8 Cara Merawat Wajah Pria dengan Benar

By | August 30, 2019


DokterSehat.Com – Pria cenderung cuek dengan penampilannya dibandingkan dengan wanita. Mereka tidak memperhatikan kesehatan wajah karena tidak mengenakan bedak atau make up. Pria hanya akan bercukur atau membersihkan muka seadanya karena menganggap perawatan wajah tidak perlu dan hanya untuk wanita saja.

Tips merawat wajah pria dengan tepat

Perawatan wajah untuk pria sebenarnya juga penting. Terlepas dari stigma feminin yang ada di masyarakat, merawat wajah akan membuat pria lebih sehat, cerah, dan tentu saja awet muda. Kalau Anda ingin wajah yang tidak mudah kusam, pilih beberapa perawatan wajah di bawah ini.

  1. Memahami jenis kulit

Memahami jenis kulit yang Anda miliki sangat penting sebelum melakukan perawatan. Mengapa sangat penting? Karena setiap kulit memicu kecocokan sendiri terhadap produk perawatan hingga penanganan umum seperti pencucian dengan air. Kulit pria memang cenderung tebal dari wanita, tapi tidak juga selalu lebih kuat.

Kenali jenis kulit Anda dengan melihatnya secara langsung apakah kering, berminyak, atau sudah normal. Kalau Anda tidak yakin dengan jenis kulit yang terjadi pada tubuh, ada baiknya untuk datang ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui jenis dari kulit secara tepat sehingga pemilihan produk perawatan tidak mengalami kesalahan.

  1. Pembersih wajah atau sabun cuci muka

Pria yang sering bekerja di luar ruangan dan kerap terpapar sinar matahari serta radikal bebas biasanya memiliki wajah kusam. Wajah yang kusam membuat bakteri di area wajah tumbuh dengan cepat. Bakteri ini bisa menyebabkan jerawat pada wajah atau infeksi saluran pernapasan.

Agar wajah yang kusam tidak menyebabkan penyakit, Anda disarankan untuk menggunakan sabun cuci muka yang memiliki bahan penghilang kotoran dan juga bakteri. Lakukan secara rutin setiap hari setiap akan beristirahat setiap malam. Jangan langsung tidur dalam kondisi wajah yang masih sangat kotor dan penuh dengan radikal bebas.

  1. Pelembab wajah

Pelembab wajah akan membuat kulit kering jadi lebih kenyal dan kulit yang berminyak jadi lebih kesat. Pemakaian pelembab akan membuat wajah lebih terbebas dari jerawat, bisul, atau gangguan kulit wajah lain yang mengganggu. Pelembab juga menjaga kekenyalan dari kulit dan Anda jadi tampak tua.

Pelembab memang jarang digunakan oleh beberapa pria yang tidak acuh dengan penampilannya. Meski demikian, pria tidak bisa mengabaikannya begitu saja apalagi mereka bekerja sebagai public figure. Selalu perhatikan kelembaban untuk membuat wajah selalu tampak segar meski usia tidak muda lagi.

  1. Tabir surya

Saat terpapar sinar matahari, kulit akan menjadi kering dan mati. Dampaknya, permukaan akan jadi kasar dan kusam. Sinar matahari yang terlalu terik juga merusak sel dan menyebabkan kanker kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan SPV minimal 15. Tabir surya harus dipakai secara rutin kalau pria berada di luar ruangan.

Saat ini sudah banyak produk perawatan tabir surya yang ada di luar sana meski lebih banyak dikhususkan untuk wanita. Anda tidak perlu khawatir kalau ingin memakainya, karena produk  itu lebih disesuaikan pada jenis kulit. Jadi, selama Anda sudah tahu jenis kulit yang dimiliki produk apa pun bisa digunakan.

  1. Pereda iritasi

Saat bercukur pria kerap melukai permukaan kulit wajahnya. Kalau luka ini tidak disembuhkan, iritasi bisa saja terjadi dan menyebabkan gangguan pada kulit. Untuk itu, setelah bercukur pria disarankan untuk menggunakan krim yang melembabkan kulit dan juga mencegah iritasi pada kulit.

Kesalahan terbesar dari pria adalah tidak memberikan kelembaban pada kulit setelah mencukur kumis dan jenggotnya. Asal sudah dicuci dengan bersih, kulit tidak akan mengalami masalah. Sekali dua kali mungkin tidak akan masalah. Namun, kalau sampai terjadi iritasi, kulit bisa merah-merah dan terluka.

  1. Menggunakan serum untuk memperbaiki kulit

Pria yang sering merokok biasanya terpapar dengan asap yang sangat berbahaya. Kulit di wajahnya juga akan perlahan lahan rusak dengan sendirinya. Kondisi ini menyebabkan wajah jadi kelihatan tua meski usianya masih sangat muda. Kalau Anda perokok aktif atau berada di antara perokok, gunakan serum kulit.

Serum ini akan bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan menjaganya dari radikal. Selain melakukan perbaikan, kita juga harus berusaha untuk menjaga kulit dari dalam agar tidak mudah sekali rusak karena racun dari luar atau dari dalam.

  1. Melakukan eksperimen

Lakukan eksperimen terlebih dahulu terkait dengan jenis produk yang akan digunakan. Eksperimen ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan pakai yang berlebihan. Itulah kenapa eksperimen diperlukan untuk mengetahui kecocokan antara kulit dengan produk yang dipakai.

Pakai saja produk yang sesuai dengan kulit. Coba selama seminggu dahulu. Kalau memang baik dan memberikan perubahan baik, bisa segera dilanjutkan. Namun, kalau kulit yang Anda miliki kian rusak, berarti produk itu tidak cook dan Anda harus segera menggantinya dengan yang lain.

  1. Memperhatikan diet

Merawat wajah dengan baik tidak hanya dilakukan dengan menggunakan produk-produk perawatan wajah saja. Anda juga harus memperbaiki diet yang sedang dilakukan. Makan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan kulit seperti vitamin C dan E.

Kurangi makanan berlemak dan juga banyak mengandung pengawet. Perbanyak juga buah yang memiliki banyak antioksidan agar radikal bebas semakin sulit untuk menembus kulit.

Inilah beberapa ulasan tentang cara merawat wajah pria yang baik dan juga benar. Dengan menggunakan beberapa tips di atas, kulit wajah Anda akan semakin sehat, tidak mudah kusam, dan yang paling penting dari semuanya adalah kulit tidak akan mudah sekali menua. Dari beberapa tips di atas, adakah yang pernah Anda lakukan sebelumnya?

 





Source link