7 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Cepat Tua

By | July 27, 2019


Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Siapa sih yang bisa tenang jika sampai mengalami penuaan dini? Tak hanya bisa membuat penampilan wajah atau tubuh menjadi lebih tua dari usia kita sebenarnya, hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi fisik kita secara keseluruhan. Sayangnya, jika kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat, bisa jadi akan lebih cepat tua.

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat kita lebih cepat tua

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat kita menjadi lebih cepat tua.

Berikut adalah beberapa jenis makanan tersebut.

  1. Margarin

Margarin sering kita gunakan sebagai bahan untuk membuat kue atau membuat masakan lainnya. Keberadaan margarin bisa membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut margarin ternyata bisa menyebabkan risiko penuaan dini meningkat dengan signifikan.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lemak trans di dalamnya. Kandungan ini bisa memicu ketidakseimbangan cairan tubuh. Padahal, hal ini akan menyebabkan dehidrasi yang bisa merusak organ-organ tubuh dan kulit.

Selain itu, di dalam margarin terdapat kandungan asam lemak omega 6 yang sangat tinggi yang bisa memicu peradangan di dalam tubuh.

  1. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Tak hanya makanan yang kita olah sendiri, makanan kemasan yang memiliki kandungan garam yang tinggi atau makanan cepat saji ternyata juga bisa menyebabkan penuaan dini, lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuan garam dalam mengacaukan keseimbangan cairan tubuh dan membuat kita lebih rentan mengalami perut kembung.

Keberadaan garam di dalam tubuh yang berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit. Kita akan lebih mudah mengalami pembengkakan akibat hal ini.

  1. Minuman energi

Minuman energi memang bisa membuat kita mendapatkan energi demi melakukan berbagai macam aktivitas fisik. Sayangnya, sering mengonsumsinya bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula, kafein, dan natrium di dalamnya yang sangat tinggi. Selain itu, minuman berenergi memiliki sifat asam yang bisa membuat perut terasa tidak nyaman.

Keberadaan gula yang berlebihan bisa menyebabkan risiko peradangan di dalam tubuh semakin meningkat. Selain itu, gula juga bisa memicu kerusakan gigi yang tentu akan membuat penampilan tubuh kita memburuk.

  1. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi

Makanan manis seperti kue, permen, roti, hingga nasi putih memang sangat nikmat untuk dikonsumsi dan mengenyangkan. Sayangnya, keberadaan gula dalam jumlah banyak di makanan-makanan ini bisa meningkatkan risiko terkena penuaan dini dan peradangan pada organ-organ tubuh.

  1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol ternyata bisa memicu peningkatan risiko terkena penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol yang bisa meningkatkan paparan buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan atau infeksi di seluruh tubuh. Selain itu, alkohol juga tinggi kandungan gula yang bisa memperparah peradangan dan memicu penuaan dini.

  1. Makanan dan minuman manis

Meskipun bisa memberikan sensasi puas tersendiri, makanan dan minuman manis tinggi kandungan gula yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakir kronis layaknya obesitas, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, gula juga bisa menyebabkan peradangan dan peningkatan paparan buruk radikal bebas yang bisa memicu penuaan dini.

  1. Daging olahan

Daging olahan memang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Sayangnya, daging olahan cenderung memiliki kandungan nitrat yang kurang baik bagi kesehatan. Kandungan ini bisa berubah menjadi nitrosamine yang bisa memicu datangnya kanker dan merusak DNA tubuh. Hal inilah yang akhirnya bisa menyebabkan penuaan dini.





Source link