7 Cara Mengatasi Lemas Saat PMS

7 Cara Mengatasi Lemas Saat PMS


DokterSehat.Com – Bagi beberapa wanita, memasuki masa menstruasi adalah saat-saat yang tidak menyenangkan. Hal ini bisa terjadi karena tidak sedikit dari wanita yang mengalami tubuh penuh nyeri, perut terasa kram, hingga mengalami lemas berlebihan dan mengganggu produktivitas kerja setiap harinya.

Mengatasi lelah berlebihan sebelum menstruasi

Lelah berlebihan sebelum menstruasi atau saat PMS adalah hal yang wajar. Beberapa wanita mengalaminya dengan durasi waktu yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya selama 2-3 hari saja, tapi tidak sedikit juga yang bisa mengalaminya selama 7 hari, bahkan lebih.

Mengalami lemas setiap hari dan kadang mood tidak baik bisa membuat kita jadi tidak nyaman. Kalau Anda sering mengalaminya, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi solusinya.

  1. Hindari makanan yang terlalu manis

Gula memang bisa memberikan energi instan, tapi beberapa saat kemudian akan membuat energi anjlok dengan cepat. Anda akan semakin mudah lemas dan tidak bisa menjalankan aktivitas dengan sempurna. Hindari minuman dengan gula tambahan seperti soda atau minuman berenergi.

Daripada minum sesuatu yang manis dan membuat tubuh semakin lemas, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Buah dan sayuran harus menjadi menu utama di samping protein yang sehat. Dengan makanan ini energi akan tetap terpenuhi dengan baik tanpa harus membuat Anda lemas setelahnya.

  1. Memiliki pola tidur yang baik

Memiliki pola tidur yang baik itu sangat penting untuk kesehatan secara umum. Kalau Anda memiliki masalah dengan PMS, masalah tidur ini akan semakin krusial. Jadi, pastikan dalam satu hari untuk tidur selama 7-9 jam. Jangan tidur kurang dari 7 atau bahkan 6 jam karena bisa membuat tubuh semakin lemas dan tidak nyaman.

Hindari begadang setiap malam kalau tidak perlu seperti ada pekerjaan. Misal Anda bangun pagi pukul 05.00, pastikan untuk tidur maksimal pukul 22.00 setiap harinya. Beberapa wanita sensitif dengan kafein dan bisa membuat mereka jadi melek lebih lama. Pastikan 4-6 jam sebelum jam tidur untuk tidak minum kopi.

  1. Lakukan olahraga secara rutin

Terkadang tubuh jadi lelah sendiri karena kita jarang sekali melakukan olahraga. Padahal olahraga adalah sesuatu yang sangat penting dan harus dilakukan secara rutin. Dengan melakukan olahraga, tubuh akan mengalami penurunan berat badan, peredaran darah berjalan dengan lancar dan energi semakin meningkat.

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu intens. Olahraga dengan intensitas sedang saja sudah cukup asal dilakukan secara rutin. Mulai terapkan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

  1. Mencoba pengobatan tradisional

Coba gunakan pengobatan tradisional seperti minum herbal yang membuat tubuh jadi nyaman dan tidak terlalu lemas. Beberapa metode seperti akupunktur juga bisa digunakan untuk menangani lelah berlebihan dan nyeri yang terjadi sebelum menstruasi tiba atau PMS.

  1. Menjaga suhu dari kamar atau ruangan

Suhu ruangan yang terlalu panas akan menyebabkan Anda jadi mudah lemas dan selalu berkeringat. Oleh karena itu turunkan suhu ruangan agar menjadi sejuk dan nyaman. Jangan terlalu lama di luar ruangan apalagi dengan suhu yang terlalu tinggi. Anda bisa sangat lemas dan tidak nyaman.

Anda bebas menggunakan kipas angin atau AC. Yang penting tubuh tidak terlalu gerah dan keringat tidak mudah keluar.

  1. Lakukan relaksasi

Sebisa mungkin untuk melakukan relaksasi secara rutin meski tidak mendekati waktu menstruasi. Dengan melakukan relaksasi, Anda bisa mengendalikan stres dengan baik dan peluang terjadi fluktuasi hormon yang memicu perubahan mood hingga lemas berlebihan tidak terjadi.

Anda bisa melakukan relaksasi dengan melakukan yoga lalu dilanjutkan dengan meditasi. Berendam di dalam air hangat dengan campuran minyak esensial juga bisa membuat tubuh jadi relaks. Kalau tubuh sudah relaks, Anda akan mudah untuk tidur.

  1. Penuhi kebutuhan air

Apa pun kondisinya selalu penuhi kebutuhan air setiap hari. Dalam satu hari wajib minum sekitar 6-8 gelas air putih. Lebih dari itu akan lebih baik asal mampu. Selama ini banyak wanita jarang minum air putih. Dampaknya fase PMS jadi lebih berat dan lemas yang terjadi semakin sulit dikendalikan.

Kalau Anda jarang minum, kemungkinan besar akan mengalami dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi biasanya mudah lemas dan memperburuk keadaan. Pastikan untuk membawa minuman di botol saat pergi ke mana saja. Kalau tubuh mendadak haus atau merasa mengalami dehidrasi, segera gelontor dengan air.

Perlukah mengunjungi dokter?

Sebenarnya dengan melakukan beberapa hal yang ditulis di atas saja Anda bisa segera mengatasi masalah lelah berlebihan. Namun, kalau rasa lelah semakin menjadi-jadi dan Anda sulit sekali melakukan aktivitas dengan baik setiap harinya, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter.

Rasa lemas berlebihan dan nyeri kadang disertai juga dengan gangguan tidur. Kalau hal ini sampai terjadi, kemungkinan besar sedang terjadi premenstrual dysphoric disorder (PMDD). Kondisi ini akan membuat menstruasi jadi sangat berat dan membutuhkan bantuan dari dokter.

Seseorang dengan kondisi premenstrual dysphoric disorder (PMDD) biasanya akan diberi obat seperti antidepresan. obat ini digunakan untuk mengurang kelelahan berlebihan, gangguan tidur, dan membuat emosi stabil. Suplemen makanan seperti kalsium, vitamin B6 juga kerap digunakan, Terakhir kalau ada perdarahan penggunaan pil KB juga cukup dianjurkan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi lelah yang berlebihan. Dengan melakukan beberapa hal di atas, siklus menstruasi yang Anda alami bisa berjalan dengan lancar. Gangguan demi gangguan seperti lemas hingga malas melakukan apa pun bisa dihindari. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dalam mengatasi gangguan saat PMS.

 





Source link

AKDSEO