7 Hal Penting yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah

By | August 31, 2019


DokterSehat.Com – Menikah bukan hanya perkara melegalkan hubungan, mengadakan pesta, lalu hidup bersama-sama. Lebih dari itu, pernikahan adalah urusan kompleks yang membuat pria dan wanita harus bahu-membahu untuk mewujudkan rumah tangga bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan keturunan yang sehat.

Hal yang Harus Didiskusikan Sebelum Menikah

Kalau Anda dan pasangan berencana menikah dalam waktu dekat, jangan lupa untuk mendiskusikan beberapa hal atau topik di bawah ini agar pernikahan bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pertengkaran sampai terjadi perceraian.

  1. Masalah Seks yang Akan Dilakukan

Seks kerap dianggap biasa oleh beberapa orang. Kalau sudah insting, semua akan berjalan dengan sendirinya. Toh, pria atau wanita pasti sudah tahu teori tentang seks setelah membaca atau menyaksikan video porno. Jadi, pengetahuan tentang seks cukup tinggi dan akan bisa melakukannya dengan baik.

Meski pengetahuan tentang seks banyak, praktik kadang kerap tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, pasangan harus membicarakan masalah ini sebelum menikah agar tidak ada kecanggungan atau terlalu banyak berekspektasi. Akhirnya seks jadi gagal total dan pasangan saling kecewa.

Bicarakan hal ini baik-baik dan memberikan kesadaran bersama. Pria bisa memulai dahulu karena untuk urusan seks, wanita cenderung pasif. Lakukan diskusi agar nanti tidak terlalu canggung. Anda dan pasangan harus saling memahami kalau seks itu akan sempurna kalau sering dilakukan.

  1. Membicarakan Kemungkinan Penyakit Seksual

Masalah seksual berupa penyakit menular sangat berbahaya dan harus diketahui dari awal. Beberapa calon pengantin kadang gagal menikah karena salah satu pasangan mengidap penyakit berbahaya, misal HIV. Kalau sebelum menikah hal seperti ini tidak dibicarakan, risiko terjadi penularan akan besar.

Anda tidak perlu bertanya pada pasangan apakah pernah berhubungan seks sebelumnya dengan orang lain. Cukup ajak memeriksakan kesehatan bersama-sama. Di beberapa kota di Indonesia, pemeriksaan kesehatan pasangan sebelum menikah wajib dilakukan bersama agar kondisi kesehatan terlihat dan tanpa rahasia

  1. Masalah Anak dan Perkembangannya

Lakukan diskusi dengan pasangan terkait dengan berapa banyak anak yang akan dimiliki. Kalau kedua belah pihak sudah setuju, meski nanti memiliki lebih dari dua anak tidak akan menjadi masalah. Hal ini harus didiskusikan dengan baik mengingat hamil dan melakukan persalinan juga sangat berisiko pada wanita.

Bicarakan juga masalah kontrasepsi yang akan diambil. Apakah menggunakan metode suntik, pil, atau mungkin spiral. Kalau pria tidak masalah melakukan KB, mereka bisa menggunakan kondom. Jangan tidak acuh dengan masalah KB karena efeknya cukup besar di masa depan.

Kalau Anda dan pasangan belum memutuskan, ada baiknya pergi ke bidan atau dokter bersama-sama. Bicarakan masalah KB ini agar mendapatkan saran yang mengakomodasi keinginan.

  1. Masalah Pekerjaan Pasangan

Saat ini sudah banyak wanita  yang bekerja sebelum menikah dan memilih melakukannya setelah terjadi akad. Nah, agar masalah pekerjaan tidak menimbulkan perpecahan, lakukan diskusi apakah istri nantinya diperkenankan kerja atau suami saja yang mencari nafkah.

Masalah pekerjaan ini sering menjadi masalah yang cukup rumit. Apalagi suami sering memaksa istri untuk berada di rumah saja. Namun, istri tidak mau melakukannya mengingat kebutuhan rumah sedang sangat tinggi. Apalagi cicilan jumlahnya banyak dan tidak akan cukup dengan gaji satu orang saja.

  1. Hal-Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Saat menikah pasti ada hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan lagi. Misal terlalu sering bermain game, aplikasi di ponsel, atau nongkrong dengan malam sampai pagi. Bahas terkait pembatasan ini dengan baik agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Sebelum menikah terkadang sifat buruk atau asli seseorang tidak terlihat. Namun, setelah menikah, sifat itu muncul dan kadang membuat pasangan tidak nyaman. Kalau Anda ingin menikah, bahas hal ini dengan baik agar pasangan bisa saling menghormati satu dengan yang lain. Kalau dari awal tidak ada batasan, bisa saja salah satu pasangan kecewa.

  1. Memikirkan Rencana Masa Depan

Rencana masa depan bisa berupa membeli atau menyewa rumah, sekolah anak, asuransi, dan hal-hal krusial lain seperti kendaraan. Hal-hal seperti ini harus dibicarakan sebelum menikah agar jelas dan tidak menyesal di kemudian hari. Pasangan harus merencanakannya meski di masa depan tidak semuanya bisa langsung didapatkan.

Pasangan memang harus memiliki ekspektasi untuk kehidupannya di masa depan. Namun, juga harus memahami kondisi keuangan dan hal lain yang sangat sensitif. Jangan hidup bersama tanpa ada rencana masa depan seperti tempat tinggal sendiri atau kendaraan sendiri. Jangan hanya diam saja dan cuek dengan kondisi yang akan dialami.

  1. Penyelesaian Masalah yang Akan Dihadapi

Banyak orang mengatakan kalau kunci dari hubungan yang baik dan juga sehat adalah komunikasi yang intens antara pria dan wanita dalam keluarga. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kadang ego yang terlalu tinggi juga menyebabkan seseorang merasa paling benar.

Padahal masalah yang besar pun bisa diatasi dengan komunikasi dua arah yang baik dan tidak saling mendominasi. Sebelum menikah hal-hal seperti ini harus dibicarakan dengan baik agar Anda tidak merasa tertekan setiap permasalahan baru muncul. Tekankan komunikasi apa pun masalahnya meski sangat kecil dan mudah diatasi.

Inilah beberapa hal penting yang harus dibicarakan dahulu dengan pasangan sebelum menikah. Dengan membicarakan beberapa hal di atas, Anda dan pasangan akan sama-sama tidak memiliki beban. Meski saling mencintai, berbagai jenis beban sering muncul dan membuat kehidupan rumah tangga sering menemui masalah baik kecil atau berat.

 





Source link