7 Manfaat Kubis Ungu untuk Kesehatan Tubuh

By | July 28, 2019


photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Kubis ungu atau merah memang tidak terlalu umum dikonsumsi dan di pasar tradisional jarang sekali ada. Umumnya kubis ungu banyak terdapat di pasar yang besar atau pusat perbelanjaan seperti mal. Meski jarang dikonsumsi oleh banyak orang ternyata kubis ungu memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh dan harus dimanfaatkan dengan baik.

Manfaat kubis ungu untuk kesehatan tubuh

Kubis ungu memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Kalau Anda mengonsumsinya secara rutin, beberapa manfaat di bawah ini bisa didapatkan dan Anda jadi lebih sehat.

  1. Menyuplai cukup banyak nutrisi

Meski tergolong sayuran yang rendah kalori, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kubis ungu sangat banyak. Nutrisi itu terdiri dari protein, karbohidrat, dan serat. Satu porsi kubis ungu mengandung sekitar 2 gram serat yang membantu tubuh dalam hal pencernaan sehingga sembelit tidak akan terjadi.

Selain makro nutrien yang banyak, kita juga akan mendapatkan nutrisi lain seperti aneka vitamin seperti C, K, B6, dan A. Selanjutnya ada juga nutrisi lain seperti potasium, thiamin, dan riboflavin. Dalam level yang kecil, kubis ungu juga masih mengandung zat besi, magnesium fosfor, tembaga, dan seng.

  1. Mengandung banyak antioksidan

Kandungan antioksidan di dalam kubis merah ada banyak. Antioksidan itu terdiri dari anthocyanins dan kaempferol. Dua antioksidan ini bermanfaat untuk menjaga sel di tubuh dari radikal bebas yang masuk dalam jumlah banyak. Kalau antioksidan di dalam tubuh jumlahnya banyak kemungkinan terjadi kerusakan sel akan rendah.

Dengan antioksidan yang cukup banyak, peluang tubuh jadi mudah sekali mengalami sakit akan rendah. Bahkan, Anda akan selalu bugar karena daya tahan tubuh juga ikut naik dengan sendirinya. Kalau daya tahan turun dan antioksidan rendah, tubuh akan mudah terinfeksi hingga mengalami inflamasi.

  1. Membantu tubuh dalam mengatasi inflamasi

Kubis merah masuk ke dalam sayuran jenis cruciferous. Sayuran ini dikenal sangat baik dalam mengatasi inflamasi di seluruh tubuh. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh akan menjadi lebih kebal dari berbagai inflamasi yang terjadi di kulit atau bagian tubuh lainnya. Kalau inflamasi sudah terjadi, zat yang terkandung di dalam kubis ungu akan membantu untuk mengatasinya.

Inflamasi di dalam tubuh juga bisa terjadi di saluran cerna khususnya perut. Kalau sampai terjadi inflamasi karena kita salah makan atau sejenisnya, tubuh akan mengalami cukup banyak gangguan seperti sering nyeri dan perut tidak nyaman. Dari tes yang dilakukan pada kubis ungu, inflamasi bisa diturunkan hingga 22-40%.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kubis ungu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Warna ungu yang terkandung di dalamnya mengandung cukup banyak antioksidan. Nah, salah satu antioksidan yang menimbulkan warna itu mampu menjaga kesehatan jantung secara umum sehingga gangguan di organ ini bisa dicegah.

Dari penelitian yang dilakukan, setidaknya ada penurunan risiko serangan jantung sekitar 11-32%. Karena persentasenya cukup tinggi, kita disarankan untuk memasukkan kubis ungu ke dalam diet meski tidak dikonsumsi setiap hari.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Meski tidak terlalu banyak, kubis merah mengandung beberapa komponen yang baik untuk tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin K, C, dan mineral seperti kalsium, manga, dan seng. Rutin mengonsumsi kubis ungu dan bahan makanan lainnya seperti susu akan menunjang kesehatan tulang secara umum. Konsumsi secara rutin menjadi beberapa jenis makanan yang bisa diterima oleh tubuh, misal dibuat menjadi salad.

  1. Kemungkinan mencegah beberapa jenis kanker

Kandungan antioksidan yang sangat besar di kubis ungu bisa digunakan oleh tubuh untuk mencegah adanya serangan radikal bebas dan pertumbuhan kanker. Dari beberapa jenis kanker yang dicegah, jenis yang muncul di saluran cernalah yang paling mudah diatasi.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kubis ungu mengandung cukup banyak zat antioksidan dan juga serat. Kombinasi dua hal ini bisa membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan gangguan seperti sembelit dan inflamasi tidak akan terjadi. Serat yang terkandung di dalam kubis ungu cukup banyak dan membuat urusan ke toilet bisa berjalan secara rutin.

Berbagai masalah yang terjadi pada pencernaan seperti nyeri perut tidak akan terjadi. Bakteri tidak akan mudah masuk karena daya tahan tubuh akan segera menghentikannya lalu membuang residunya bersamaan dengan membuang feses setiap harinya.

Cara mengolah kubis ungu

Kubis ungu bisa diolah menjadi apa saja sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita tidak disarankan untuk merebus lalu membuang airnya begitu saja. Padahal warna merah keunguan itulah yang bermanfaat. Berikut beberapa cara olah yang disarankan.

  • Ditumis seperti biasa dan menggunakan air yang tidak terlalu banyak. Dengan air yang tidak terlalu banyak agar nantinya tidak terbuang.
  • Kalau ingin mengolahnya menjadi makanan berkuah, usahakan untuk meminum juga air hasil rebusannya. Karena beberapa nutrisi dari kubis ungu akan ikut terlarut juga di sana.
  • Kalau Anda suka sekali membuat salad sayuran yang dicampur dengan beberapa protein, kubis ungu bisa diikutkan juga di dalamnya. Anda bisa mengirisnya kecil-kecil dan agak memanjang dan disajikan selagi segar.
  • Dibuat menjadi jus atau smoothies. Karena memiliki rasa yang cukup manis dan memberikan warna ungu yang cantik, kubis ungu bisa digunakan untuk membuat jus atau smoothies dengan ditambahkan buah-buahan lainnya.

Inilah beberapa hal tentang kubis ungu yang harus kita ketahui bersama-sama. Dengan mengetahui manfaat dari kubis ungu, kita disarankan untuk bisa mengonsumsinya secara rutin setiap harinya. Anda bisa membuat tumis kubis ungu atau menggunakannya sebagai bahan dari salad seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

 





Source link