7 Penyebab Anxiety Setelah Bangun Tidur

By | July 24, 2019


DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mengalami perasaan tidak nyaman atau mendadak takut sendiri setelah bangun tidur. Kondisi anxiety atau cemas berlebihan yang terjadi setelah Anda bangun tidur harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya kalau terjadi secara terus-menerus akan memicu masalah yang besar dan merusak produktivitas.

Penyebab anxiety setelah bangun tidur

Tidur adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Namun, pada beberapa orang tidur justru menyebabkan cukup banyak masalah pada tubuh. Salah satu masalah itu adalah anxiety yang berlebihan. Nah, kira-kira apa saja yang menyebabkan anxiety berlebihan setelah bangun tidur, simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Mengalami stres di sekolah, rumah, atau tempat kerja

Saat mengalami stres, tubuh akan menghasilkan kortisol dalam jumlah yang banyak. Apalagi kalau stres sering datang setiap hari dan tekanan yang diterima oleh tubuh susah sekali dihilangkan. Kalau seseorang mengalami masalah stres setiap hari, kemungkinan besar kortisol akan terus terbawa bahkan saat bangun tidur.

Saat bangun tidur dan dalam kondisi stres, tubuh akan merespons kondisi tidak nyaman. Anda akan mendadak tidak mood dan malas melakukan apa pun. Kondisi seperti ini akan terus berjalan hingga berjam-jam, bahkan ketika Anda bekerja dan melakukan aktivitas apa pun, anxiety akan terus mengikuti.

Mengalami perasaan tidak nyaman setiap saat tidak akan membuat Anda jadi nyaman dan menikmati hidup. Beberapa orang bahkan ada yang malas tidur atau takut untuk beristirahat karena setelah bangun kondisi tubuh akan lebih buruk dari sebelumnya. Kalau hal ini sampai terjadi, masalah yang lebih kompleks akan muncul.

  1. Masalah dengan hubungan

Tidak semua orang bisa hidup sendirian saja. Banyak dari mereka yang harus berpasangan dan menjalin relasi dengan banyak orang. Kalau relasi ini mengalami masalah, apalagi dengan orang yang dianggap penting, kemungkinan besar bisa memicu masalah yang lebih serius seperti stres yang sangat berlebihan.

Interaksi yang buruk akan terbawa sampai esok harinya, apalagi kalau masalahnya tidak segera diselesaikan. Oleh karena itu Anda disarankan untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan siapa pun. Kalau masalah terus diabaikan begitu saja, kemungkinan besar bisa memicu kondisi tidak nyaman saat bangun tidur dan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

  1. Konsumsi alkohol

Beberapa orang menganggap alkohol sebagai salah satu minuman yang tepat kalau kondisi pikiran sedang buruk. Dengan minum alkohol, rasa tidak nyaman seperti hilang seketika. Sayangnya alkohol juga memiliki efek samping kalau dikonsumsi secara berlebihan setiap hari.

Kalau Anda memiliki bakat anxiety atau rasa tidak nyaman secara berlebihan, ada baiknya untuk menghindari alkohol. Kalau Anda tetap mengonsumsinya, kemungkinan besar bisa memicu cukup banyak masalah seperti bangun tidur dalam kondisi mood yang sangat buruk.

  1. Perubahan besar pada hidup

Perubahan pada kehidupan terjadi setiap hari. Pada beberapa orang hal seperti ini akan sangat mengganggu. Bahkan saat tidur akan terus di pikiran dan bangun tidur esok harinya, rasa tidak nyaman itu muncul lagi. Bayangan dan pikiran tentang sesuatu yang buruk juga kerap muncul begitu saja.

Maksud dari perubahan besar pada hidup ini bisa saja dalam bentuk takut pindah dan mendapatkan tetangga baru. Lalu takut kehilangan pekerjaan atau takut harus dipindah ke divisi lainnya. Takut kehilangan pasangan seperti tinggal meninggal dunia juga bisa memicu masalah ini.

  1. Masalah finansial

Masalah finansial juga merupakan isu yang sangat besar. Seseorang yang tidak bisa menjalankan kehidupannya sehari-hari karena terlilit hutang atau tidak bisa memenuhi kebutuhannya akan sering mengalami anxiety setelah bangun tidur. Mereka akan merasa tidak nyaman dan malas melakukan apa pun.

Masalah finansial memang sangat krusial dan harus diperhatikan dengan matang. Pasalnya masalah ini akan terus menempel dan akan susah diatasi. Kalau seseorang mau berusaha dan mulai memperbaikinya mungkin tidak masalh. Namun, tidak sedikit yang berakhir pada kondisi depresi yang berkepanjangan.

  1. Masalah kesehatan

Masalah kesehatan juga kerap memicu kondisi anxiety setelah bangun tidur. Misal seseorang mengalami gangguan yang cukup besar seperti penyakit yang agak ganas. Kalau kondisi kesehatannya agak anjlok, kemungkinan besar rasa khawatirnya akan meningkat. Terlebih kalau mereka mengalami ketakutan akan kematian. Rasa tidak nyaman akan semakin terasa.

Alih-alih memikirkan masalah dengan kematian, seseorang dianjurkan untuk fokus pada pengobatannya. Makan harus dijaga dengan baik dan obat harus dikonsumsi sesuai dengan anjuran atau resep dari dokter yang menangani.

  1. Memiliki gangguan mental

Memiliki rasa khawatir adalah hal yang lumrah dan bisa dimiliki oleh siapa saja. Namun, kalau rasa khawatir itu sudah sangat berlebihan dan mengganggu, gangguan pada tubuh akan terjadi. Salah satu gangguan itu adalah perasaan tidak nyaman saat bangun tidur. Mau melakukan apa pun terasa tidak nyaman dan lebih banyak mengurungkan niat.

Kalau seseorang mengalami gangguan mental lain seperti bipolar disorder, gangguan tidak nyaman setelah bangun tidur akan lebih banyak terjadi. Rasa cemas yang muncul setelah bangun tidur biasanya semakin sulit untuk diatasi kalau seseorang ada gangguan mental lain. Segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi agar tubuh tidak ikut terdampak.

Inilah beberapa hal yang bisa memicu cemas berlebihan atau anxiety pada wanita. Kondisi anxiety ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk mereka yang masih remaja atau anak-anak sekali pun. Kalau Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi di atas, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Terlebih Anda tidak paham apa pemicu dari cemas yang sangat mengganggu itu.





Source link