7 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan

By | August 4, 2019


DokterSehat.Com – Garam adalah satu dari sejumlah bumbu masakan yang wajib ada di dapur kediaman semua orang. Di samping fungsi utamanya sebagai penyedap masakan tersebut, ternyata garam memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh, pun mengatasi pelbagai gangguan kesehatan. Berkumur air garam adalah salah satu cara umum untuk mendapatkan manfaat garam. Apa saja manfaat kumur air garam?

Kumur Air Garam Sudah Sejak Lama Dilakukan

Berkumur air hangat yang dicampur dengan garam dapur rupanya sudah sejak ribuan tahun yang lalu dipercaya dan dipraktekkan oleh bangsa Romawi dan Yunani Kuno sebagai cara ampuh untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan gigi dan mulut. Pun demikian dengan orang India dan Tiongkok pada zaman dahulu, sebagaimana dilansir dari buku The Way of Ayurvedic Herbs.

Manfaat kumur garam bagi kesehatan gigi dan mulut ini tak lepas dari kandungan zat di dalam garam berupa natrium klorida, yang mana natrium klorida tersebut berperan untuk membuat bagian dalam mulut tetap kering dengan menyerap cairan yang berlebih di dalam mulut. Pasalnya, cairan yang berlebih tersebut membuat mulut menjadi lembab dan rentan ditumbuhi banyak bakteri.

Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan Tubuh

Sekalipun gigi dan mulut Anda belum mengalami masalah, tak ada salahnya untuk rutin berkumur dengan air garam. Hal ini guna mencegah gigi dan mulut dari mengalami gangguan kesehatan.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat kumur air garam yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin.

1. Mengatasi Hidung Tersumbat

Manakala Anda terserang pilek, salah satu gejala yang dialami adalah hidung tersumbat. Kondisi ini tentu saja membuat aktivitas bernapas sedikit terganggu sehingga membuat Anda tidak nyaman, bukan?

Selain minum obat-obatan pereda flu, berkumur air garam adalah cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Manfaat berkumur air garam yang satu ini dikarenakan kandungan zatnya dapat melawan bakteri penyebab pilek, sekaligus mencairkan tumpukan lendir di dalam hidung sebagai penyebab hidung tersumbat.

Tak hanya pilek, hidung tersumbat yang disebabkan oleh alergi, infeksi sinus, hingga bronkitis juga dapat diatasi dengan berkumur air garam.

2. Mengobati Radang Tenggorokan

Manfaat kumur air garam selanjutnya adalah mengobati radang tenggorokan (faringitis) yang ditandai dengan gejala sakit dan gatal pada tenggorokan.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, larutan air garam bekerja dengan cara menyerap cairan berlebih di dalam mulut sehingga bagian dalam mulut tidak terlalu lembab. Hal ini juga berlaku untuk tenggorokan oleh karena pada tenggorokan juga terdapat selaput mukosa yang jika terlalu basah dapat menjadi tempat ideal bagi bakteri.

Manfaat berkumur dengan air garam pada kasus radang tenggorokan juga dinilai ampuh untuk melegakan tenggorokan dengan mengurangi gejala sakit dan gatal.

Selain radang tenggorokan, beberapa masalah tenggorokan lainnya yang bisa diobati dengan berkumu air garam antara lain tonsillitis dan laringitis.

3. Mengatasi Sakit Gigi

Sepertinya kita semua sudah cukup familiar dengan fungsi atau manfaat kumur garam yang satu ini, bukan? Atau, hampir dipastikan Anda memilih untuk berkumur air garam setiap kali mengalami sakit gigi?

Ya, mengatasi sakit gigi memang merupakan manfaat berkumur air garam yang telah terbukti ampuh. Natrium klorida pada garam efektif untuk mengatasi infeksi bakteri penyebab sakit gigi, pun peradangan (inflamasi) pada gigi yang menyebabkan terjadinya kondisi ini.

Berkumurlah dengan air garam secara teratur guna mengatasi sakit gigi yang tengah Anda alami. Namun, periksakan diri juga ke dokter gigi guna mendapat penanganan medis lebih lanjut agar sakit gigi bisa cepat terobati.

4. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut (halitosis) adalah gangguan kesehatan pada mulut yang dialami oleh banyak orang, bahkan mungkin termasuk Anda salah satunya. Bau mulut tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Pasalnya, selain mengindikasikan bahwa kebersihan mulut sangat rendah, mulut yang bau juga membuat Anda dan orang di sekitar menjadi terganggu yang mana hal ini berdampak pada kepercayaan diri.

Di samping rajin menggosok gigi, cara mengatasi bau mulut secara alami yang diklaim cukup efektif adalah dengan berkumur air garam. Manfaat kumur air garam ini dikarenakan garam bekerja untuk menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Pun, garam membantu menetralisir pH di dalam mulut sehingga bakteri sulit berkembang.

Sayangnya, efektivitas air garam untuk mengatasi bau mulut ini hanya untuk kasus bau mulut yang yang bersifat ringan. Untuk kasus bau mulut yang disebabkan oleh masalah cukup serius pada mulut, Anda tak bisa hanya mengandalkan air garam, melainkan perlu untuk berobat ke dokter guna diberikan penanganan medis secara khusus.

5. Mengobati Sakit pada Lidah

Pada lidah, kerap muncul plak berwarna putih yang utamanya disebabkan oleh bakteri atau jamur akibat kebersihan indera perasa ini yang kurang dijaga.

Guna mengatasi plak pada lidah, kumur air garam adalah salah satu solusi mudah namun ampuh yang bisa Anda terapkan. Manfaat berkumur dengan air garam ini lagi-lagi dihasilkan oleh natrium klorida yang dikandungnya.

6. Mengobati Sakit pada Gusi

Sakit pada gusi juga menjadi masalah pada gigi dan mulut yang kerap dialami. Salah satu penyakit yang ditandai dengan sakit gusi adalah gingivitis. Penyakit ini menyebabkan gusi mengalami pembengkakan dengan disertai rasa sakit yang kadang tak tertahankan.

Gingivitis yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri ini dapat Anda obati dengan cara berkumur air garam. Natrium klorida pada garam berperan untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab gingivitis tersebut. Namun, ada baiknya jika Anda tetap memeriksakan diri ke dokter berkenaan dengan penyakit ini, terlebih jika gingivitis sudah cukup parah.

7. Membersihkan Hidung

Anda juga bisa menggunakan air garam untuk kebutuhan di luar gigi dan mulut, salah satunya untuk membersihkan hidung. Hal ini utamanya jika Anda tidak memiliki cairan saline yang biasa digunakan untuk membersihkan hidung.

Campurkan 1 sendok teh garam dapur (non-iodium) beserta satu sendok teh baking soda, kemudian larutkan ke dalam satu gelas air bersih. Cuci hidung Anda menggunakan larutan tersebut minimal sehari sekali.

Cara Berkumur dengan Air Garam

Setelah mengetahui manfaat kumur air garam, kini saatnya Anda perhatikan bagaimana cara berkumur air garam yang benar agar manfaatnya benar-benar terasa.

  • Siapkan satu gelas air hangat (250 ml), kemudian larutkan sekitar ½ sendok teh garam dapur tanpa MSG dan campuran bahan kimia lainnya
  • Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik
  • Buang air garam, atau telan sedikit jika air garam digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan
  • Lakukan cara tersebut secara berulang sebanyak 2-4 kali
  • Setelah selesai berkumur, sikat gigi sampai bersih
  • Berkumurlah secara rutin setiap hari

Itu dia informasi mengenai manfaat berkumur air garam yang perlu Anda ketahui. Gigi dan mulut yang sehat menjadi indikator seberapa pedulinya Anda dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semoga bermanfaat!





Source link