7 Khasiat Daun Bawang, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

By | August 26, 2019


Photo Source: Flickr/sanickels

DokterSehat.Com– Daun bawang dikenal luas sebagai bahan makanan yang bisa kita temukan di dalam berbagai makanan yang kita konsumsi. Sebagai contoh, kita bisa menemukannya di mie ayam, beberapa jenis sayuran, hingga dijadikan campuran telur dadar. Tak disangka, di balik kenikmatan yang di tawarkan oleh daun bawang, ada banyak sekali manfaat kesehatan di dalamnya.

Berbagai manfaat yang ditawarkan oleh daun bawang

Daun bawang tinggi kandungan vitamin, anti oksidan, asam folat, serat, dan berbagai nutrisi lainnya. Dengan rutin mengonsumsinya, maka kita bisa mendapatkan berbagai macam khasiat.

Berikut adalah khasiat-khasiat tersebut.

  1. Tinggi kandungan serat

Sebagaimana sayuran pada umumnya, daun bawang juga tinggi kandungan serat. Bahkan, jika kita mengonsumsinya satu cangkir saja, sudah bisa mendapatkan 10 persen kebutuhan serat harian setiap hari.

Keberadaan serat ini tak hanya akan membuat pencernaan berjalan dengan lancar, melainkan juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini tentu akan membantu mencegah datangnya masalah obesitas, diabetes, dan penyakit jantung yang berbahaya.

  1. Bisa membantu mencegah kanker

Tak disangka, rutin makan daun bawang ternyata juga bisa mencegah datangnya kanker, lho. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kandungan allicin di dalamnya. Kandungan ini disebut-sebut bisa melawan berbagai jenis sel kanker layaknya kanker perut, kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker lambung.

Senyawa allicin ini juga disebut-sebut bisa mencegah perkembangan tumor pada orang yang sudah mengidapnya. Hal ini tentu akan membantu proses penyembuhan dengan signifikan.

  1. Bisa mencegah datangnya infeksi

Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa sayuran yang berasal dari keluarga bawang-bawangan memiliki kemampuan dalam melawan datangnya infeksi, baik itu yang berasal dari bakteri, jamur, hingga virus. Bahkan, disebutkan bahwa sayuran dari bawang-bawangan ini juga mampu melawan bakteri penyebab penyakit layaknya salmonella dan e.coli.

Rutin makan daun bawang bisa mencegah datangnya berbagai macam masalah kesehatan yang terkait dengan infeksi seperti gangguan pencernaan, masalah pernapasan, dan lain-lain.

  1. Bisa melindungi sel-sel tubuh

Kandungan antioksidan di dalam daun bawang ternyata sangat tinggi. Hal ini tentu akan memberikan perlindungan bagi sel-sel tubuh dari kerusakan dan paparan buruk radikal bebas penyebab penyakit.

Dua jenis senyawa antioksidan di dalam bawang adalah flavonoid dan polifenol. Kandungan ini bisa mencegah peradangan, penuaan dini, hingga kanker dengan efektif.

  1. Baik bagi pencernaan

Daun bawang ternyata termasuk dalam makanan prebiotic. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya akan membuat jumlah bakteri baik di dalam usus meningkat dengan signifikan. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya sistem pencernaan dalam menyerap berbagai macam nutrisi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita juga akan menjadi lebih berenergi dan bugar karenanya.

Selain itu, dengan meningkatnya jumlah bakteri baik, hal ini akan membuat sistem kekebalan semakin menguat sehingga kita pun tidak akan mudah terkena penyakit.

  1. Baik bagi kesehatan tulang

Rutin mengonsumsi daun bawang ternyata juga bisa membantu tulang terjaga kesehatan dan kekuatannya. Bahkan, pakar kesehatan menyebut kandungan di dalam daun bawang bisa mencegah datangnya masalah tulang layaknya osteoporosis.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalsium dan magnesium di dalam daun bawang yang bisa membuat tulang menjadi semakin sehat dan kuat.

  1. Baik bagi ibu hamil

Ibu hamil ternyata sangat direkomendasikan untuk rutin makan daun bawang. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam folat, niasin, serta tiamin yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini akan mendukung kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan sekaligus mencegah kecacatan.





Source link