone.com/lifestyle/what-you-should-eat-when-youre-stressed-out. (Diakses pada 18 September 2019).



[ad_2]

Source link

AKDSEO