7 Dampak Lanjutan Diabetes bagi Kondisi Tubuh

By | August 18, 2019


DokterSehat.Com– Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak merenggut nyawa masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak orang yang menganggap diabetes sebagai vonis kematian dini. Anggapan ini memang benar karena dalam realitanya, diabetes bisa memberikan banyak sekali dampak buruk bagi kondisi kesehatan tubuh.

Berbagai dampak yang bisa dipicu oleh diabetes

Komplikasi diabetes tak hanya berupa amputasi pada beberapa bagian tubuh. Dalam realitanya, dampak dari masalah kesehatan ini jauh lebih besar dari yang diperkirakan.

Berikut adalah berbagai dampak lanjutan diabetes yang bisa membahayakan tubuh kita.

  1. Bisa menyebabkan penyakit jantung

Ternyata penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh diabetes lho. Hal ini disebabkan oleh pengaruh tingginya kadar gula darah yang sangat tinggi di dalam tubuh penderita diabetes yang bisa mempengaruhi terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Diabetes, Gastroenterology, and Kidney National Institute, dihasilkan fakta bahwa penderita diabetes akan jauh lebih rentan mengalami penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah dan jantung akibat kadar gula darah yang tak terkendali.

  1. Bisa menyebabkan kerusakan ginjal

Penderita diabetes juga lebih rentan terkena kerusakan ginjal, lho. Hal ini disebabkan oleh organ ini harus bekerja dengan jauh lebih keras demi membuang kelebihan kadar gula darah di dalam tubuh. Padahal, ginjal yang bekerja dengan jauh lebih keras dari semestinya akan lebih rentan mengalami kerusakan.

Beberapa jenis masalah kesehatan pada ginjal yang bisa dipicu oleh masalah diabetes adalah gagal ginjal dan ireversibel. Masalah kesehatan ini berpotensi mematikan jika tidak ditangani dengan baik.

  1. Bisa menyebabkan masalah penglihatan

Cukup banyak kasus penderita diabetes yang mengalami gangguan penglihatan. Bahkan, sebagian di antaranya bahkan sampai mengalami kebutaan. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai retinopati diabetik. Penyebabnya adalah kadar gula darah yang sangat tinggi dan akhirnya merusak pembuluh darah pada bagian retina.

Beberapa masalah kesehatan mata lainnya yang juga terkait dengan diabetes adalah glaukoma dan katarak.

  1. Bisa menyebabkan kerusakan saraf

Dampak yang paling sering dirasakan penderita diabetes adalah kerusakan saraf. Hal ini juga disebabkan oleh tingginya kadar gula darah yang akhirnya memicu peradangan pada saraf dengan cukup parah.

Masalahnya adalah hal ini akan menurunkan sensitivitas pada beberapa bagian tubuh dan membuat proses penyembuhan luka tidak berlangsung dengan baik. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko terkena infeksi, borok, hingga amputasi.

Beberapa jenis gangguan saraf yang terkait dengan diabetes adalah neuropati diabetik perifer serta amyotrophy diabetik.

  1. Bisa menyebabkan masalah pada gusi

Diabetes juga bisa memicu masalah gusi. Beberapa di antaranya adalah gusi merah, gusi membengkak, hingga gusi berdarah. Kondisi ini juga terkait dengan kadar gula darah yang sangat tinggi dan akhirnya membuat pembuluh darah di bagian bawah gusi rusak. Dalam banyak kasus, hal ini bahkan bisa menyebabkan gigi tanggal.

  1. Bisa menyebabkan masalah kulit

Penderita diabetes cenderung memiliki masalah kulit kering, kulit kasar, dan mudah pecah-pecah. Kondisi ini terkait dengan rusaknya pembuluh darah kecil yang menyediakan nutrisi bagi kulit akibat paparan kadar gula darah yang sangat tinggi. Selain masalah kulit, penderita diabetes juga rentan mengalami infeksi pada kuku.

  1. Gangguan pencernaan

Tak disangka, diabetes bisa memicu datangnya gangguan pencernaan. Hal ini terkait dengan menurunnya pasokan darah ke organ pencernaan akibat rusaknya pembuluh darah. Hal ini akan membuat perut seperti terasa penuh, mudah memicu sensasi mual, dan akhirnya merusak nafsu makan.





Source link