7 Tips Menjaga Kulit Wajah secara Alami

By | August 25, 2019


DokterSehat.Com – Penuaan dini adalah hal yang sangat ditakuti oleh wanita selain kegemukan. Untuk menghindari kulit wajah berkerut, flek hitam, hingga kasar, beberapa wanita kerap membeli krim anti-ageing yang mahal. Padahal, untuk bisa awet muda dan membuat kulit jadi sehat, wanita hanya butuh melakukan beberapa hal berikut ini.

Perawatan wajah agar selalu awet muda

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh wanita adalah mereka tidak mau menjaga wajahnya secara alami. Mereka lebih sering melakukan sesuatu yang instan seperti penggunaan obat atau dengan melakukan operasi. Padahal dengan melakukan beberapa cara alami seperti mengubah gaya hidup, kulit wajahnya akan kembali sempurna.

  1. Berhentilah dari merokok

Racun yang terkandung dalam asap akan menyebabkan kulit jadi kusam dan berkerut. Racun ini akan masuk perlahan-lahan saat Anda mulai merokok. Begitu asap masuk ke dalam tubuh, beberapa partikel akan ikut terbawa dan akhirnya menempel di sekitar kulit wajah.

Efek dari merokok ini memang tidak akan langsung dirasakan oleh pemakainya. Namun, kalau sudah dilakukan selama bertahun-tahun akan terlihat wajahnya jadi mudah sekali menua dan terlihat menghitam. Kalau Anda tidak mau memiliki wajah seperti ini ada baiknya untuk berhenti merokok.

Lakukan proses berhenti merokok perlahan-lahan agar tidak gagal. Beberapa orang yang mencoba berhenti merokok dan melakukannya dengan ekstrem justru mengalami withdrawal dan akhirnya kembali lagi merokok karena tidak tahan dengan kondisi ketagihannya yang masih sangat kuat.

  1. Kurangi konsumsi minuman keras

Beberapa orang mengonsumsi alkohol setiap hari dan sudah menjadi bagian dari gaya hidupnya. Padahal mengonsumsi alkohol setiap hari bisa memberikan dampak yang buruk pada tubuh. Anda bisa mengalami banyak gangguan seperti mulai mengalami kerusakan saraf, diabetes, dan gangguan lainnya seperti depresi.

Mengonsumsi minuman keras atau alkohol dalam jumlah banyak, juga memicu perubahan pada kulit seperti perlahan kusut dan kering. Meski masih sangat muda, Anda akan kelihatan lebih tua dari umur. Daripada minum alkohol, lebih baik minum air putih dalam jumlah banyak agar kelembaban kulit tetap terjaga.

  1. Menerapkan pola makan yang tepat

Kebiasaan makan tidak terjaga dengan baik menyebabkan tubuh mengalami obesitas. Lemak yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan kulit jadi tampak lebih tua dan kekenyalannya menurun. Lebih lanjut, kalau Anda suka makan di gerai cepat saji, nutrisi yang diserap tubuh akan kurang. Padahal kulit butuh Vitamin B, C, dan E.

Mendapatkan nutrisi yang baik untuk kulit sebenarnya tidak sulit asal Anda bisa mengonsumsi makanan dengan benar. Jaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar tubuh tetap mendapatkan apa yang mereka butuhkan terutama sel yang ada di wajah. Perbanyak mengonsumsi makanan yang terbuat dari sayuran segar dan juga buah.

  1. Berusaha untuk olahraga secara rutin

Metabolisme tubuh akan meningkat saat Anda melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Sel-sel tubuh akan mudah melakukan regenerasi sehingga penuaan dini bisa dihindari. Berolahraga juga menghindari risiko obesitas yang sangat berbahaya dan membuat kekenyalan kulit semakin anjlok.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan. Namun, Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga seperti kardio. Olahraga ini terdiri dari lari, jalan cepat, dan olahraga sirkuit. Anda tidak perlu ke gym untuk melakukannya karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas melakukan olahraga setiap harinya.

  1. Wajah harus rutin dibersihkan

Kalau Anda tidak pernah mengaplikasikan makeup pada wajah, cukup bersihkan dengan mencucinya dengan air lalu gunakan sabun cuci wajah. Selanjutnya bisa segera dibilas dan proses pembersihan selesai dilakukan. Anda tidak perlu memakai produk perawatan lain kalau memang tidak dibutuhkan.

Kalau Anda menggunakan make-up setiap hari, cara membersihkannya agak beda. Pertama hapus semua makeup yang ada di wajah hingga bersih. Selanjutnya harus dibersihkan dengan sabun cuci muka. Saat dibersihkan, zat kimia tidak akan menempel dan menyebabkan kulit jadi tidak sehat.

  1. Menerapkan pola diet yang tepat

Kulit membutuhkan nutrisi yang baik dan berasal dari apa yang kita makan. Kalau kulit tidak mendapatkannya, kemungkinan besar kulit akan mengalami gangguan. Kondisi seperti mudah mengalami kerutan dan kondisi lainnya seperti mulai muncul flek akan sangat besar.

Atur asupan nutrisi pada tubuh akan mikronutrien dan makronutriennya seimbang. Jangan sampai makan berlebihan atau sampai makanan terlalu sedikit dan asupan nutrisinya sangat sedikit. Dengan pola diet yang tepat, kesehatan kulit juga ikut terjaga.

  1. Lindungi kulit

Kalau Anda sering sekali berada di bawah sinar matahari dan durasinya cukup lama, gunakan pelindung seperti sunscreen yang mengandung SPF 15 atau versi yang lebih baik. Krim dengan kandungan SPF bisa mengurangi risiko kulit terkena sinar UV yang menyebabkan kulit kering hingga kanker.

Gunakan krim dengan kandungan SPF kalau Anda akan keluar dari rumah atau keluar ruangan pada siang hari. Kalau keluarnya pagi atau malam, krim tidak diperlukan untuk memberikan perlindungan pada wajah. Krim jenis ini ada banyak di pasaran dan harganya tidak terlalu mahal.

Beberapa orang mungkin akan malas menggunakan krim ni khususnya pria. Namun, demi menjaga kesehatan dari wajah, ada baiknya tetap memakai setiap hari sebelum keluar rumah. Kalau terpaksa tidak memakai selalu lindungi area wajah dengan topi atau alat lainnya.

Inilah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan wajah secara alami. Dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda bisa menjaga kesehatan wajah setiap saat dan meski nantinya tubuh sudah menua, berbagai gangguan seperti wajah yang berkerut tidak akan terjadi dan kulit tetap terjaga dengan sempurna.

 





Source link