7 Cara Mengatasi Perubahan Mood Saat PMS

By | August 29, 2019


DokterSehat.Com – Semua orang sudah tahu kalau wanita yang emosinya kacau atau mood kerap berubah biasanya sedang atau akan menstruasi. Saat siklus bulanan datang, wanita jadi susah mengendalikan amarahnya sehingga kerap emosi, sensitif dengan keadaan, dan selalu tampak murung atau sedih padahal awalnya biasa saja. Nah, kira-kira mengapa bisa menjadi seperti ini ya?

Penyebab Mood Berubah Saat PMS

Emosi yang terjadi pada wanita yang sedang menstruasi dipengaruhi oleh hormon yang bernama estrogen. Saat menstruasi, kandungan estrogen jadi banyak dan menyebabkan kadar reseptor serotonin pada otak meningkat. Dampaknya, wanita jadi cenderung memiliki perasaan tidak nyaman dan emosi yang labil sebelum atau saat menstruasi berjalan.

Selain perubahan emosi dan mood, hormon yang berubah pada tubuh wanita juga menyebabkan nafsu makan bertambah, berat badan naik, dan nafsu untuk berhubungan seksual meningkat. Gejala ini akan muncul sekitar beberapa hari saat siklus menstruasi datang dan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Kondisi mood wanita saat sedang PMS berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Perbedaan ini membuat beberapa wanita bisa menghadapi kondisi ini dengan baik atau malah sulit mengatasinya. Kalau Anda sulit mengatasinya, mood akan semakin buruk bersamaan dengan rasa sakit yang dirasakan.

Cara Mengatasi Perubahan Mood Saat PMS

Ada banyak cara untuk mengatasi perubahan mood dan juga emosi yang meluap-luap. Anda yang sedang akan menstruasi bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Olahraga Secara Rutin

Saat emosi datang dan menyebabkan Anda sering emosian dan menyebabkan masalah pada orang di sekitar, lakukan olahraga. Aktivitas ini akan membakar energi sehingga rasa marah juga akan sirna. Dengan olahraga, rasa sakit yang dialami oleh tubuh juga akan turun dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Kalau Anda ingin melakukan olahraga secara rutin, ada baiknya untuk memilih yang intensitasnya ringan saja. Anda tidak perlu berolahraga seperti angkat beban atau sejenisnya. Cukup jalan kaki agak cepat atau melakukan jogging dengan santai. Kalau ingin agak intens bisa bersepeda atau lari cepat.

  1. Mengubah Pola Makan

Ubah pola makan jadi rendah gula dan banyak konsumsi buah dan sayur. Gula yang berlebihan akan membuat tubuh jadi lebih asam. Energi memang akan didapatkan, tapi saat itu juga bisa anjlok dan membuat Anda jadi sangat lemas. Beberapa wanita malah mendapatkan mood yang jauh lebih buruk.

Daripada Anda ngemil cokelat yang kalau kebanyakan tidak sehat, ada baiknya untuk makan buah-buahan seperti pisang atau apel. Hindari makanan yang instan dan juga cepat saji. Khusus saat sedang PMS hingga menstruasi lebih baik memasak sendiri di rumah dan membawanya untuk dijadikan bekal.

  1. Minum Air Mineral yang Cukup

Minum air putih paling tidak 6-8 gelas air. Selama ini beberapa wanita enggan minum terlalu banyak karena takut beser. Apalagi saat sedang PMS dan menstruasi. Beser akan sangat mudah terjadi dan membuat Anda tidak nyaman dan juga kelelahan. Akhirnya, beberapa wanita hanya minum secukupnya saja.

Minum air putih sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kalau Anda sering mengalami dehidrasi dan tubuh selalu kehausan, mood justru semakin buruk. Bahkan rasa nyeri di perut saat PMS akan semakin besar. Minumlah air putih seperti biasanya saja dan jangan dikurangi meski sedang PMS atau menstruasi.

  1. Konsumsi Suplemen Makanan

Perbanyak konsumsi nutrisi seperti kalsium, Vitamin D, Vitamin B6, dan magnesium. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan sehat yang dimasak sendiri. Kalau memang tidak yakin bisa mencukupi kebutuhan itu gunakan suplemen makanan yang mengandung asupan itu, tapi tetap dengan dosis yang dianjurkan, ya.

  1. Lakukan Relaksasi

Lakukan aktivitas menyenangkan yang dapat mengurangi ketegangan dan meredakan stres. Tubuh yang tidak nyaman dan sakit membuat beberapa jadi sulit mengendalikan dirinya sendiri. Oleh karena itu beberapa wanita dianjurkan untuk melakukan relaksasi saat PMS sedang muncul.

Relaksasi yang bisa dilakukan ada banyak mulai dari melakukan yoga secara rutin, mendengarkan musik yang menenangkan, hingga melakukan meditasi. Banyak hal bisa dilakukan untuk membuat tubuh jadi nyaman dan mengendalikan mood yang sangat buruk.

  1. Meredakan Rasa Sakit di Tubuh

Redakan atau turunkan intensitas rasa sakit di tubuh. Setiap wanita memiliki toleransi terhadap rasa sakit yang berbeda-beda. Ada yang sangat tahan dengan rasa sakit dan ada yang tidak. Kalau rasa sakitnya terlalu intens dan mengganggu, gunakan obat untuk meredakannya

Kalau Anda termasuk orang yang enggan sedikit-sedikit harus obat, ada baiknya untuk menggunakan kompres air hangat. Gunakan wadah kompres yang sudah diisi air panas lalu aplikasikan pada area perut. Kalau nyeri hilang, mood akan mudah dikendalikan. Selama ini mood sering buruk karena rasa sakit yang dirasakan sangat mengganggu.

  1. Lebih Banyak Bersosialisasi

Terkadang mood jadi sangat buruk karena kita sedang sendirian saja. Oleh karena itu coba untuk lebih banyak bersosialisasi dengan banyak orang. Kalau Anda bisa bersosialisasi dengan banyak orang, pikiran buruk tidak akan terjadi. Kita jadi bisa melakukan banyak hal dan melupakan mood yang sedang buruk. Anda bisa melakukan banyak hal dengan teman, misal pergi makan bersama, mengobrol, atau pergi ke bioskop.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan mood atau emosi berlebihan saat Anda PMS. Kondisi PMS memang selalu hadir pada setiap wanita. Yang bisa dilakukan adalah dengan menekan rasa sakit, membuat tubuh bugar, hingga lebih banyak aktif agar mood tetap terjaga dan selalu bisa fokus terhadap banyak hal.





Source link