7 Cara Mencegah Serangan Jantung (Mudah & Praktis)

7 Cara Mencegah Serangan Jantung (Mudah & Praktis)

[ad_1]

Ciri-ciri dan tanda-tanda penyakit jantung

DokterSehat.Com– Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang bisa memicu kematian dini. Penyakit ini seringkali dipicu oleh kebiasaan yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk atau kebiasaan kurang gerak. Sebenarnya, risiko penyakit mematikan ini bisa diminimalisir dengan menerapkan cara mencegah serangan jantung yang benar.

Cara Mencegah Serangan Jantung yang Mudah

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya serangan jantung. Ini beberapa cara mencegah sakit jantung yang mudah dilakukan:

  1. Menjaga pola makan yang sehat

Salah satu kunci utama dari jantung dan pembuluh darah yang sehat adalah menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan sayur dan buah, biji-bijian, dan makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi seperti ikan laut.

Sementara itu, beberapa jenis makanan yang tinggi kandungan garam, lemak jahat dan gula sebaiknya juga kita kurangi. Hal ini berarti, sebaiknya kita menurunkan asupan gorengan, makanan cepat saji, dan makanan olahan. Olahan daging merah juga sebaiknya kita batasi.

  1. Lebih cermat mengelola stres

Salah satu penyebab meningkatnya kasus serangan jantung adalah stres yang cenderung lebih mudah dialami oleh masyarakat modern.

Beberapa contoh di antaranya adalah masalah pekerjaan, kemacetan, hingga masalah keuangan bisa menjadi penyebabnya. Masalahnya adalah stres bisa memicu peradangan pada tubuh yang bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Cobalah untuk mengelola stres dengan baik seperti dengan melakukan latihan pernapasan, meditasi, yoga, menikmati teh hijau, berolahraga, atau menikmati pemandangan alam demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  1. Jauhi asap rokok

Jika kita adalah perokok aktif, maka risiko terkena serangan jantung akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh kandungan beracun dari rokok yang bisa merusak pembuluh darah dan jantung. Bahkan, bagi perokok pasif, risiko untuk terkena penyakit mematikan juga akan meningkat.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjauhi asap rokok demi mencegah serangan jantung. Jika kita sebelumnya adalah perokok aktif, pastikan untuk berhenti melakukan kebiasaan yang tidak sehat ini.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi tidak hanya akan memicu peningkatan berat badan atau risiko diabetes. Jika hal ini tidak segera ditangani, bisa memicu kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Salah satu komplikasi yang paling banyak terjadi pada penderita diabetes adalah serangan jantung yang mematikan.

Tak hanya menerapkan pola makan yang lebih sehat, cara mencegah serangan jantung juga bisa dilakukan dengan cara rajin berolahraga dan mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari demi menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

  1. Rutin melakukan pengecekan kolesterol

Salah satu pemicu utama dari serangan jantung adalah masalah kolesterol tinggi. Tak hanya karena pola makan yang tidak sehat, seringkali hal ini juga dipicu oleh kebiasaan tidak pernah melakukan pengecekan kolesterol.

Jika mengeceknya secara rutin, kita akan mengetahui seberapa tinggi kadar kolesterol di dalam darah dan akhirnya bisa lebih baik dalam menerapkan gaya hidup atau pola makan demi mencegah penyakit kardiovaskular.

  1. Menjaga berat badan

Semakin berat badan kita, semakin tinggi pula risiko serangan jantung. Apalagi jika ditambah dengan adanya masalah tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kita menjaga atau menurunkan berat badan demi mencegah datangnya penyakit ini.

  1. Lebih aktif

Gaya hidup kurang gerak seperti duduk terlalu lama bisa memicu penyakit jantung. Cobalah untuk mulai membiasakan diri untuk lebih banyak berjalan kaki, beres-beres rumah, melakukan olahraga, atau sekadar mulai melakukan hobi berkebun demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Itu dia beberapa cara mencegah serangan jantung yang mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pada intinya, Anda hanya perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.



[ad_2]

Source link

AKDSEO