7 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

By | August 14, 2019


photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Salah satu jenis air yang paling bermanfaat untuk tubuh adalah air kelapa. Air yang berasal dari dalam buah kelapa ini mengandung cukup banyak gizi yang diperlukan untuk tubuh. Rutin mengonsumsi air kelapa khususnya kelapa hijau akan membuat tubuh Anda menjadi sehat dan tidak mudah sakit.

Memilih jenis kelapa hijau yang tepat

Buah kelapa bisa dikonsumsi setelah berusia 6 bulan ke atas atau memasuki bukan ke-8. Kalau masih bulan pertama hingga ke-6, kemungkinan besar isi buahnya akan sedikit dan hanya berisi air yang belum terlalu manis. Kandungan lemaknya masih belum ada. Kelapa hijau pada usia ini sering sekali digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit dan masalah pencernaan.

Pada usia 8-10 bulan dari bunga yang menjadi buah, daging dari kelapa akan terbentuk dan menebal. Dagingnya masih berbentuk jeli dengan ketebalan tertentu. Air dari kelapa juga mulai manis. Pada usia ini kelapa hijau cocok untuk dikonsumsi dan diambil dagingnya untuk dibuat jadi jus atau dimakan secara langsung.

Pada usia 11-12 bulan, air kelapa akan mulai menipis dengan sendirinya dan rasa manisnya tidak begitu besar dibandingkan dengan kelapa yang masih muda. Meski demikian, dagingnya akan mulai menebal, keras, dan mengandung cukup banyak lemak nabati. Kelapa pada fase ini lebih banyak digunakan sebagai santan atau membuat minyak.

Manfaat air kelapa hijau

Air kelapa hijau atau kelapa jenis apa pun memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa jenis manfaat yang bisa didapatkan.

  1. Sumber nutrisi yang lengkap

Di dalam air kelapa hijau atau jenis kelapa lainnya mengandung cukup banyak nutrisi yang baik untuk kinerja beberapa organ. Dengan mengonsumsi air kelapa Anda akan mendapatkan nutrisi berupa karbohidrat dari rasanya yang manis, serat, protein dan vitamin C yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan.

Selain yang disebutkan di atas, air kelapa juga mengandung cukup banyak mineral lain yang bermanfaat seperti magnesium, mangan, potasium, sodium, dan kalsium. Dengan kandungan mineral yang cukup banyak ini fungsi dari organ yang ada di tubuh bisa dimaksimalkan.

  1. Ada kemampuan mengatasi diabetes

Dari studi yang dilakukan pada dewan, air kelapa diketahui mampu menurunkan gula darah di dalam tubuh, Penurunan ini cukup signifikan dan bisa membantu mengatasi masalah diabetes tipe 2. Hingga saat ini penelitian pada manusia memang belum ada, tapi ada kemungkinan menaikkan sensitivitas insulin di dalam tubuh.

  1. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah salah satu komponen yang penting dari tubuh. Tanpa antioksidan yang besar, radikal bebas akan masuk dengan mudah. Akhirnya tubuh mengalami gangguan seperti infeksi atau malah muncul kanker.

Air kelapa muda khususnya yang hijau mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat. Bahkan, kemampuannya dalam mengatasi gangguan di tubuh ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keracunan makanan hingga alergi. Misal Anda alergi udang, minum air kelapa hijau bisa mengatasi masalah tersebut.

  1. Mencegah terjadinya batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan sulit diatasi. Efeknya ada banyak mulai pembengkakan di tubuh hingga nyeri di sekitar pinggang. Cara terbaik untuk mengatasi masalah batu ginjal adalah dengan mengonsumsi air cukup banyak termasuk air kelapa.

Kalau air kelapa masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak, kemungkinan terjadi pembentukan batu atau pengendapan jadi kecil. Air kelapa akan membuat semua sisa penyaringan dikeluarkan dan tidak mengendap perlahan-lahan.

  1. Menurunkan tekanan darah

Salah satu mineral yang baik untuk mengatasi masalah tekanan darah yang tinggi adalah potasium. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung potasium seperti pisang dan air kelapa hijau. Kalau Anda sudah merasa mengalami masalah dengan tekanan darah, segera minum agar tidak pusing berlebihan.

Air kelapa lebih baik dikonsumsi dalam kondisi segar. Jangan mengonsumsi air kelapa yang sudah lama atau disimpan di dalam kulkas. Meski nutrisinya tetap sama, kemungkinan terjadi kerusakan akan besar. Air kelapa kemasan mungkin ada potasiumnya, tapi jumlahnya tidak sebanyak yang segar.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Masalah dari sistem peredaran darah dan jantung ada banyak. Salah satu masalah itu adalah gangguan pada jantung. Kolesterol buruk yang tinggi bisa menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Penyumbatan ini menyebabkan darah tidak bisa bergerak dengan lancar dan peluang menciptakan gangguan jantung sangat besar.

Air kelapa bisa digunakan untuk menurunkan masalah di pembuluh darah. Kadar dari kolesterol dan trigliserida bisa diturunkan dengan cepat dan kemungkinan penyumbatan tidak terjadi.

  1. Cocok untuk mengatasi dehidrasi

Saat sedang melakukan olahraga dengan intens, tubuh akan mengalami penurunan jumlah dari mineral yang penting. Mineral itu akan ikut terbawa dengan keringat dan membuat Anda jadi mudah lemas. Kalau Anda melakukan lari yang intens atau angkat beban dengan beban yang besar, keringat akan mengucur deras.

Kalau tubuh tidak segera mendapatkan asupan air khususnya yang bernutrisi dan memiliki elektrolit,, dehidrasi bisa saja terjadi. Itulah kenapa kita disarankan untuk segera minum air kelapa atau air lain yang mengandung elektrolit. Satu gelas saja sudah cukup untuk mengganti cairan dan nutrisi yang ikut keluar bersama keringat.

Inilah beberapa ulasan tentang manfaat dari kelapa hijau khususnya air yang dihasilkan. Dengan menyimak beberapa manfaat di atas kita bisa tahu kalau buah ini bisa memberikan cukup banyak dan bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari atau saat sedang mengalami dehidrasi serta mengalami gangguan pencernaan. Bagaimana dengan Anda, seringkah minum air kelapa hijau?

 





Source link