6 Hal Ini Menandakan Racun Menumpuk di Dalam Tubuh

By | Agustus 18, 2019


DokterSehat.Com– Jika ada yang tidak beres didalam tubuh, tubuh akan menunjukkan gejala kesehatan tersendiri. Sayangnya, terkadang kita masih menyepelekannya hingga akhirnya benar-benar jatuh sakit. Lantas, seperti apa sih gejala tubuh yang menandakan bahwa sudah ada racun yang semakin menumpuk di dalamnya?

Berbagai tanda yang menunjukkan racun sudah menumpuk di dalam tubuh

Racun bisa saja masuk ke dalam tubuh lewat makanan atau minuman yang kita konsumsi, polusi udara, dan berbagai hal lain yang ditemukan setiap hari.

Berikut adalah berbagai gejala kesehatan yang menandakan penumpukan racun tersebut.

  1. Tubuh terasa jauh lebih mudah lelah

Pakar kesehatan menyebut tubuh yang mudah lelah meski kita sudah berusaha untuk tidur cukup atau makan secara teratur bisa jadi menandakan bahwa telah ada berbagai racun yang menumpuk di dalamnya. Racun-racun ini bisa berupa pestisida, logam-logam berbahaya yang bisa saja masuk ke dalam tubuh lewat polusi udara, hingga zat pelarut.

Berbagai racun ini akan membuat hati dan ginjal bekerja dengan lebih keras demi menetralisir atau membuang berbagai racun di dalam tubuh. Hal ini akan menguras energi dan akhirnya membuat kita seperti mudah lelah. Selain itu, kedua organ ini juga akan rentan mengalami kerusakan atau gangguan fungsi jika terus dipaksa untuk bekerja dengan keras. Jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan membuat organ-organ ini tak lagi berfungsi.

Menumpuknya racun di dalam tubuh akan memicu kekacauan hormon yang akhirnya berimbas pada penurunan kualitas tidur. Hal ini juga akan membuat kita akan merasakan sensasi lelah setiap saat.

  1. Perubahan berat badan secara drastis

Jangan senang dulu jika berat badan tiba-tiba turun dengan signifikan dalam waktu yang singkat. Bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah kesehatan atau menumpuknya racun di dalam tubuh. Apalagi jika kemudian berat badan bisa naik atau turun kembali dengan cepat.

Selain memeriksakan kondisi tubuh ke dokter, kita bisa memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan yang bisa membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh.

  1. Mengalami masalah bau mulut

Bau mulut bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk malas menyikat gigi secara teratur, namun pakar kesehatan juga menyebut kebiasaan ini terkait dengan gangguan pencernaan atau masalah penumpukan racun di dalam tubuh.

Keberadaan racun ini akan menyebabkan reaksi kimia tersendiri di dalam tubuh, termasuk di dalam pencernaan. Hasil dari reaksi ini bisa berupa munculnya aroma yang tidak sedap yang akan keluar melalui mulut atau pernapasan kita.

  1. Bisa menyebabkan sembelit

Sembelit termasuk dalam masalah kesehatan yang sering kita alami. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekannya karena menganggapnya akan mereda dengan sendirinya. Padahal, jika sampai sembelit tak kunjung mereda, dan disertai dengan tubuh yang lelah, perut sakit, hingga sensasi tidak enak badan, bisa jadi menandakan adanya racun yang sudah menumpuk di dalam tubuh.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi bahan pengawet, bahan pewarna, penyedap rasa non-alami, hingga bahan-bahan kimia lainnya bisa menjadi penyebab penumpukan racun ini.

  1. Munculnya jerawat terus-menerus

Jerawat tak hanya disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam membersihkan kulit. Dalam banyak kasus, hal ini bisa jadi menandakan bahwa ada racun yang sudah menumpuk di dalam tubuh.

  1. Lebih sensitif dengan bau

Memang, ada sebagian orang yang sensitif atau alergi dengan aroma tertentu, namun pakar kesehatan menyebut jika kita biasanya tidak sensitif dengan aroma apapun namun kemudian sensitif pada beberapa jenis aroma tertentu, bisa jadi hal ini terkait dengan penumpukan racun di dalam tubuh.





Source link