7 Penyebab Memar di Permukaan Kulit

7 Penyebab Memar di Permukaan Kulit

[ad_1]

memar-di-tubuh-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mengalami memar di kulit tubuh seperti di tangan dan juga kaki. Memar ini muncul begitu saja atau karena ada hal lain dan terlihat sangat tidak baik. Beberapa memar yang dialami oleh seseorang juga terasa sangat nyeri saat disentuh atau tergesek pakaian yang dikenakannya.

Penyebab Memar di Kulit yang Umum Terjadi

Memar tidak terjadi begitu saja di kulit. Kalau Anda sering merasa mengalami memar padahal sedang tidak mengalami jatuh atau pukulan di bagian tubuh. Semakin tua tubuh seseorang, memar akan lebih sering terjadi. Hal ini bisa muncul karena pembuluh darah dalam kondisi tidak kuat. Selain itu, seseorang yang memiliki riwayat mudah memiliki memar di tubuhnya akan lebih mudah mengalaminya daripada yang lain.

  1. Pengaruh obat

Beberapa obat tertentu bisa menyebabkan masalah pada tubuh berupa memar di tangan seperti persendian atau bagian yang memiliki banyak pembuluh darah. Obat yang bisa menyebabkan hal ini adalah obat yang bisa mengencerkan darah. Obat ini memengaruhi fungsi pembuluh sehingga perdarahan akan semakin mudah terjadi.

Beberapa obat yang memiliki fungsi itu adalah aspirin, apixaban, dabigatran, dan rivaroxaban. Bahan lain yang bisa menyebabkan memar di kulit dan termasuk bahan alami adalah jahe dan juga ginseng. Kalau Anda memiliki gangguan memar, obat dan herbal yang disebutkan ini wajib dihindari.

  1. Penggunaan alkohol berlebihan dan gangguan hati

Alkohol adalah salah satu minuman yang mampu mempengaruhi kerja dari hati. Kalau kita minum alkohol secara berlebihan, kemungkinan besar akan terjadi masalah sirosis pada hati. Hal ini bisa memengaruhi kerja dari hati seperti tidak menghasilkan protein yang membantu darah agar menjadi kental.

Kalau Anda mengalami kerusakan pada hati, kemungkinan besar memar di kaki dan tangan akan semakin mudah terjadi. Selain itu, tubuh juga akan cenderung lebih kuning dan seperti kehilangan energi.

  1. Defisiensi vitamin

Ada dua jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi mata menangani memar yang terjadi di kaki atau tangan. Memar ini bisa muncul karena tubuh kekurangan vitamin C dan vitamin K. Kalau tubuh sampai mengalami kekurangan vitamin C, pembuluh darah akan semakin mudah mengalami perdarahan dan susah menyembuhkan diri.

Vitamin K juga membantu tubuh dalam pembekuan darah dan menghentikan perdarahan. Kalau sampai dua vitamin di atas tidak segera dipenuhi oleh tubuh, kemungkinan besar akan terjadi masalah seperti memar dan juga perdarahan yang jauh lebih besar.

  1. Memiliki gangguan darah

Seseorang yang mengalami masalah pada pembekuan darah bisa mengalami memar yang berlebihan pada tubuh. Apalagi mereka juga mudah sekali mengalami gangguan pembuluh darah yang cukup parah seperti hemofilia dan penyakit bernama Von Willebrand. Dua hal ini menyebabkan memar yang cukup parah di tubuh.

Penyakit genetik tidak bisa disembuhkan dan cenderung berkembang secara perlahan-lahan. Yang bisa dilakukan oleh seseorang kalau memiliki masalah ini adalah tidak melakukan hal-hal yang memunculkan tandanya. Misal menjaga diri agar tidak mengalami perdarahan atau tidak mengonsumsi obat tertentu.

  1. Vasculitis

Vasculitis adalah kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami beberapa gangguan seperti memar di bagian tubuh dan gangguan lainnya. Seseorang yang mengalami vasculitis juga akan mengalami gangguan pada nafas seperti menjadi sangat pendek dan nyeri pada kaki dan juga tangan serta pembengkakan.

Penanganan dari vasculitis ini bermacam-macam dan harus disesuaikan dengan derajat keparahannya. Jadi, kalau Anda mendadak mengalami memar dan beberapa gejala di atas, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Senile purpura

Seseorang yang sudah tua biasanya mengalami senile purpura. Kondisi ini mengalami sekitar 10 persen dari seseorang dengan usia 50 tahun ke atas. Kondisi ini meningkatkan perdarahan dan memar. Kondisi ini menyebabkan nyeri dan penurunan kekuatan pada tubuh.

Senile purpura bisa segera diatasi dengan penggunaan obat tertentu. Meski demikian, mereka juga disarankan untuk menjaga diri agar tubuh tidak mengalami memar dan sejenisnya.

  1. Kanker

Beberapa jenis kanker yang dialami oleh tubuh juga memicu memar pada kulit. Kanker yang bisa menyebabkan itu berjenis leukimia dan menyebabkan masalah di darah dan juga sumsum tilang belakang. Selain mengalami memar di tubuhnya, seseorang dengan kondisi ini juga akan mengalami perdarahan pada gusi.

Kanker yang muncul pada tubuh sebenarnya bisa diatasi dengan mudah asalkan stadiumnya masih rendah. Kalau stadiumnya sudah tinggi, kemungkinan besar akan sulit diatasi karena menyebar ke mana-mana.

Pemeriksaan dokter untuk memar

Memar memang tidak selalu tanda dari sesuatu yang buruk dan bisa segera diatasi dengan cepat. Namun, kalau sampai tanda di bawah ini muncul, Anda harus segera membawanya ke dokter.

  • Bagian kulit di tubuh menjadi mudah sekali memar dari sebelumnya. Memar mendadak muncul begitu saja dan kadang menimbulkan gejala tidak nyaman.
  • Disertai dengan gejala tambahan seperti perubahan warna kulit menjadi lebih kuning dari sebelumnya, demam, dan energi yang dimiliki tubuh kian menipis.
  • Setelah mengonsumsi obat tertentu Anda jadi mudah sekali mengalami memar di tubuh. Memar ini muncul lebih cepat dari sebelumnya.
  • Memar yang muncul pada tubuh terasa tidak nyaman dan kadang nyeri saat disentuh. Hal ini susah sekali disembuhkan atau sembuh sangat lambat.

Itu dia beberapa ulasan tentang beberapa hal yang jadi penyebab memar kulit. Beberapa jenis memar yang muncul pada kulit merupakan tanda dari gangguan yang cukup parah. Oleh karena itu, kita tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Kalau memang Anda sudah merasa curiga, segera lakukan pemeriksaan agar tahu penyebab utama dari memar yang terjadi.



[ad_2]

Source link

AKDSEO