6 Gangguan Perut Ini Bisa Muncul Saat Bepergian

By | August 25, 2019


DokterSehat.Com– Di akhir pekan seperti sekarang ini, banyak orang yang memilih untuk bepergian, baik itu ke tempat wisata, tempat perbelanjaan, atau ke sanak saudara yang ada di luar kota. Meski menyenangkan untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebut bepergian bisa membuat risiko terkena gangguan perut meningkat. Lantas, masalah perut apa saja yang bisa muncul saat kita bepergian?

Berbagai gangguan perut yang bisa muncul saat kita bepergian

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali risiko kesehatan yang bisa didapatkan saat bepergian.

Berikut adalah masalah-masalah kesehatan tersebut.

  1. Keracunan makanan

Pakar kesehatan menyebut keracunan makanan sebagai salah satu masalah kesehatan yang paling rentan muncul saat kita sedang bepergian. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan kita untuk makan di luar rumah saat melakukannya. Padahal, bisa jadi makanan yang dijajakan di tempat-tempat makan ini belum tentu higienis.

Selain itu, seringkali kita malas untuk mencuci tangan sebelum makan saat bepergian. Padahal, bisa jadi kita baru saja menyentuh benda-benda yang kotor atau menggunakan toilet yang penuh dengan bakteri atau kuman penyebab penyakit.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih cermat untuk memilih tempat makan demi memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi higienis. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setidaknya menggunakan gel pencuci tangan yang bisa kita dapatkan di berbagai tempat.

  1. Perut kembung

Tak hanya rentan mengonsumsi makanan-makanan yang belum tentu dipastikan kebersihannya, kita juga cenderung sembarangan memilih makanan yang ingin dikonsumsi. Masalahnya adalah bisa jadi makanan-makanan yang kita konsumsi bisa menyebabkan produksi gas berlebihan atau peningkatan asam lambung. Hal ini tentu bisa menyebabkan masalah perut kembung.

Selain itu, dalam banyak kasus, kita akan merasakan sensasi perut yang tidak nyaman dan lebih sering mengeluarkan kentut akibat dari produksi gas berlebihan di dalam perut saat bepergian.

  1. Bisa menyebabkan gangguan kram perut

Masalah kesehatan lain yang bisa kita alami saat bepergian adalah mengalami kram perut. Sebagaimana masalah perut kembung atau keracunan makanan, kondisi ini seringkali disebabkan oleh pilihan makan yang buruk. Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Sebagai contoh, karena berada dalam kondisi bepergian, kita cenderung mudah melewatkan atau menunda waktu makan. Padahal, hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk kram perut yang tentu cukup merepotkan dan bisa memberikan sensasi tidak nyaman pada tubuh.

  1. Diare

Kasus diare yang muncul saat bepergian cenderung sangat tinggi. Masalahnya adalah kondisi ini bisa membuat kita harus bolak-balik ke toilet, mengalami mual-mual atau muntah, hingga sensasi tidak nyaman pada perut.

Penyebabnya seringkali adalah pilihan makanan yang buruk dan kebiasaan malas mencuci tangan sebelum mengonsumsinya.

  1. Disentri

Sebenarnya, disentri bisa disebut sebagai awal dari diare. Tak hanya membuat kotoran saat buang air besar menjadi cair, bisa jadi kotoran berlendir atau disertai dengan darah. Masalahnya adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini bisa menular sehingga sebaiknya segera ditangani secara medis dengan baik.

  1. Infeksi cacing

Jika kita tidak mengonsumsi makanan yang higienis dalam hal pengolahan atau penyajian dan malas mencuci tangan, maka risiko untuk terkena infeksi cacing, khususnya cacing tambang akan meningkat dengan signifikan. Jika sampai hal ini terjadi, maka risiko untuk mengalami gejala layaknya nyeri perut, kelelahan, hingga diare parah akan meningkat.





Source link