7 Makanan Ini Bisa Picu Gangguan Asam Lambung

By | August 12, 2019


DokterSehat.Com– Apa yang kita makan akan berpengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, jika kita makan di tempat yang kurang higienis, maka risiko terkena gangguan pencernaan akan meningkat. Selain itu, jika kita mengonsumsi makanan-makanan tertentu, risiko untuk terkena masalah asam lambung atau maag juga akan meningkat.

Beberapa jenis makanan yang bisa memicu gangguan asam lambung

Gangguan asam lambung atau maag terjadi jika asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Kita akan merasakan sensasi perih, terbakar, dan tidak nyaman pada ulu hati akibat hal ini.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa memicu gangguan asam lambung yang sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi.

  1. Gorengan

Gorengan tak hanya berupa camilan atau lauk yang sering kita beli di pinggir jalan. Makanan yang diolah dengan menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak lainnya seperti kentang goreng, keripik, donat, dan lain-lain juga bisa disebut sebagai gorengan.

Masalahnya adalah gorengan memiliki rasa yang enak dan bisa membuat kita mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak. Padahal, berlebihan makan gorengan bisa membuat risiko terkena gangguan asam lambung akan meningkat.

Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak di dalam gorengan yang cenderung sangat tinggi dan bisa membuat pencernaan berjalan sangat lambat. Kondisi ini akan membuat produksi asam lambung berlebihan dan akhirnya mencapai kerongkongan.

  1. Makanan dengan sifat asam

Makanan dengan sifat asam seperti buah dari keluarga sitrus layaknya jeruk dan lemon memang bisa memberikan banyak nutrisi baik bagi kesehatan, namun pakar kesehatan menyebut sifat asam dari makanan-makanan ini bisa meningkatkan produksi asam lambung yang akhirnya berimbas pada datangnya maag atau gangguan asam lambung.

  1. Brokoli

Salah satu sayuran yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi bagi kesehatan in ternyata juga bisa menyebabkan gangguan asam lambung jika dikonsumsi dengan berlebihan lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam membuat lambung memproduksi gas dalam jumlah yang sangat banyak. Kita pun akan mengalami sensasi kembung dan begah setelah mengonsumsinya.

Karena alasan inilah sebaiknya kita tidak berlebihan dalam makan brokoli dan memastikan diri untuk mengolahnya dengan cara yang tepat.

  1. Minuman dengan kandungan kafein tinggi

Beberapa jenis minuman dengan kandungan kafein yang tinggi layaknya kopi atau minuman bersoda memang bisa memberikan kenikmatan tersendiri untuk dikonsumsi. Hanya saja, jika dikonsumsi saat perut masih kosong atau dengan jumlah yang berlebihan, akan memicu produksi asam lambung dalam jumlah yang berlebihan. Kita pun akan lebih rentan terkena maag akibat hal ini.

  1. Minuman beralkohol

Dikenal luas sebagai minuman yang tidak baik bagi kesehatan, dalam realitanya minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko terkena gangguan asam lambung. Selain itu, kita juga akan lebih rentan mengalami dehidrasi atau masalah pada hati jika terlalu sering mengonsumsinya.

  1. Cokelat

Bagi mereka yang memang sudah memiliki riwayat penyakit asam lambung, ada baiknya tidak sembarangan mengonsumsi cokelat karena camilan yang sangat nikmat dan bisa memberikan sensasi bahagia ini ternyata juga bisa menyebabkan gejala dari masalah kesehatan ini.

Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa theobromine di dalam cokelat yang bisa membuat katup pembatas kerongkongan dan lambung berupa otot esophageal sphincter menjadi lebih lemas sehingga tidak mampu menahan kenaikan asam lambung.

  1. Makanan pedas

Penggemar makanan pedas juga sebaiknya berhati-hati dengan masalah kenaikan asam lambung, apalagi jika level kepedasan makanan yang dikonsumsi sangatlah tinggi.





Source link