7 Cara Mengatasi Wasir secara Alami dan Mudah

7 Cara Mengatasi Wasir secara Alami dan Mudah

[ad_1]

atasi-wasir-doktersehat

DokterSehat.Com – Hemoroid atau wasir adalah pembengkakan pada vena yang terletak di anus. Penyakit ini susah dideteksi dan kerap baru terasa saat kondisinya sudah parah. Wasir dibagi menjadi beberapa tingkat pembengkakannya. Ada wasir dengan pembengkakan ringan, sedang, dan parah.

Cara Mengatasi Wasir yang Tepat dan Mudah

Kalau seseorang masih mengalami wasir dengan pembengkakan ringan dan sedang, mereka bisa disembuhkan dengan obat. Selain itu, penderita juga harus melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengurangi efek atau mencegahnya datang kembali. Berikut beberapa cara menangani wasir secara alami.

  1. Duduk di Dalam Air Hangat

Kalau wasir muncul atau kambuh, rendam pantat ke dalam air hangat. Air hangat bisa mengurangi iritasi dan gatal yang terjadi. Anda akan merasa lebih nyaman setelah berendam selama 20 menit selama 3-4 kali sehari. Lakukan perendaman pada pagi, siang, sore, dan malam sebelum tidur.

Perendaman bisa dilakukan dengan cara mandi di dalam bak. Kalau di dalam rumah Anda tidak ada bathtub, bisa menggunakan sitz bath yang dipasang pada toilet. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan air yang hangat untuk menyentuh area anus segingga pembengkakannya bisa sedikit diminimalkan.

  1. Tidak Menahan Buang Air Besar

Jangan sesekali menahan buang air besar kalau Anda memiliki wasir. Jika perut sudah mulai mulas segera ke kamar kecil untuk menuntaskannya. Kalau menahan buang air, bagian anus akan terasa sakit karena pembuluh darah menegang saat menahan.

Tekanan dari kotoran yang akan keluar sangatlah besar. Tekanan ini akan membuat pembengkakan di anus semakin besar. Bahkan, bukan tidak mungkin memicu perdarahan kalau sampai kotoran yang banyak melukai dinding anus yang terlanjur membengkak pembuluh darahnya.

  1. Hindari Sembelit

Makanan dan minuman yang mampu melancarkan buang air besar dan menurunkan risiko sembelit harus dikonsumsi setiap hari. Perbanyak makan buah-buahan seperti alpukat, jeruk nipis, pepaya, dan pir setiap harinya. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat pergerakan di usus bisa berjalan dengan lancar.

Kondisi wasir akan semakin parah kalau sampai tubuh mengalami sembelit. Perut akan semakin kembung dan Anda mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Jangan makan yang berlemak saja setiap harinya. Selalu tambah jumlah sayuran ke dalam makanan. Kalau Anda tidak suka sayur coba makan buah yang berserat.

  1. Jaga Pola Makan dengan Ketat

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, untuk mengurangi risiko pembengkakan pada anus. Makan makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur hijau, roti gandum, dan buah segar lainnya. Perbanyak jus buah dan sayur sebagai camilan ketimbang mengonsumsi gorengan.

  1. Olahraga Rutin

Salah satu penyebab wasir adalah obesitas yang terlalu parah. Untuk mengurangi risiko ini, Anda diwajibkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Setelah sembuh coba lakukan olahraga pelan-pelan seperti jalan santai dan lari ringan 30 menit setiap hari.

  1. Menggunakan Bahan Alami

Beberapa bahan alami bisa digunakan untuk lebih melancarkan buang air besar dan juga meredakan gangguan pada anus yang membengkak. Anda bisa menggunakan beberapa bahan seperti minyak kelapa alami. Minyak ini memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit dan juga jaringan di sekitar anus.

Selanjutnya ada juga lidah buaya. Krim dari lidah buaya alami bisa diaplikasikan langsung ke sekitar anus. Selanjutnya, krim akan bekerja untuk menghilangkan rasa nyeri berlebihan termasuk rasa panasnya.

  1. Minum Lebih Banyak

Air adalah salah satu minuman yang paling penting meski beberapa orang sering sekali mengabaikannya. Dengan minum air yang banyak, organ di tubuh seperti ginjal bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, air juga bisa melunakkan feses sehingga mudah keluar dan mencegah wasir semakin parah.

Tanda Wasir yang Perlu Diwaspadai

Wasir memang sering dirasakan kalau sudah mulai parah. Agar kondisi seperti ini tidak terjadi dan Anda bisa mengatasinya sejak awal, perhatikan beberapa tanda dari wasir yang umum di bawah ini.

  • Mulai muncul iritasi dan juga rasa sakit di sekitar anus. Kondisi ini hampir sama saat Anda sedang mengalami diare atau banyak makan sesuatu yang pedas. Hanya saja rasa tidak nyaman ini akan sering muncul dan menyebabkan tubuh semakin terganggu.
  • Rasa panas, perih, dan kadang disertai dengan gatal mudah sekali terjadi di sekitar anus. Hal ini akan muncul saat Anda duduk terlalu lama atau memakai celana dalam yang terlalu ketat.
  • Beberapa penderita wasir tidak akan tahan untuk duduk terlalu lama. Kalau kondisi sudah semakin parah dan pembengkakan semakin besar, duduk selama beberapa saat saja sudah tidak nyaman. Ada tekanan besar yang membuat anus semakin sakit.
  • Pembengkakan di bibir anus semakin membesar dan bisa diketahui saat Anda buang air besar. Dalam kondisi biasa pun seperti ada yang mengganjal di sana dan menyebabkan tubuh semakin tidak nyaman.
  • Perut mengalami sakit yang cukup intens apalagi saat akan buang air besar. Nyeri saat buang air besar biasa tidak akan sesakit kalau ada pembengkakan di sekitar anus.
  • Terkadang sudah menahan buang air besar dan kotor keluar begitu saja tanpa kita inginkan. Hal ini bisa terjadi karena ada masalah pada saraf yang ada di anus akibat pembengkakan.
  • Saat membersihkan area anus setelah buang air besar, kadang akan mulai terlihat darah. Hal ini akan semakin parah kalau kondisi wasirnya tidak segera ditangani dengan baik.

Inilah beberapa ulasan tentang cara mengatasi wasir dengan cepat dan mudah. Selain mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah wasir, ada baiknya kita berusaha untuk mengubah gaya hidup agar menjadi lebih baik dan mengenali gejalanya agar bisa waspada sejak awal.



[ad_2]

Source link

AKDSEO