7 Manfaat Bunga Cempaka (No. 5 Wanita Harus Tahu)

By | July 21, 2019


DokterSehat.Com – Bunga cempaka, pernah mendengar atau melihat langsung jenis tumbuhan yang satu ini? Di balik tampilan bunga cempaka yang indah dan menawan, siapa sangka jika bunga ini tidak hanya sekedar bunga hias. Lebih dari itu, bunga cempaka dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat bunga cempaka bagi kesehatan tubuh sebagaimana dimaksud?

Bunga Cempaka dan Kandungannya

Cempaka adalah nama untuk tanaman yang masuk ke dalam genus Magnolia. Tanaman ini umumnya tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis maupun sub-tropis. Tanaman cempaka sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa varietas, yaitu:

1. Cempaka Putih

Nama ‘cempaka putih’ mengingatkan kita pada suatu wilayah di Jakarta, tepatnya Jakarta Pusat. Nah, nama tersebut diambil dari jenis tanaman cempaka yang satu ini. Cempaka putih (Michelia alba) adalah varietas cempaka yang kerap dimanfaatkan menjadi tanaman hias, seperti pada acara pernikahan.

Bunga cempaka putih yang memiliki sebutan lain yakni kantil memiliki warna kehijauan saat masih berupa kuncup, untuk kemudian berubah menjadi putih saat mekar. Tanaman cempaka putih umumnya dapat tumbuh tinggi, kira-kira 30 meter.

2. Cempaka Merah

Jenis bunga cempaka lainnya adalah cempaka merah. Tanaman ini berasal dari Negeri Tirai Bambu alias China. Berbeda dengan jenis cempaka lainnya, cempaka merah terbilang lambat dalam hal pertumbuhannya, tak terkecuali untuk bunganya sendiri. Hal ini yang menjadikan cempaka merah tergolong jenis cempaka langka.

3. Cempaka Ungu

Cempaka ungu mungkin juga menjadi jenis tanaman cempaka yang jarang kita lihat. Pasalnya, cempaka ungu hanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di dataran tinggi dengan suhu maksimal 26 derajat celcius.

Bunga cempaka ungu yang memiliki nama latin Magnolia liliafora ini pun terbilang unik oleh karena memiliki aroma khas yang menyerupai buah pisang. Sesuai dengan namanya, bunga cempaka ungu berwarna ungu muda. Musim penghujan adalah waktu di mana bunga cempaka ini mekar.

4. Cempaka Kuning

Cempaka kuning dikenal juga dengan sebutan cempaka wangi. Hal ini dikarenakan tanaman yang bisa tumbuh hingga setinggi 25 meter ini memiliki aroma bunga yang semerbak. Bunga cempaka kuning sendiri berwarna kuning jingga.

Untuk mengembangbiakkan tanaman cempaka kuning, umumnya dilakukan dengan teknik cangkok atau tanam biji.

Bunga cempaka mengandung sejumlah manfaat. Manfaat cempaka ini tak lepas dari kandungan sejumlah senyawa aktif, seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina. Senyawa-senyawa tersebut memiliki peran sebagai ekspektoran maupun diuretik.

Manfaat Bunga Cempaka bagi Kesehatan

Nah, kini Anda tidak hanya bisa memanfaatkan cempaka sebagai tanaman hias, melainkan juga untuk menjaga kesehatan tubuh, sekaligus mengobati pelbagai masalah kesehatan. Berikut adalah manfaat bunga cempaka yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Vertigo

Vertigo adalah kondisi di mana kepala terasa seperti berputar-putar dan tubuh kehilangan keseimbangan. Salah satu cara untuk mengatasi vertigo ini adalah dengan mengonsumsi bunga cempaka, tentunya yang sudah dikeringkan.

Anda bisa merebus 5 kuntum Bunga cempaka kering di dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit, kemudian minum air rebusan tersebut.

2. Mengobati Batuk Berdahak

Manfaat bunga cempaka selanjutnya adalah untuk mengobati batuk berdahak. Manfaat cempaka yang satu ini tidak lepas dari kandungan senyawa aktif berupa alkaloid mikelarbina dan liriodenina. Keduanya, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, memiliki sifat ekspektoran sehingga efektif untuk meredakan batuk berdahak tersebut.

Sama seperti mengatasi vertigo, yang perlu Anda lakukan kali ini yaitu merebus daun cempaka di dalam air mendidih. Namun, tambahkan juga bahan herbal lainnya seperti jahe. Konsumsi secara rutin sampai batuk berdahak hilang.

3. Mengatasi Gangguan Saluran Pernapasan

Anda juga dapat memanfaatkan bunga cempaka guna mengatasi masalah kesehatan berupa gangguan saluran pernapasan seperti asma dan infeksi paru-paru. Manfaat cempaka yang satu ini memang belum dapat dikatakan valid oleh karena belum adanya studi yang secara khusus meneliti tentang hal ini. Kendati begitu, tak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Manakala Anda terserang penyakit saluran pernapasan, rebus bunga cempaka kering kemudian minum air rebusannya secara rutin sampai penyakit mereda.

4. Detoks Alami

Dua senyawa di dalam bunga cempaka, yakni alkaloid mikelarbina dan liriodenina, juga memiliki sifat diuretik, yakni mempermudah urinasi. Hal ini lantas menghasilkan manfaat bunga cempaka untuk detoks.

Sebagaimana diketahui, urin yang Anda keluarkan membawa racun-racun dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah bunga cempaka secara rutin agar racun-racun di dalam tubuh tidak menumpuk dan berpotensi membahayakan tubuh.

5. Mengatasi Keputihan

Bagi Anda kaum wanita, keputihan pada organ intim tentunya sudah tidak asing lagi, bukan? Keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur perlu diobati oleh karena kondisi tersebut sangat mengganggu, seperti menimbulkan bau tidak sedap pada vagina.

Minumlah air rebusan daun cempaka kering secara rutin sampai keputihan terobati. Akan tetapi, imbangi juga dengan cara mengatasi keputihan lainnya dikarenakan manfaat bunga cempaka yang satu ini belum dapat dipastikan efektivitasnya.

6. Mengatasi Bau Badan

Sifat anti-bakteri pada senyawa yang terkandung di dalam bunga cempaka juga lantas menjadikan tanaman ini ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh bakteri, seperti bau badan. Kondisi ini tidak hanya mengganggu diri sendiri, namun juga orang lain di sekitar, bukan?

Oleh sebab itu, atasi masalah bau badan ini dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun cempaka salah satunya. Selain diminum, Anda juga bisa memanfaatkan air rebusan daun cempaka tersebut saat mandi, yakni dengan menyiramnya ke sekujur tubuh. Gunakan bunga cempaka kuning oleh karena jenis cempaka ini memiliki aroma wangi yang pekat.

7. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa penuh sehingga tak jarang Anda merasa mual dan ingin muntah. Hal ini umumnya disebabkan oleh banyaknya gas atau udara di dalam perut. Guna mengatasi perut kembung, Anda bisa mengonsumsi air rebusan bunga cempaka yang sudah dicampur dengan bahan alami lainnya seperti jahe.

Minumlah air rebusan tersebut selagi hangat. Lakukan secara rutin sampai rasa kembung pada perut Anda mereda.

Itu dia informasi mengenai manfaat bunga cempaka. Perlu diketahui, perihal manfaat cempaka ini sejatinya belum memiliki bukti ilmiah yang kuat. Oleh karena itu, jangan hanya bergantung pada bunga cempaka guna mengatasi masalah kesehatan yang Anda alami. Juga, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan bahan-bahan herbal, termasuk bunga cempaka ini. Semoga bermanfaat!





Source link