6 Makanan Ini Harus Dihindari Jika Ingin Tidur Nyenyak

By | July 14, 2019


Photo Source: Flickr/Tatsuo Yamashita

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak ingin tidur nyenyak? Tak hanya bisa membuat tubuh terasa nyaman, tidur nyenyak juga bisa membantu tubuh tetap bugar dan tidak mudah terkena penyakit. Salah satu cara yang bisa memastikan kita bisa tidur nyenyak adalah dengan memilih makan malam yang tepat.

Beberapa jenis makanan yang harus dihindari demi membuat tidur nyenyak

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kualitas tidur atau bahkan memicu mimpi buruk. Mengingat hal ini bisa membuat kita merasa tidak nyaman saat bangun tidur, sebaiknya memang kita tidak mengonsumsinya.

Berikut adalah berbagai makanan yang sebaiknya dihindari di malam hari.

  1. Gorengan

Sayangnya, masih banyak orang yang terbiasa makan gorengan di malam hari, termasuk di dekat waktu tidur. Rasanya yang nikmat dan renyah memang sangat sulit untuk ditolak. Masalahnya adalah gorengan termasuk dalam makanan dengan kandungan lemak yang sangat tinggi. Kandungan ini akan membuat pencernaan berjalan sangat lambat sehingga saat tidur, pencernaan masih bekerja dengan keras.

Jika sampai perut masih bekerja saat tidur, kita pun tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Bahkan, bisa jadi hal ini akan berimbas pada sensasi tidak nyaman yang membuat kita sering terbangun.

  1. Sambal atau makanan pedas

Selain gorengan, kita juga sering mengonsumsi sambal atau makanan pedas di malam hari. Makanan ini memang bisa memberikan sensasi mantap atau segar. Sayangnya, makanan pedas juga bisa memicu iritasi lambung atau sensasi mulas. Jika hal ini terasa hingga ke waktu tidur, kita tentu akan sulit tidur atau bahkan tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Dalam banyak kasus, makanan pedas juga bisa memicu masalah asam lambung tinggi yang tentu akan membuat sensasi tidak nyaman pada tubuh.

  1. Cokelat

Cokelat adalah camilan yang nikmat untuk dikonsumsi siapa saja. Banyak orang yang sengaja mengonsumsinya di malam hari demi membuat suasana hati menjadi lebih nyaman setelah seharian merasa penat atau bahkan stres. Sayangnya, di dalam cokelat terdapat kandungan kafein yang cukup tinggi. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kafein bisa meningkatkan risiko susah tidur.

Sebagai informasi, jika kita mengonsumsi cokelat satu ons saja, maka kita sudah mendapatkan 23 mg kafein. Jika konsumsi cokelat cukup banyak, bisa jadi asupan kafein berlebihan dan bisa memicu masalah insomnia.

  1. Kopi

Sebenarnya, sudah menjadi rahasia umum jika kopi bisa memicu susah tidur. Sayangnya, masih banyak orang yang terbiasa mengonsumsinya di malam hari sambil mengobrol, menonton televisi, atau nongkrong bersama dengan teman-teman.

Memang, ada sebagian orang yang tidak mengalami dampak apapun setelah minum kopi, namun sebaiknya memang kita menghindari konsumsinya di malam hari atau dekat dengan waktu tidur.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda biasanya juga memiliki kandungan kafein, namun bahaya dari minuman ini adalah kemampuannya dalam meningkatkan kadar asam lambung dengan signifikan. Jika sampai hal ini terjadi, kita akan merasakan sensasi tidak nyaman pada perut yang akhirnya bisa berimbas pada susah tidur atau tidur menjadi sangat tidak nyenyak.

  1. Minuman beralkohol

Banyak orang yang terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol di malam hari karena faktor pergaulan atau ingin menghangatkan tubuh. Selain itu, ada yang menyebut alkohol bisa membuat kita lebih mudah tidur. Padahal, dalam realitanya, minuman ini bisa memicu gangguan tidur yang cukup parah. Karena alasan inilah mereka yang minum alkohol merasakan sensasi pusing, kebingungan, dan tubuh yang lemas saat bangun tidur.





Source link