7 Tanda Mata Kering Parah yang Perlu Diwaspadai

By | August 7, 2019


DokterSehat.Com – Mata kering, gatal, dan merah adalah hal biasa terjadi pada banyak orang. Apalagi mereka tinggal di kawasan yang penuh dengan polusi seperti kota besar atau dekat kawasan pabrik. Kondisi ini biasanya mudah diatasi dengan obat jenis OTC yang ada di pasaran. Namun, kalau penanganan dengan obat tetes mata dan sejenisnya tidak mempan mengatasi mata kering, berarti ada gangguan yang lebih parah.

Tanda Gangguan Mata Kering yang Sudah Parah

Mata kering bisa menyebabkan Anda tidak nyaman untuk melihat dan terobsesi untuk menggaruknya. Kondisi ini bisa diatasi dengan obat OTC. Namun, kalau kondisi di bawah ini sampai muncul, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Mata terasa nyeri dan cukup menyiksa

Mata yang kering biasanya hanya terasa tidak nyaman karena muncul rasa gatal. Anda jadi terobsesi untuk menggaruknya dengan intens. Kondisi gatal dan kering biasanya sembuh dengan obat tetes. Namun, kalau dengan obat tetes saja tidak ada perubahan pada kondisi dan menjadi lebih parah, berarti penanganan yang serius harus dilakukan.

Beberapa orang yang mengalami mata kering kerap merasakan nyeri di mata yang cukup intens. Nyeri ini seperti ada sesuatu yang mengganjal dan sulit sekali untuk diatasi. Di dalam mata seperti ada sesuatu yang tajam dalam dan terus mengikis permukaannya. Kalau kondisi mata kering ini tidak segera ditangani, kemungkinan terjadi abrasi kornea akan besar.

  1. Tidak tahan dengan cahaya yang terang

Bekerja di kantor dan lebih banyak berhadapan dengan komputer dengan layar sangat terang akan membuat mata mudah kering. Hal ini bisa terjadi karena kita jadi jarang sekali untuk berkedip. Padahal kita membutuhkan berkedip untuk mencegah terjadinya masalah pada mata dan membuat permukaannya selalu basah.

Mata kering akibat cahaya bisa diatasi dengan obat tetes. Namun, kalau mata tidak juga membaik berarti kondisinya sudah parah. Salah satu tanda yang menunjukkan kondisi mata sudah parah adalah sensitivitas dengan cahaya. Mata yang Anda miliki jadi fotofobia sehingga tidak tahan melihat layar terang dan berada di bawah cahaya terang lainnya.

  1. Pandangan buram atau jadi dobel

Kalau mata yang Anda miliki sering sekali mengalami buram dan juga gangguan penglihatan lainnya, kemungkinan besar sedang terjadi kering. Penggunaan OTC bisa mengatasi masalah ini dengan baik. Namun, kalau OTC tidak mempan dan mata menjadi buram serta ada bayangan atau dobel di setiap melihat benda apa pun, segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata.

  1. Sulit melepas lensa kontak

Kalau Anda menggunakan lensa kontak, membasahi mata adalah hal wajib yang harus dilakukan. Jika tidak diberi obat tetes secara rutin, mata akan kering dan lensa kontak terasa sangat mengganjal serta terasa perih dan nyeri. Dampak dari kondisi ini adalah lensa kontak yang menjadi sulit untuk dilepas.

Apabila kondisi ini sering terjadi seperti sulit melepas lensa kontak dan mata jadi lebih mudah kering, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri. Kalau sampai lensa kontak rusak atau robek saat dipakai akan sangat berbahaya untuk Anda.

  1. Sering menggunakan tetes obat mata

Kalau Anda sering sekali menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata kering, kemungkinan besar sedang ada masalah yang terjadi. Umumnya penggunaan obat mata untuk sekali atau dua kali saja sudah cukup. Namun, kalau sampai berkali-kali dan tidak ada tanda akan sembuh, berarti butuh dibawa ke dokter.

Obat jenis OTC yang ada di luar sana berguna untuk mengatasi gejala saja, tidak untuk menyembuhkan masalah. Jadi, kalau dengan OTC seperti obat tetes tidak ada perubahan sama sekali, Anda disarankan untuk segera memberikan penanganan yang ekstra. Kalau hal ini tidak terjadi, kemungkinan besar bisa menyebabkan masalah serius.

  1. Merasa tidak nyaman dan depresi

Masalah pada mata mungkin terlihat sepele. Namun, kondisi ini bisa menyebabkan masalah yang cukup besar. Apalagi kalau tidak kunjung sembuh. Beberapa orang bisa saja merasa tidak nyaman dan akhirnya stres berlebihan hingga depresi. Apalagi pekerjaan yang dilakukan membutuhkan konsentrasi dan ketajaman mata.

Kalau masalah dengan mata sudah memengaruhi banyak hal dan tidak hanya fisik saja, segera periksakan diri. Cari tahu apa yang sedang terjadi pada mata sehingga Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang sesuai. Jangan biarkan kondisi ini jadi berlarut-larut dan memicu kondisi yang lebih parah lagi.

  1. Menangis tapi tidak ada air matanya

Mata yang kering akan menyebabkan gesekan di permukaan terjadi lebih intens Kalau hal ini sampai terjadi, kemungkinan terjadi masalah pada mata akan besar. Masalah ini bisa berupa rusaknya kornea dan bagian lain dari mata kalau sampai ada debu dan partikel kecil yang tajam masuk ke mata.

Kita membutuhkan air mata untuk membuat partikel yang masuk itu hilang atau menepi dan akhirnya mudah diambil. Sayangnya, pada kondisi mata kering, seseorang justru tidak bisa mengeluarkan air mata bahkan lendir yang menjaga permukaan mata saja tidak keluar.

Kondisi ini tentu tidak bisa ditangani dengan hanya menggunakan obat tetes mata saja. Efeknya hanya sementara saja. Anda butuh obat untuk merangsang  kelenjar mata kembali menghasilkan air mata dalam jumlah cukup untuk mengurangi mata kering.

Inilah beberapa ulasan tentang gangguan mata kering yang sering parah dan butuh penanganan yang lebih baik lagi. Kalau Anda sering mengalami mata kering setiap harinya, lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa segera ditangani dan kesehatan mata tidak terus menurun setiap harinya.





Source link