7 Alasan Penting Mengonsumsi Jahe di Pagi Hari

7 Alasan Penting Mengonsumsi Jahe di Pagi Hari

[ad_1]

jahe-untuk-sarapan-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu jenis herba yang tergolong versatile untuk makanan dan minuman adalah jahe. Meski memiliki rasa pedas yang cukup intens, rasa dari herbal ini bisa dinikmati kalau dicampur dengan sesuatu, misal madu atau jeruk lemon. Selain itu jahe yang bisa mengatasi mual ini juga bisa digunakan sebagai salah satu makanan seperti kue.

Alasan mengonsumsi jahe saat pagi hari

Jahe memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh khususnya kalau dikonsumsi saat cuaca sedang dingin. Sayangnya jahe jarang digunakan saat pagi hari seperti dicampur ke makanan dan minuman. Padahal jahe akan memberikan manfaat di bawah ini kalau dikonsumsi secara rutin.

  1. Membuat pagi jadi semangat

Beberapa orang memiliki ritual pagi yang berbeda-beda. Ada yang suka minum air putih saja dan ada yang suka minum teh atau kopi. Kalau Anda terbiasa minum kopi, ada baiknya sedikit ditambah dengan geprekan dari jahe agar terasa lebih nikmat dan memberikan sensasi hangat di tubuh.

Di beberapa negara kawasan Timur Tengah, kopi dengan jahe kerap dikonsumsi di pagi hari karena memberikan manfaat yang cukup besar pada tubuh. Salah satu manfaat itu ada menyuplai antioksidan dalam jumlah besar. Kalau Anda mendapatkan antioksidan yang besar di pagi hari, kemungkinan terjadi masalah kesehatan akan rendah.

  1. Bisa menyuplai vitamin C

Vitamin C bisa disuplai dari jahe yang diseduh bersama dengan teh. Vitamin C baik untuk tubuh karena termasuk bagian dari antioksidan. Dengan suplai antioksidan yang cukup banyak, Anda bisa mendapatkan daya tahan yang tinggi. Kemungkinan terkena flu, pilek, atau penyakit sejenisnya tidak akan terjadi.

Untuk menambahkan suplai vitamin C, Anda bisa menambahkan beberapa jenis buah yang memiliki cita rasa asam seperti jeruk peras, jeruk nipis, dan jeruk lemon. Pilih sendiri mana yang ada di rumah. Anda bisa membuat teh jahe dan buah dalam jumlah banyak dan disimpan di dalam botol untuk dibawa ke sekolah atau kantor.

  1. Menghilangkan mual di pagi hari

Ana disarankan untuk minum jahe dengan tambahan madu, lemon, atau teh. Perpaduan dua bahan ini akan memberikan efek hangat di tubuh dan meredakan mual atau keinginan untuk muntah yang kuat. Manfaat ini baik untuk Anda yang sedang mengalami morning sickness akibat mengandung dan masih pada trimester awal.

Anda bisa membuat teh jahe dengan mencampurkan teh ke dalam air dan beberapa ruas jahe yang sudah digeprek hampir hancur atau diiris. Selanjutnya didihkan air hingga ekstraknya keluar. Anda bisa menambahkan gula atau madu untuk memberikan rasa manis. Oh ya, penambahan pandan atau daun serai juga bisa dilakukan, sesuaikan dengan ketersediaan bahan dan kebutuhan

  1. Alternatif makanan pelengkap

Jahe yang kita tahu umumnya digunakan untuk membuat wedang, dibuat menjadi permen, atau dicampur dengan bahan kue. Selain itu, jahe masih bisa diolah lagi menjadi makan pelengkap seperti selai yang cukup nikmat. Selai ini bisa digunakan untuk makan roti tawar atau dioleskan ke makanan lain saat sedang sarapan.

Anda bisa membuat sendiri selai jahe di rumah dengan menggunakan gula atau madu. Setelah menjadi pasta yang kental, simpan di dalam lemari es dan masukkan ke wadah kaca. Anda bisa membuat selai agak lebih manis. Fungsi selai ini untuk minuman setelah diencerkan. Misal Anda malas buat teh jahe, bisa mengambil air panas di dispenser lalu campur dengan satu sendok pasta jahe.

  1. Ada komponen anti inflamasi

Tahukah Anda kalau di dalam jahe terdapat komponen anti inflamasi yang cukup besar. Dengan mengonsumsi jahe di pagi hari, berbagai inflamasi yang akan muncul di siang hingga sore bisa saja dicegah. Fungsi ini tentu harus dibarengi dengan sarapan atau makan siang yang bergizi dan mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

  1. Mencegah gangguan di tubuh

Saat pagi hari kita sering sekali merasa tidak nyaman seperti perut kembung atau badan agak meriang. Kondisi ini sering muncul saat kondisi cuaca tidak baik atau musim kemarau. Jahe memiliki kemampuan untuk meredakan kondisi tidak nyaman di dalam tubuh karena ada komponen anti bakterinya yang sangat kuat.

Selanjutnya kalau Anda mengalami PMS dan tidak nyaman di pagi hari karena perut kram, jahe bisa dikonsumsi untuk sedikit meredakannya. Anda bisa membuat jahe dengan tambahan madu dan lemon. Campuran ini biasanya tidak akan terasa pedas di mulut. Anda juga bisa membuat semacam infused water dengan irisan jahe dan buah lainnya.

  1. Minim efek samping

Sebenarnya semua jenis makanan bisa dikonsumsi setiap hari asal kalori yang dibutuhkan tubuh belum terpenuhi. Namun, kita juga harus memperhatikan respons yang dimiliki oleh tubuh. Kalau respons yang dimiliki tidak terlalu baik seperti menyebabkan nyeri perut atau masalah lainnya, kita disarankan untuk membatasi dosis atau menghentikan konsumsinya.

Meski jahe bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan atau minuman, beberapa orang mungkin akan mengalami alergi atau tidak tahan. Namun, risiko mengalami gangguan ini sangat kecil. Kalau memang perut terasa agak perih, dosis jahe bisa dikurangi atau dibiasakan setiap hari agar tubuh bisa menerimanya perlahan-lahan.

Inilah beberapa manfaat dari jahe kalau dikonsumsi secara rutin. Dengan mengonsumsi jahe di pagi hari, Anda akan mendapatkan cukup banyak manfaat yang dibahas di atas. Nah, kira-kira dari beberapa manfaat atau kelebihan dari jahe di atas, mana saja yang ingin Anda dapatkan setiap harinya?

 



[ad_2]

Source link

AKDSEO