7 Cara Mengatasi Diabetes untuk Pemula

By | July 31, 2019


DokterSehat.Com – Terdiagnosis mengalami penyakit tertentu yang tidak bisa disembuhkan kadang memberikan cukup banyak tekanan pada seseorang. Selain itu karena semuanya serba mendadak, beberapa orang tidak tahu harus melakukan apa untuk membuat tubuh tidak menurun dan penyakit yang dialami tidak semakin parah dan juga tumbuh.

Mengatasi masalah diabetes untuk pemula

Setelah terdiagnosis mengalami diabetes, seseorang tidak boleh langsung patah semangat meski memiliki diabetes bukan berarti kehidupannya akan hilang begitu saja Kehidupan masih bisa berjalan dengan lancar meski ada beberapa gaya hidup yang harus diubah agar bisa sejalan dengan kondisi yang dialami.

  1. Penurunan berat badan

Seseorang yang baru saja didiagnosis diabetes khususnya tipe 2 cenderung memiliki berat badan yang besar atau obesitas. Kondisi ini membuat mereka jadi sulit bergerak dan juga berisiko mengalami cukup banyak masalah pada tubuh. Masalah ini bisa berupa gangguan pada jantung, stroke, hingga gula darah yang enggan sekali normal.

Kalau ingin hidup sehat dengan kondisi diabetes, hal pertama yang harus diperhatikan adalah gula darah yang harus stabil. Kalau Anda masih memiliki tubuh yang besar, gula darah akan sulit sekali stabil. Namun, kalau bisa menurunkan hingga 10 persen dari total berat badan yang dimiliki, gula darah yang dimiliki oleh tubuh bisa lebih stabil. Dalam tiga bulan pertama, usahakan untuk menurunkan berat badan secara perlahan-lahan.

  1. Perubahan pola makan atau diet

Mengalami diabetes artinya Anda harus mengurangi atau tidak makan sama sekali karbohidrat sederhana dan juga berbagai jenis gula. Kalau hal ini dilakukan, gula darah di dalam tubuh akan meningkat dengan sangat cepat. Bahkan saking cepatnya bisa membuat Anda jadi lebih banyak lemas setiap harinya dan tidak bisa melakukan aktivitas.

Setelah mengalami diabetes, Anda harus mengatur pola makan dengan baik. Diet yang dilakukan harus sehat dan memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selama gula darah tidak dipicu oleh makanan yang sangat manis, kondisi tubuh Anda akan jauh lebih stabil. Oleh karena itu kenali komposisi makanan.

Kalau Anda khawatir tidak bisa mengatur makanan yang masuk ke tubuh kalau sedang makan di luar, masak sendiri di rumah. Selalu bawa bekal ke mana saja Anda pergi. Dengan melakukan ini Anda bisa mengontrol apa saja yang masuk ke dalam perut.

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Hal ketiga yang harus dilakukan kalau baru saja mengalami diabetes adalah mulai bergerak dan tidak malas-malasan. Kalau Anda mengalaminya, kemungkinan besar memicu diabetes semakin parah Oleh karena itu sebisa mungkin untuk melakukan olahraga secara rutin atau minimal 150 menit dalam satu minggu.

Jenis olahraga yang disarankan ada banyak dan sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki. Namun, beberapa yang disarankan biasanya berjenis olahraga dengan intensitas sedang seperti angkat beban di gym yang bisa dilakukan secara rutin sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

  1. Mengonsumsi obat sesuai resep dokter

Saat mengalami diabetes, dokter akan memberikan obat yang dikonsumsi rutin atau obat yang dikonsumsi kalau gejalanya muncul. Anda harus menggunakan obat ini sesuai dengan kebutuhan dan tepat waktu. Jangan malas minum agar kondisi fisik bisa terjaga dengan baik.

Untuk sementara waktu, jangan memakai obat tradisional terlebih dahulu. Pelajari hal itu dahulu apakah benar bermanfaat atau hanya mitos saja. Kalau Anda asal minum obat tradisional, bisa saja tubuh mengalami efek samping yang besar.

  1. Selalu mengecek gula darah secara rutin

Gula darah adalah elemen vital yang harus diperhatikan dengan baik. Kalau gula darah tidak diperhatikan dengan baik, kemungkinan besar akan terjadi masalah pada tubuh. Oleh karena itu selalu cek kondisi gula darah setiap hari secara rutin.

Belilah alat untuk mengecek gula darah yang sudah ada banyak di pasaran. Meski harganya agak mahal, Anda disarankan membelinya untuk investasi kesehatan di masa depan.

  1. Mengedukasi diri sendiri

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika terdiagnosis memiliki penyakit tertentu adalah pasrah dan menerima pengobatan begitu saja. Padahal ada banyak aktivitas yang dilakukan seperti berusaha mengedukasi diri sendiri terkait dengan kondisi yang sedang dialami.

Dengan membaca atau melihat video terkait dengan diabetes tipe 2, Anda akan paham sekali dengan apa yang harus dilakukan. Tidak ada lagi mitos-mitos yang dilakukan sehingga kondisi tubuh akan selalu terjaga dengan baik.

  1. Menjaga mental dengan baik

Bagi beberapa orang, mengalami diabetes adalah serangan yang besar pada kehidupannya. Apalagi kalau tidak ada kesiapan yang baik. Kondisi seperti depresi atau stres berlebihan bisa saja terjadi dan membuat kondisi tubuh semakin tidak baik. Diabetes yang dialami bisa saja menjadi parah dari waktu ke waktu.

Seseorang yang mengalami stres biasanya tidak bisa makan dengan baik. Kalau kondisi tubuh sedang menurun, mereka bisa makan apa saja asal bisa nyaman. Kalau Makan sembarangan, gula darah bisa saja meroket dan gejala dari diabetes akan semakin sering muncul.

Kendalikan stres dengan baik agar tubuh bisa tenang. Anda bisa menemui psikiater atau cukup melakukan meditasi dan relaksasi. Sesekali melakukan pelesir juga tidak masalah asal selama perjalanan makanan yang masuk tetap terjaga.

Inilah beberapa cara menjalani kondisi diabetes tipe 2 kalau Anda baru saja mendapatkan diagnosis. Dengan melakukan beberapa hal di atas, Anda bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan tidak perlu khawatir dengan penyakit Selama masih menjalani gaya hidup sehat dan gula darah terkontrol dengan baik, masalah lain tidak akan terjadi.

 





Source link