7 Makanan untuk Mencegah Kanker (Dijamin Enak)

By | June 25, 2019


Photo Source: Steve Buissinne from Pixabay

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling sulit untuk diobati adalah kanker. Penyakit ini sayangnya seringkali tidak menunjukkan gejala awal yang jelas sehingga baru diketahui saat kondisinya sudah sangat parah. Karena alasan inilah banyak kasus kematian dini yang disebabkan oleh masalah kesehatan ini.

Pilihan Makanan untuk Mencegah Kanker

Pakar kesehatan menyebut gaya hidup menjadi salah satu penyebab utama kanker semakin meningkat dengan signifikan. Pola makan yang buruk, kebiasaan merokok, hingga paparan radiasi dan radikal bebas dari berbagai benda yang kita gunakan sehari-hari bisa menjadi pemicunya.

Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada beberapa makanan yang bisa kita konsumsi setiap hari yang justru bisa membuat risiko terkena kanker bisa diturunkan. Ini beberapa pilihan makanan untuk mencegah kanker:

  1. Daun mint

Kebanyakan orang menganggap mint sebagai rasa dari makanan atau minuman saja. Biasanya, rasa ini bisa didapatkan di beberapa makanan olahan layaknya permen atau minuman yang disajikan di tempat makan. Padahal, mint sebenarnya bisa kita olah sendiri dari daun mint ditanam di pekarangan rumah. Selain rasa dan aromanya yang menarik, di dalam daun mint ternyata juga tinggi kandungan antioksidan yang bisa membantu mencegah datangnya kanker.

Kita bisa memakai beberapa lembar daun mint untuk dijadikan campuran teh yang kita konsumsi setiap hari. Rasa dan aromanya tentu akan semakin nikmat.

  1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang cukup sering kita gunakan untuk memasak karena bisa membuat rasa dan warna makanan menjadi lebih menarik. Tak disangka, kunyit ternyata juga bisa membantu mencegah datangnya kanker, lho.

Hal ni disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai proses oksidatif yang berpotensi membentuk sel-sel kanker.

  1. Sayur bit

Sayur bit atau beet root juga bisa dijadikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari untuk mencegah datangnya kanker. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin, mineral, iron, nitrat, serta betakarin di dalamnya. Ditambah dengan adanya antioksidan dengan kadar yang tinggi, rutin mengonsumsi sayur bit bisa mencegah perkembangan sel-sel kanker dan tumor. Salah satu jenis kanker yang bisa dicegah adalah kanker payudara.

  1. Anggur hitam

Buah anggur hitam ternyata memiliki kandungan enthocunine, sejenis senyawa aktif yang bisa melawan sel-sel kanker dengan efektif. Senyawa ini juga memiliki sifat melindungi tubuh dan memperkuat sistem imun.

Rutin mengonsumsi 250 gram buah anggur hitam setiap hari sudah mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara.

  1. Buah nanas

Salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia karena memiliki kombinasi rasa manis dan asam yang menyegarkan ini ternyata juga bisa membantu mencegah datangnya kanker lho. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa antioksidan yang sangat kuat di dalamnya.

Hanya saja, pakar kesehatan tidak menyarankan kita untuk mengonsumsi nanas kalengan, melainkan nanas segar atau jus nanas yang bisa memberikan manfaat kesehatan jauh lebih besar.

  1. Jamur

Salah satu jenis sayuran yang sering dianggap sebagai pengganti daging-dagingan ini ternyata juga tinggi kandungan antioksidan yang bisa melawan kanker. Jamur kancing biasanya yang paling direkomendasikan jika kita ingin mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

  1. Kentang

Asalkan diolah dengan cara yang tepat dan dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan, kentang ternyata bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker serviks.





Source link