6 Makanan Manis dan Sehat (Dijamin Tak Kalah Enak)

By | July 17, 2019


DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang kerap dilanda keraguan ketika hendak menyantap segala jenis makanan atau minuman yang mengandung gula alias makanan manis. Bagaimana tidak? Konsumsi gula yang terlalu banyak dikhawatirkan meningkatkan kadar gula darah hingga berujung pada penyakit diabetes. Tapi, tidak semua makanan manis itu berbahaya, kok. Apa saja nama makanan manis yang tergolong aman?

Makanan Manis yang Sehat dan Aman Dikonsumsi

Makanan maupun minuman yang mengandung gula memang sangat menggugah selera. Akan tetapi, hasrat untuk mengonsumsi makanan manis acap kali terhalang oleh dampak buruk yang bisa ditimbulkan olehnya. Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan oleh kadar gula di dalam darah yang berlebihan dan tidak terkontrol. Pun demikian, gula dapat menaikkan berat badan dan kerusakan pada gigi.

Tidak usah berkecil hati. Faktanya, Anda tetap bisa menikmati kelezatan sejumlah makanan manis namun tetap menyehatkan. Berikut nama-nama makanan manis nan sehat yang nanti bisa Anda konsumsi.

1Dark Chocolate

Cokelat adalah salah satu makanan manis yang mengandung banyak gula. Itu pula yang menjadikan makanan ini begitu menggugah selera. Sayangnya, kelezatan cokelat harus dibayar dengan dampak negatif yang ditimbulkannya, mulai dari kerusakan gigi, kenaikan berat badan, hingga risiko diabetes.

Namun, hal tersebut tidak akan Anda temui pada jenis cokelat yang satu ini. Adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Alih-alih gula, 70 persen kandungan dark chocolate merupakan cokelat asli. Kendati cokelat hitam tidak semanis jenis cokelat lainnya, ia sangat aman untuk dikonsumsi, bahkan tergolong sehat oleh karena di dalamnya juga terkandung senyawa antioksidang dan antiinflamasi bernama polifenol.

2. Buah Segar

Makanan manis sehat selanjutnya adalah buah-buahan. Semua tentu sudah tahu kalau buah adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin sehingga mengonsumsinya secara rutin sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan tubuh.

Nah, adanya kandungan gula di dalam buah-buahan seperti anggur, mangga, dan buah naga menjadikan buah adalah alternatif makanan manis yang bisa Anda konsumsi. Tingkat kemanisan buah-buahan mungkin memang tidak setinggi nama-nama makanan manis seperti martabak, kue tart, atau permen. Akan tetapi, makanan-makanan tersebut tidak menyehatkan sebagaimana buah.

Agar lebih menggugah selera, Anda bisa mengonsumsi buah dengan cara mengkombinasikannya dengan yoghurt rendah lemak.

3. Buah Kering

Buah yang sudah dikeringkan juga bisa menjadi pilihan menu makanan manis sehat untuk Anda konsumsi. Dikatakan demikian karena buah kering mengandung jumlah kalori yang lebih sedikit ketimbang makanan manis seperti permen.

Selain itu, mengonsumsi buah kering akan membuat sistem pencernaan Anda tetap sehat oleh karena kandungan serat di dalamnya yang cukup banyak. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa jumlah kalori yang terkandung dalam buah kering lebih besar dibandingkan buah segar. Ada baiknya Anda kombinasikan buah kering dengan kacang-kacangan guna menambah protein dan mengurangi kadar gulanya.

4. Smoothies

Sepertinya buah-buahan memang menjadi makanan manis terbaik yang bisa Anda konsumsi. Kandungan nutrisi dan vitaminnya tak hanya menjadikan buah lezat, namun juga menyehatkan.

Nah, jika Anda bosan menyantap buah segar, jangan khawatir. Ada banyak cara kok untuk menikmati manis dan segarnya buah-buahan, sekaligus mengambil manfaat yang dihasilkannya. Salah satunya adalah dengan mengolah buah manis menjadi minuman smoothies.

Smoothies adalah minuman yang terbuat dari kombinasi buah-buahan seperti mangga, stroberi, dan kiwi, dengan yoghurt rendah lemak. Smoothies menjadi cara nikmat dalam mengonsumsi buah sebagai alternative makanan mengandung gula yang menyehatkan.

5. Es Krim Rendah Gula

Anda suka makan es krim, tapi tidak ingin gula darah atau berat badan naik? Maka varian es krim rendah gula atau kalori adalah solusinya.

Sebagaimana kita ketahui, es krim terbuat dari kombinasi susu, gula, dan perasa. Nah, faktanya ada juga sejumlah produk es krim yang khusus diproduksi dengan kandungan gula dan kalori yang lebih sedikit. Hal ini utamanya ditujukan untuk mereka yang tengah berdiet atau memiliki penyakit gula darah. Tidak sulit kok untuk menemukan es krim ini di pasaran.

Atau, Anda bisa membuat sendiri es krim rendah kalori ini di rumah. Caranya, campurkan susu, yoghurt rendah lemak, gula rendah kalori, dan potongan buah segar. Kemudian, bekukan di dalam kulkas sampai es krim siap untuk disantap.

6. Kue Rendah Gula

Selain es krim, kue juga menjadi makanan manis favorit banyak orang, termasuk Anda salah satunya. Alih-alih mengonsumsi jenis kue manis yang banyak mengandung gula, Anda bisa menyantap varian kue rendah gula yang, sama seperti es krim rendah gula, sudah banyak beredar di pasaran, baik dalam bentuk kue tart maupun cookies atau kue kering.

Mengonsumsi kue rendah gula tidak akan berdampak pada peningkatan kadar gula darah secara berlebih, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi, baiknya tetap kendalikan konsumsi kue ini dan imbangi dengan konsumsi makanan manis lainnya yang lebih sehat seperti buah-buahan.

7. Madu

Terakhir, ada madu sebagai nama makanan manis nan menyehatkan yang bisa Anda konsumsi tanpa harus khawatir mengalami diabetes, kenaikan berat badan, atau kerusakan pada gigi.

Madu sudah terbukti secara ilmiah mampu memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, seperti:

  • Mengatasi batuk dan sakit tenggorokan
  • Antibakteri dan antijamur
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengendalikan gula darah
  • Mencegah penyakit kanker dan jantung

Anda bisa mengombinasikan madu dengan makanan sehat lainnya yakni Greek yoghurt, yang mana jenis yogurt ini diperkaya oleh sejumlah nutrisi penting bagi tubuh seperti serat, protein, mineral, dan vitamin. Ditambah lagi dengan potongan buah, makanan ini tak hanya sekedar sehat, namun juga nikmat.

Makanan Manis Sehat: Nikmat tidak Melulu Mengorbankan Kesehatan

Sekarang Anda sudah tahu, kan? Bahwa mengonsumsi makanan manis itu tidak selalu buruk bagi kesehatan, lho. Asalkan, Anda paham makanan seperti apa yang seharusnya dikonsumsi. Mengimbanginya dengan aktivitas olahraga tentu akan semakin membuat tubuh seha bebas penyakit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!





Source link