7 Manfaat Susu Kuda Liar (Pria Harus Baca)

By | July 10, 2019


DokterSehat.Com – Susu adalah minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi susu setiap hari sangat disarankan. Nah, jika selama ini susu yang Anda konsumsi adalah susu sapi, kambing, atau susu khusus vegetarian seperti susu kedelai, almond, dan sebagainya, maka ada lagi satu varian susu yang tak kalah menyehatkan, yakni susu kuda liar. Apa saja manfaat susu kuda liar?

Kandungan Nutrisi Susu Kuda Liar

Popularitasnya mungkin tidak sebesar susu sapi, namun jangan salah, susu kuda liar adalah susu yang secara manfaat tidak kalah dengan apa yang bisa diperoleh dari susu sapi. Bahkan, susu kuda liar sudah sejak ribuan tahun yang lalu dipercaya sebagai alternatif minuman susu yang menyehatkan selain susu sapi.

Manfaat susu kuda liar ini tidak lepas dari kandungan sejumlah zat penting di dalamnya, seperti:

  • Asam lemak omega-3 dan omega-6
  • Asam panthothenic
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Lactoferrin dan lysozyme
  • Vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K

Selain zat-zat di atas, tentunya masih banyak lagi kandungan nutrisi di dalam susu kuda liar dengan fungsinya masing-masing, mulai dari antioksidan, anti-bakteri, dan sebagainya. Di Indonesia, susu kuda liar Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat disebut sebagai susu kuda liar yang memiliki kualitas tinggi.

Manfaat Susu Kuda Liar bagi Kesehatan

Mengonsumsi susu kuda liar sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, ‘rumah’ dari varian susu yang satu ini. Anda pun tak ada salahnya untuk mengikuti kebiasaan positif ini karena sejatinya, susu kuda liar Sumbawa membawa banyak manfaat di dalamnya.

Berikut ini adalah khasiat susu kuda liar yang perlu Anda ketahui.

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan tidak lepas dari serangan penyakit yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, sebut saja diare, infeksi usus, dan lain-lain. Kondisi ini tentu saja tidak bisa dibiarkan karena bisa berimbas pada tidak optimalnya proses mencerna makanan dan penyerapan nutrisi maupun vitamin ke seluruh tubuh.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah dengan mengonsumsi susu kuda liar secara rutin, mengapa? Karena merawat sistem pencernaan memang merupakan satu dari sekian jenis manfaat susu kuda liar, semenjak adanya kandungan enzim bernama lactoferrin dan lysozyme.

Lysozyme adalah zat yang memiliki sifat anti-mikroba sehingga efektif untuk melawan bakteri atau mikroorganisme jahat lainnya yang hendak menginfeksi organ-organ dari sistem pencernaan. Sedangkan lactoferrin bersifat sebagai anti-bakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pun, keduanya membantu pertumbuhan bakteri baik seperti lactobacillus plantarum.

2. Setara dengan ASI

Siapa sangka, susu kuda liar memiliki kandungan nutrisi yang serupa dengan yang terkandung di dalam air susu ibu (ASI), yakni asam lemak omega-3 dan omega-6, protein, karbohidrat, dan vitamin A, C, D, E, serta K.

Atas dasar hal tersebut, maka susu kuda liar adalah sumber nutrisi yang baik bagi bayi yang baru lahir agar tumbuh kembangnya berjalan optimal. Anda para ibu menyusui bisa menjadikan susu kuda liar sebagai nutrisi pelengkap ASI yang diberikan kepada si kecil.

3. Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Mengonsumsi susu kuda liar secara rutin juga ternyata efektif dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit Anda, lho.

Khasiat susu kuda liar yang satu ini, lagi-lagi dihasilkan oleh enzim lactoferrin yang terkandung di dalamnya. Ya, lactoferrin yang memiliki sifat antioksidan berfungsi untuk melindungsi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang kemudian bisa berujung pada sejumlah masalah kulit seperti penuaan dini, hingga kanker kulit sekalipun.

Sementara itu, kandungan zat anti-bakteri pada susu kuda liar dinilai ampuh untuk mengatasi jerawat pada wajah. Sejumlah penelitian juga menemukan fakta bahwasanya susu kuda liar dapat mengobati masalah-masalah kulit lainnya seperti psoriasis, eczema, dan neurodermatitis.

4. Alternatif bagi Pengidap Alergi Susu Sapi

Manfaat susu kuda liar yang tak kalah penting adalah, ia dapat menjadi alternatif sumber nutrisi bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi, pun mereka yang memiliki kesulitan dalam mencerna susu sapi (intoleransi laktosa).

Khasiat susu kuda liar yang satu ini tak lepas dari fakta bahwa susu tersebut memiliki kadar protein kasein yang lebih sedikit ketimbang susu sapi. Dengan begitu, susu kuda liar lebih mudah untuk dicerna. Pun kendati jumlah protein kasein pada susu kuda liar lebih sedikit, kualitasnya lebih baik daripada protein pada susu sapi.

5. Membantu Menjaga Berat Badan

Memang, ada produk susu rendah lemak yang diformulasikan khusus untuk mereka yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Namun, mengonsumsi susu kuda liar sebenarnya sudah cukup untuk menjaga berat badan.

Manfaat susu kuda liar dalam menjaga berat badan didasari pada fakta bahwa susu ini mengandung jumlah kalori yang sedikit ketimbang susu sapi, yakni 44 kalori untuk setiap 100 gram-nya. Sedangkan sebagaimana diketahui, 100 gram susu sapi mengandung tak kurang dari 64 kalori.

6. Menurunkan Kolesterol

Kandungan asam lemak tak jenuh, yakni asam lemak omega-3 dan omega-6, pada susu kuda liar menjadikan susu ini bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak LDL atau biasa dikenal sebagai kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh.

Rajin-rajinlah mengonsumsi susu kuda liar untuk memperoleh khasiat susu kuda liar yang satu ini, mengingat kolesterol ‘jahat’ yang tinggi memicu terjadinya penyakit kardiovaskular yakni stroke dan jantung nan mematikan.

7. Menambah Keperkasaan Pria

Susu kuda liar juga dipercaya memiliki manfaat untuk menambah keperkasaan di atas ranjang sehingga mampu menciptakan hubungan seksual yang memuaskan.

Kendati demikian, manfaat susu kuda liar untuk pria yang satu ini masih sebatas asumsi atau mitos, mengingat belum memiliki bukti ilmiah yang kuat untuk mendukungnya. Namun, tak ada salahnya Anda para pria mengonsumsi susu ini guna menambah energi sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Itu dia daftar manfaat susu kuda liar yang perlu Anda ketahui. Terlepas dari benar tidaknya manfaat-manfaat tersebut, terutama soal manfaat susu kuda liar untuk pria, jangan ragu untuk mulai memasukkan susu ini ke dalam daftar menu sehat Anda sehari-hari dan buktikan khasiatnya. Semoga bermanfaat!





Source link