6 Makanan Super Bagi Penderita Diabetes

By | August 1, 2019


DokterSehat.Com– Banyak penderita diabetes yang mengaku kebingungan untuk memilih makanan sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pantangan yang harus mereka patuhi. Hanya saja, apakah ada makanan super yang baik bagi kondisi kesehatan mereka?

Berbagi makanan super yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes

Jika sampai penderita diabetes makan dengan sembarangan, maka mereka pun akan lebih rentan mengalami kenaikan kadar gula darah. Padahal, jika sampai kadar gula darah tak lagi bisa dikendalikan, maka risiko terkena komplikasi akan meningkat.

Berikut adalah beberapa makanan super yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Sayuran dengan warna hijau gelap

Pakar kesehatan menyebut sayuran dengan daun berwarna hijau gelap sebagai salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa contoh dari sayuran ini adalah bayam, sawi, brokoli, serta kangkung.

Sayuran-sayuran ini tinggi kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan berbagai macam mineral layalnya kasium, kalium, dan zat besi. Selain itu, sayuran-sayuran ini juga tinggi kandungan serat namun rendah kalori sehingga setelah mengonsumsinya tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

  1. Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 bisa membantu penderita diabetes mengatur tekanan darah dalam tubuhnya agar tetap normal. Hal ini berarti, mengonsumsi makanan dengan kandungan ini bisa membantu menurunkan risiko terkena komplikasi layaknya hipertensi dan penyakit jantung.

Beberapa jenis makanan yang bisa menyediakan asam lemak omega 3 adalah daging ikan seperti salmon, sarden, atau tuna. Hanya saja, bagi penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara direbus, dijadikan sup, atau dipanggang. Jika kita menggorengnya atau menambahkan tepung pada ikan-ikan tersebut, bisa jadi akan meningkatkan risiko komplikasi.

  1. Kedelai

Pakar kesehatan Kim Young-Cheul dari University of Massachussetts, Amerika Serikat menyebut kedelai termasuk dalam makanan yang paling baik bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan isoflavon di dalamnya yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, dan membuat sensitivitas insulin semakin membaik.

Di dalam kedelai juga terdapat kandungan protein dan serat yang bisa membuat kita lebih mudah kenyang sehingga tidak mudah tertarik untuk mengonsumsi camilan tidak sehat. Hal inilah yang kemudian bisa membantu mencegah kenaikan kadar gula darah.

  1. Susu dan yoghurt

Susu dan yoghurt telah lama dikenal sebagai makanan yang baik bagi kesehatan. Keduanya juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi di dalamnya. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai macam vitamin, mineral, serta protein.

Indeks glikemik di dalam susu dan yoghurt juga cenderung rendah, asalkan produk-produk ini tidak diberi tambahan gula. Hal ini berarti, mengonsumsinya tidak akan mudah meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, kandungan di dalam susu dan yoghurt juga bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan sensitivitas insulin.

  1. Tomat

Salah satu jenis sayuran yang memiliki sensasi rasa segar ini juga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2011 silam, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi tomat sebanyak 2 buah dengan ukuran sedang sudah cukup untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu akan mencegah komplikasi pada penderita diabetes.

Selain dengan mengonsumsi makanan-makanan ini, penderita diabetes juga sebaiknya memperhatikan porsi atau frekuensi makan sehari-hari demi menjaga kondisinya dan mencegah datangnya komplikasi.





Source link