7 Nutrisi Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mata

By | July 29, 2019


DokterSehat.Com – Sebagai bagian dari panca indera, mata adalah salah satu bagian dari tubuh yang penting. Tanpa mata yang sehat, kita tidak akan bisa melihat sesuatu dengan sempurna. Dampaknya Anda tidak bisa bekerja dengan baik dan kalau berada di jalan raya akan menjadi sangat berbahaya dan memicu terjadinya kecelakaan.

Nutrisi yang mengoptimalkan kesehatan mata

Mata membutuhkan cukup banyak nutrisi untuk mengoptimalkan kesehatannya. Berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

  1. Vitamin A

Salah satu pemicu masalah kebutaan terbanyak di seluruh dunia adalah defisiensi vitamin A. Itulah kenapa vitamin A sangat penting hingga pemerintah pun memiliki program pemberian vitamin A pada anak-anak agar pertumbuhan dan kesehatan dari matanya tidak mengalami gangguan.

Vitamin A yang banyak terdapat pada sayuran dan buah dengan warna merah dan oranye ini akan mencegah terjadinya kebutaan di malam hari. Selain itu kondisi mata kering dan kondisi serius lainnya akan ditangani dengan baik. Selalu masukkan sayuran dan buah dengan warna merah dan oranye ke dalam diet atau gunakan suplemen vitamin A.

  1. Lutein dan zeaxanthin

Salah satu kebiasaan buruk yang akan membuat mata Anda jadi rusak adalah sering menatap layar yang memancarkan cahaya biru. Lambat laun, gangguan seperti mata minus bisa saja terjadi. Kalau Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin, hal itu tidak akan terjadi.

Lutein dan zeaxanthin akan bertugas sebagai pelindung mata dari cahaya yang berlebihan. Zat ini akan masuk ke bagian inti dari retina yang sensitif dengan cahaya. Antioksidan ini bisa didapatkan pada bayam dan kacang polong hijau.

  1. Omega-3

Mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 seperti ikan laut baik untuk kesehatan mata. Selain itu, omega-3 juga menjaga koordinasi antara otak dan mata serta gangguan lain yang dipicu oleh penyakit. Penuhi kebutuhan omega-3 setiap hari, apalagi Anda sering mengalami gangguan pada mata atau sedang mengalami kehamilan.

  1. Gamma-Linolenic Acid

Gamma-Linolenic Acid adalah salah satu bentuk dari omega-6 yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi ini inflamasi diturunkan termasuk di mata. Gangguan seperti mata gatal, mata merah, dan iritasi tidak akan terjadi.

  1. Vitamin E

Tahukah Anda kalau retina yang dimiliki oleh setiap mata mengandung asam lemak yang cukup tinggi. Kalau seseorang mengalami defisiensi vitamin E, kemungkinan besar mata akan mudah sekali mengalami serangan dari radikal bebas karena antioksidan yang masuk ke dalam tubuh sangat rendah atau terbatas.

Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang bisa larut ke dalam lemak. Dengan mengonsumsi vitamin E, organ dengan kandungan asam lemak akan terjaga dari radikal bebas sehingga selnya tidak akan rusak. Anda bisa mendapatkan vitamin E setiap hari dengan mengonsumsi biji bunga matahari, flax seed, dan almond.

  1. Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan mata. Hal ini bisa terjadi karena mata membutuhkan cukup banyak konsentrasi vitamin ini di bagian permukaannya. Kalau sampai mata mengalami penurunan konsentrasi vitamin C, radikal bebas akan mudah sekali mengenali mata dan menyebabkan gangguan yang sangat besar.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, seseorang dengan kondisi katarak selalu mengalami penurunan konsentrasi vitamin C. Jadi, kalau Anda tidak mau mengalami katarak, ada baiknya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Kebutuhan vitamin C bisa dipenuhi kalau Anda makan aneka jeruk, jambu merah, cabai, dan brokoli.

  1. Seng

Seng adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dari mata. Setiap mata yang kita punya memiliki konsentrasi seng yang cukup besar. Seng digunakan sebagai salah satu daya tahan tubuh karena juga bekerja dengan antioksidan yang mencegah terjadinya kerusakan sel.

Fungsi lain dari seng adalah memberikan pigmen visual di retina. Kalau tubuh sampai mengalami defisiensi, kemungkinan besar akan terjadi beberapa masalah pada tubuh seperti susah melihat di malam hari. Anda bisa mengonsumsi seng dari beberapa sumber seperti tiram, daging, dan biji dari labu.

Kebiasaan untuk menjaga kesehatan mata

Selain memenuhi nutrisi di atas, kita juga disarankan untuk melakukan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan mata. Lakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

  • Saat berada di luar ruangan khususnya di lingkungan yang berdebu, gunakan kacamata untuk melindungi. Kalau menggunakan kendaraan motor, gunakan helm dengan kaca di bagian wajah. Radikal bebas yang masuk ke mata bisa memicu iritasi dan infeksi yang berbahaya. Terlebih ada patogen yang ikut masuk.
  • Jangan menatap ke sumber sinar yang sangat terang. Misal Anda melihat matahari yang terik di siang hari.
  • Kalau sedang bekerja atau terlalu lama menatap layar yang memancarkan cahaya, berhentilah selama beberapa menit untuk merelakskan mata. Kalau Anda terlalu banyak memiliki pekerjaan, gunakan kacamata anti radiasi.
  • Hanya membaca dalam posisi duduk saja. Kalau Anda membaca dengan duduk pengaturan jarak mata ke kertas yang ada tulisannya bisa berjalan dengan baik. Berbeda kalau dengan rebahan, pasti jaraknya akan lebih dekat ke mata.
  • Selalu membaca di ruangan yang terang. Kalau membaca di ruangan yang terlalu redup bisa membuat mata Anda jadi rusak perlahan-lahan.

Demikianlah beberapa nutrisi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kesehatan dari mata. Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi di atas, mata akan selalu jernih dalam melihat sesuatu dan gangguan yang menurunkan fungsi bisa dicegah dengan baik. Selama ini apa yang sudah Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata?

 





Source link