7 Cara agar Tetap Bugar Meski Kerja Kantoran

By | August 28, 2019


DokterSehat.Com – Meski mereka hanya duduk dan menatap layar komputer untuk mengetik, pekerja kantoran selalu merasakan lelah yang besar. Nyeri di punggung juga kerap dirasakan meski tidak mengangkat benda yang berat. Terakhir, para pekerja kantoran ini juga kerap sakit-sakitan meski hanya hidup di kubikel dan tidak terkena radikal bebas.

Tidak aktif bergerak selama di kantor

Pekerja kantoran terutama yang berada di kota besar seperti Jakarta biasanya berangkat pagi agar tidak terkena macet. Hal ini menyebabkan mereka jarang melakukan olahraga pagi. Saat akhir pekan, mereka juga lebih banyak lembur atau tidur untuk meredakan rasa lelah dan nyeri selama bekerja.

Kebiasaan yang selalu dijalankan oleh pekerja ini membuat tubuh jadi pasif. Dampaknya, mereka jadi mudah lelah meski hanya duduk saja. Selain itu, kurang berolahraga juga membuat metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik, aliran darah juga bisa terganggu, serta gangguan tubuh bisa terjadi.

Terus membiarkan tubuh mudah lelah dan pasif sangat berbahaya untuk kesehatan. Saat Anda masih mudah mungkin tidak akan terlalu merasakan banyak hal. Namun, setelah tua akan mulai terasa kalau tubuh jadi banyak gangguannya dan muncul masalah kronis dengan persendian dan postur.

Meski risiko yang akan didapatkan tinggi, beberapa orang merasa sulit untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk olahraga. Lantas, apakah hal ini akan dibiarkan begitu saja? Jawabannya tentu saja tidak. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan semuanya akan dibahas pada artikel ini selanjutnya.

Cara membuat tubuh lebih bugar di kantor

Agar Anda dan para pekerja kantoran lainnya tidak merasakan sakit atau selalu bugar saat bekerja, coba lakukan beberapa cara di bawah ini:

  1. Postur saat duduk harus benar

Duduk dengan posisi tubuh yang benar saat mengetik. Usahakan punggung atau tulang belakang tidak menekuk sehingga pinggul dan pinggang akan mengalami nyeri. Selama ini sangat mengetik atau bekerja dengan menggunakan komputer memaksa tubuh membungkuk ke depan.

Anda harus menjaga postur dengan baik setiap saat. Gunakan kursi untuk sandaran agar tidak terlalu membungkuk ke depan. Saat ini ada beberapa alat yang digunakan untuk menegakkan punggung. Alat itu akan membuat Anda tidak bisa membungkuk selama bekerja sehingga postur akan tetap sempurna.

  1. Tidak terus duduk selama berjam-jam

Kalau merasa sedikit capek, segera berdiri dan lakukan peregangan di sekitar sendiri agar tidak kaku atau darah bisa kembali mengalir dengan lancar. Jangan duduk terlalu lama, jika sudah duduk sekitar sejam, coba berdiri dan berjalan selama beberapa menit.

Beri batasan waktu duduk yang Anda lakukan. Misal setiap 2 jam sekali Anda bisa berdiri sejenak untuk berkeliling di sekitar ruangan lalu duduk lagi. Jangan duduk selama lebih dari 2 jam karena pinggul juga akan sakit. Kalau Anda termasuk orang yang sering sekali lupa, ada baiknya untuk membuat alarm.

  1. Mata juga harus diistirahatkan

Sesekali istirahatkan mata selama 30-60 detik dengan tidak menatap layar. Cahaya dari layar yang terang bisa membuat mata jadi mudah sekali lelah. Kalau mata Anda lelah, fokus juga akan menurun dengan sendirinya. Selain itu kemungkinan mengalami gangguan penglihatan seperti rabun dekat akan tinggi.

Kalau Anda sulit untuk beristirahat karena butuh fokus yang tinggi, ada baiknya untuk menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi ini bisa digunakan untuk mencegah mata jadi mudah lelah. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang layar anti radiasi di komputer agar mata tidak mengalami gangguan.

  1. Pergi ke Kantor dengan Sepeda

Kalau jarak antara rumah dan kantor tidak terlalu banyak dan masih bisa dijangkau dengan menggunakan sepeda, jangan pakai sepeda motor. Lakukan sebanyak 3 kali seminggu untuk bersepeda. Dengan melakukan ini Anda sudah melakukan olahraga meski sepeda dipacu dengan santai.

Saat bersepeda di jalanan, jangan lupa untuk menggunakan masker. Gunakan pakaian biasa dahulu baru setelahnya ganti pakaian kerja di kantor.

  1. Camilan harus sehat

Jangan ngemil sesuatu yang asin atau berlemak. Anda bisa membeli beberapa buah yang bisa dibawa ke kantor seperti apel atau pisang. Buah itu akan mencegah terjadinya penumpukan lemak dan juga menaikkan daya tahan tubuh.

  1. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Konsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas setiap harinya. Dengan konsumsi yang banyak, tubuh tidak mudah mengalami dehidrasi dan fungsi saluran kemih bisa berjalan dengan sempurna. Pekerja yang banyak duduk biasanya rawan alami masalah di ginjal.

  1. Mencuri waktu untuk olahraga

Alasan klasik yang selalu dikatakan oleh masyarakat yang enggan melakukan olahraga adalah malas dan tidak sempat. Memang sih saat bekerja tidak ada waktu untuk pergi ke gym atau sejenisnya. Namun, olahraga untuk menjaga kebugaran tidak hanya berhubungan dengan pergi ke gym lalu angkat beban, kan?

Anda masih bisa kok mencuri waktu untuk melakukan olahraga. Misal saat naik atau turun lantai lebih memilih memakai tangga daripada lift. Kalau Anda dalam sehari naik turun berkali-kali, olahraga bisa dilakukan. Selanjutnya jalan kaki dari halte atau stasiun ke kantor juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencuri waktu olahraga.

Inilah beberapa tips agar Anda tetap sehat meski bekerja di kantor dan lebih banyak duduk daripada bergerak. Meski di kantor hanya dilakukan dengan duduk, Anda tetap bisa menjaga kesehatan dan juga kebugaran. Lakukan beberapa tips di atas yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan bisa dijalani tanpa tersiksa.

 





Source link