7 Tanda Ginjal Sudah Mulai Rusak

7 Tanda Ginjal Sudah Mulai Rusak

[ad_1]

Doktersehat-cara-menjaga-kesehatan-ginjal

DokterSehat.Com– Salah satu organ yang paling penting bagi kesehatan tubuh adalah ginjal. Organ ini memiliki peran besar dalam menyaring darah dari berbagai racun dan zat sisa yang tak lagi dibutuhkan tubuh. Ginjal juga mengendalikan cairan tubuh dan mengeluarkan urine. Sayangnya, karena gaya hidup yang tidak sehat, ginjal bisa saja mengalami kerusakan.

Beberapa tanda yang menunjukkan ginjal sudah mulai mengalami kerusakan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa ginjal mulai mengalami kerusakan.

Berikut adalah tanda-tanda tersebut.

  1. Sering mengalami gangguan tidur

Jika ginjal tak lagi mampu berfungsi dengan normal, maka berbagai racun dan zat sisa tidak akan bisa benar-benar dibuang dari dalam tubuh. Keberadaan racun dan zat sisa ini akan mengganggu berbagai macam sistem yang ada di dalam tubuh, termasuk sistem yang mengendalikan waktu tidur kita.

Hal ini akan membuat kita mengalami masalah susah tidur dan beberapa jenis gangguan tidur seperti sleep apnea, henti napas saat tidur yang sering dikira sebagai mendengkur.

  1. Mudah lelah dan sering mengalami sakit kepala

Ginjal memiliki fungsi sebagai pemroses vitamin D. Vitamin ini tak hanya diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, namun juga untuk mengendalikan hormon erythropoietin, hormon yang berperan besar dalam proses produksi sel darah merah.

Jika sampai fungsi ginjal terganggu, produksi sel darah merah menurun dan kita pun akan mengalami gejala anemia seperti mudah lelah dan lemas. Selain itu, kita juga akan kesulitan untuk berpikir jernih, berkonsentrasi, dan melakukan berbagai hal-hal lainnya.

  1. Masalah kulit

Ginjal yang mulai mengalami kerusakan akan membuat berbagai racun dan zat sisa mengendap di dalam tubuh. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan kulit dengan signifikan. Kita pun akan mengalami gejala-gejala seperti kulit yang kering dan gatal-gatal. Jika kondisi ini berlangsung cukup parah, sebaiknya kita meminta bantuan dokter untuk segera mengatasinya.

  1. Napas dengan aroma seperti besi

Saat zat sisa dan racun di dalam tubuh semakin menumpuk, maka hal ini akan mempengaruhi berbagai organ tubuh, termasuk saluran pernapasan dan mulut kita. Kita akan mengalami masalah bau napas yang sangat buruk meski sudah berusaha menggosok gigi atau memakai cairan penyegar mulut.

Selain itu, terkadang kita juga merasakan aroma atau sensasi seperti besi pada mulut. Hal ini menandakan bahwa kandungan racun dan zat sisa sudah semakin menumpuk dan bisa membahayakan kesehatan.

  1. Mengalami sesak napas

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penurunan fungsi ginjal bisa berimbas pada saluran pernapasan. Hal ini akan membuat kita lebih rentan mengalami sesak napas. Pakar kesehatan menyebut hal ini bisa disebabkan oleh terjadinya pengendapan cairan pada bagian paru-paru akibat ginjal yang semakin kesulitan untuk mengendalikan cairan tubuh.

  1. Membengkaknya beberapa bagian tubuh

Penurunan fungsi ginjal akan membuat keseimbangan cairan tubuh terganggu. Di dalam berbagai bagian tubuh seperti pergelangan kaki, tangan, hingga telapak kaki akan mengalami penumpukan sodium dan cairan sehingga membuat bagian-bagian tubuh tersebut mengalami pembengkakan.

Selain karena penumpukan cairan, hal ini juga bisa menandakan adanya masalah pada organ jantung atau hati yang juga disebabkan oleh dampak dari rusaknya ginjal.

  1. Hipertensi

Kerusakan ginjal akan berdampak langsung pada meningkatnya tekanan darah dan risiko terkena hipertensi. Hal ini disebabkan oleh tidak seimbangnya kadar cairan di dalam tubuh. Semakin banyak cairan yang menumpuk, semakin besar pula tekanan di dalam pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan hipertensi.



[ad_2]

Source link

AKDSEO