7 Dampak Minum Teh Setiap Hari

By | August 10, 2019


Photo Source: Flickr/h4ck

DokterSehat.Com– Selain kopi, masyarakat Indonesia cenderung gemar mengonsumsi teh. Tak hanya dikonsumsi di waktu senggang, dalam realitanya banyak orang yang selalu meminumnya setelah makan besar, khususnya jika makan di luar rumah. Hanya saja, apakah ada dampak kesehatan yang akan kita rasakan jika minum teh setiap hari?

Dampak minum teh setiap hari bagi kesehatan

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa kita rasakan jika selalu minum teh setiap hari, apapun jenisnya.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

  1. Bisa mendukung sistem kekebalan tubuh

Salah satu kandungan yang bisa ditemukan di dalam teh adalah antioksidan. Kandungan ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan paparan buruk radikal bebas penyebab datangnya penyakit, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Sebagai informasi, radikal bebas bisa memicu kerusakan sel-sel tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat datangnya penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

  1. Bisa membantu penurunan berat badan

Asalkan tidak diberi gula, susu, atau tambahan lainnya, teh termasuk dalam minuman yang rendah kalori. Ditambah dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi, maka mengonsumsi teh tentu akan membantu mencegah penyerapan lemak di dalam tubuh.

Teh juga akan membantu proses pembakaran lemak saat berolahraga akan semakin meningkat. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya tentu akan membantu program diet.

  1. Bisa mencegah kanker kulit

Pakar kesehatan Uma Naidoo, MD yang berasal dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat menyebut konsumsi teh hitam bisa membantu mencegah datangnya kanker kulit.

Hanya saja, manfaat kesehatan ini baru akan bisa kita rasakan jika mengonsumsinya dalam kondisi hangat, bukannya dijadikan es teh sebagaimana yang dilakukan sebagian masyarakat Indonesia. Jenis kanker yang bisa dicegah dari kebiasaan ini adalah kanker kulit skuamosa.

  1. Bisa mencegah datangnya alzheimer

Alzheimer adalah masalah kesehatan yang bisa dialami oleh para lansia. Gejala dari masalah kesehatan ini adalah gangguan memori yang sangat parah. Dengan rutin mengonsumi teh hijau setiap hari, maka risiko untuk terkena alzheimer bisa dicegah dengan signifikan.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan polifenol di dalam teh hijau yang bisa mengatasi stres dengan efektif. Kandungan ini juga bisa membantu regenerasi sel-sel otak berjalan dengan lancar sehingga akhirnya bisa mencegah datangnya penyakit degeneratif.

  1. Mencegah datangnya diabetes

Rutin mengonsumsi teh hitam bisa membantu mencegah datangnya diabetes tipe 2 dengan signifikan. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition. Dalam penelitian ini, rutin mengonsumsi teh hitam bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Bisa menyehatkan jantung

Penelitian yang diungkap hasilnya dalam Journal of Nutrition menghasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi teh hitam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total sekaligus kadar kolesterol jahat dengan signifikan. Kandungan lain yang bisa diturunkan kadarnya adalah trigliserida dan tekanan darah.

Di dalam teh juga terdapat kandungan katekin yang bisa membuat pembuluh darah lebih rileks sekaligus menurunkan stres. Hal ini bisa menurunkan tekanan darah pada pembuluh darah dan jantung. Hal ini berarti, rutin minum teh memang bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

  1. Bisa membuat kualitas tidur meningkat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Integrative Medicine Research Journal menghasilkan fakta bahwa rutin minum teh akan membuat kualitas tidur meningkat dengan signifikan. Kita juga bisa mengatasi masalah susah tidur dengan rajin mengonsumsinya secara teratur, khususnya dalam kondisi hangat.





Source link