7 Manfaat Ekstrak Daun Eukaliptus untuk Tubuh

7 Manfaat Ekstrak Daun Eukaliptus untuk Tubuh


photo credit: Wikipedia

DokterSehat.Com – Eukaliptus adalah salah satu jenis tanaman asli Australia yang banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Saat ini eukaliptus banyak tersebar di sepanjang Oceania termasuk Indonesia. Daunnya digunakan untuk berbagai kebutuhan medis dengan membuat ekstrak atau digunakan secara langsung.

Manfaat daun eukaliptus

Eukaliptus adalah jenis tumbuhan yang masih satu family myrtle. Tanaman lain dalam family ini adalah daun kayu putih. Beberapa orang menganggap daun kayu putih dan eukaliptus adalah dua hal yang sama padahal berbeda meski satu family. Eukaliptus yang asli Australia juga digunakan untuk obat dan makanan dari koala.

  1. Mengandung antioksidan yang tinggi

Daun eukaliptus yang mentah memang tidak bisa dikonsumsi secara langsung karena memiliki sifat racun. Saat ini hanya koala yang bisa mengonsumsinya tanpa mengalami keracunan. Daun yang sudah kering akan kehilangan racun dan bisa digunakan untuk teh dengan cara diseduh.

Selalu pastikan untuk menggunakan teh dari daun dan tidak menggunakan minyak esensial yang diekstrak dari daun. Kalau Anda menggunakan minyak esensialnya, kemungkinan besar akan meracuni tubuh. Daun kering yang dibuat menjadi teh akan memberikan antioksidan yang besar dan membuat tubuh jadi tidak muda sakit karena daya tahan tubuh meningkat.

Sebelum beli teh dari daun eukaliptus, pastikan dahulu keasliannya. Selain itu jangan langsung mencampurkan minyak dari eukaliptus apalagi yang konsentrasinya tinggi. Kalau Anda merasa ragu apakah itu teh dari daun asli atau tidak, lebih baik tidak mengonsuminya terlebih dahulu dan beli di tempat yang terpercaya.

  1. Mengatasi kulit yang kering

Penggunaan topikal dengan mengoleskan minyak eukaliptus akan membuat komponen ceramide meningkat dengan cepat. Ceramide merupakan asam lemak yang akan menjaga kelembaban kulit dan mencegah terjadinya kering. Kalau Anda menggunakanya secara rutin, kulit akan menjadi lebih lembut.

Anda bisa menggunakannya di kulit tangan, kaki, hingga di kulit kepala. Saat menggunakan minyak ini selalu gunakan pelindung tangan saat mengoleskan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari ada minyak yang menempel di tangan dan Anda tidak sengaja menggunakannya untuk makan dan keracunan.

  1. Meredakan gejala flu

Ekstrak dari daun eukaliptus yang berupa minyak bisa digunakan untuk meredakan flu dan masalah pernapasan lainnya seperti asma. Anda bisa menggunakan minyak ini dengan cara mencampurnya dengan bahan pengencer lalu dihirup. Misal ditaruh di wadah besar dengan air panas lalu uapnya dihirup perlahan-lahan.

Anda juga bisa mengoleskannya di sekitar kening atau tenggorokan. Elemen anti inflamasinya akan membantu Anda dalam mengatasi sakit. Minyak dari daun eukaliptus sangat beracun meski dengan dosis yang rendah. Jadi, pastikan untuk selalu hati-hati agar tidak masuk ke dalam mulut dan tertelan.

Ekstrak dari daun eukaliptus ini cukup tinggi kadar eucalyptol. Cara paling aman untuk menggunakannya adalah mengambil minyak dengan pipet atau meneteskannya sebanyak beberapa tetes ke pengencer. Jangan langsung mengaplikasikan minyak dengan dosis tinggi untuk mengatasi flu dan asma.

  1. Meringankan nyeri di tubuh

Selain dioleskan langsung ke bagian yang membutuhkan, ada beberapa cara untuk meredakan nyeri akibat terbentur atau inflamasi. Dengan menggunakan minyak eukaliptus, Anda bisa mencampurnya dengan air panas lalu menghirup aromanya secara langsung. Minyak eukaliptus dari ekstrak daun mengandung komponen anti inflamasi seperti cineole dan limonene.

Mereka yang mengalami sakit kronis seperti kanker juga merasakan penurunan nyeri setelah menghirup aroma dari minyak eukaliptus. Manfaat dari penghilang rasa sakit ini masih butuh penelitian lebih lanjut meski sudah banyak yang merasakannya.

  1. Membuat gigi jadi sehat

Kandungan eucalyptol pada ekstrak daun dari eukaliptus sangat tinggi. Komponen ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah mulut mulai dari fusi, gigi, dan masalah perdarahan di sana. Eucalyptol mengandung komponen polifenol yang merupakan bahan aktif untuk mengatasi bakteri yang memicu masalah gigi dan gusi.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, berkumur dengan ekstrak daun eukaliptus selama 5 menit akan menurunkan pembentukan plak yang memicu pengeroposan gigi. Selanjutnya inflamasi dan perdarahan yang terjadi di sana akan membaik dengan sendirinya dan tidak kembali lagi.

  1. Dimanfaatkan untuk relaksasi

Menghirup aroma dari minyak eukaliptus secara rutin atau pada kondisi tertentu bisa menurunkan ketegangan di tubuh. Kondisi seperti stres akan menurun perlahan-lahan. Manfaat untuk relaksasi ini membuat banyak orang menggunakannya untuk campuran air saat mandi atau ditaruh ke mesin pelembab ruangan.

Selain digunakan untuk meredakan stres yang berlebihan pada tubuh, menghirup aroma dari daun eukaliptus yang sudah diekstrak bisa menstabilkan tekanan darah pada tubuh. Gunakan minyak ini kalau dibutuhkan sembari memperbaiki pola makan dan memperbanyak aktivitas fisik.

  1. Difungsikan sebagai penolak serangga

Manfaat dari minyak eukaliptus terakhir adalah untuk mengatasi gigitan dari serangga. Dengan menggunakan minyak ini secara topikal, nyamuk dan serangga lainnya tidak akan mendekat dengan mudah. Makhluk itu tidak suka dengan baunya sehingga memilih menghindari ketimbang mendekat.

Anda bisa melarutkan minyak ini ke cairan pembawa agar lebih encer dan tidak tinggi konsentrasinya. Selanjutnya oleskan ke bagian tubuh yang sering digigit nyamuk seperti kaki dan tangan. Kalau Anda sedang berada di luar untuk kamping atau melakukan penjelajahan, minyak ini akan bermanfaat untuk menghindari serangga berbahaya seperti nyamuk malaria.

Inilah beberapa manfaat dari daun eukaliptus yang memiliki banyak manfaat. Saat ini penggunaan eukaliptus tidak hanya berfokus di Australia. Produk olahan daun ini juga sudah masuk ke Indonesia sehingga Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan atau membelinya untuk keperluan di masa depan.

 





Source link

AKDSEO