6 Camilan Ini Aman Dikonsumsi di Larut Malam

6 Camilan Ini Aman Dikonsumsi di Larut Malam

[ad_1]

DokterSehat.Com– Terkadang, di waktu malam hari tiba-tiba saja perut terasa lapar. Padahal, kita sebelumnya sudah mengonsumsi makan malam. Hal ini tentu akan membuat dilema tersendiri. Bagaimana tidak, di satu sisi kita ingin menghilangkan rasa lapar tersebut, namun di sisi lain kita tidak ingin mengalami kenaikan berat badan. Lantas, apakah tidak ada makanan yang bisa kita konsumsi tanpa perlu khawatir akan mengalami dampak buruk bagi kesehatan?

Camilan yang aman untuk dikonsumsi di malam hari

Pakar kesehatan ternyata tidak menyarankan kita untuk kembali makan berat di larut malam. Meski perut sudah sangat lapar, sebaiknya kita hanya mengonsumsi camilan saja. Hanya saja, bukan berarti kita bisa sembarangan memilih camilan. Pastikan bahwa kita mengonsumsi camilan yang sehat di malam hari.

Berikut adalah beberapa jenis camilan yang aman untuk dikonsumsi di larut malam

  1. Popcorn

Popcorn atau berondong jagung dikenal luas sebagai camilan yang cocok untuk dikonsumsi sambil menonton film atau mengobrol. Tak disangka, camilan ini ternyata juga sangat direkomendasikan jika kita tiba-tiba lapar di malam hari.

Hal ini disebabkan oleh bahan utama dari popcorn, yakni jagung yang sebenarnya tergolong dalam biji-bijian yang kaya serat. Keberadaan serat ini bisa membantu perut menjadi lebih kenyang namun tidak akan memberikan dampak buruk bagi berat badan dan kesehatan secara umum.

Hanya saja, pastikan bahwa popcorn yang kita konsumsi adalah yang tidak diberi tambahan garam, mentega, atau rasa-rasa lainnya. Keberadaan tambahan ini justru bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh layaknya peningkatan tekanan darah, kolesterol, atau berat badan.

  1. Teh

Terkadang, rasa lapar yang muncul di malam hari bisa jadi justru disebabkan oleh tubuh yang haus dan membutuhkan cairan. Sebelum sembarangan mengonsumsi makanan, kita bisa mencoba untuk menikmati teh dari bahan herbal seperti teh hijau, the chamomile, dan lain-lain.

Tak hanya nikmat dan bisa menenangkan pikiran, teh-teh ini ternyata bisa membuat perut terasa jauh lebih nyaman dan kita akhirnya bisa tidur dengan nyenyak setelah mengonsumsinya.

  1. Greek yoghurt

Greek yoghurt lebih dikenal sebagai makanan yang cocok untuk program diet. Hanya saja, jika kita merasakan lapar di malam hari, tak ada salahnya untuk mengonsumsinya demi mengganjal perut. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat dan antioksidan di dalamnya yang sangat tinggi dan baik bagi kesehatan.

Kita bisa menambahkan buah-buahan seperti ceri atau buah beri untuk memberikan tambahan rasa pada Greek yoghurt yang kita konsumsi. Dengan mengonsumsinya, maka tubuh akan memproduksi hormon melatonin dengan lebih baik dan kita pun bisa tidur dengan nyenyak setelahnya.

  1. Granola bar dengan kandungan gula yang rendah

Ada banyak sekali produk granola bar yang bisa kita temukan di pasaran. Hanya saja, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk memilih granola bar rendah gula. Kita bisa memastikannya dengan mengecek label bahan pada kemasannya.

Granola bar yang tinggi protein, serat, dan rendah gula ini cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan pengganjal lapar, termasuk saat kita merasakannya di larut malam.

  1. Pisang

Tak ada salahnya untuk makan pisang di tengah malam demi mengatasi rasa lapar. Tak hanya tinggi serat yang mengenyangkan, pisang juga tinggi kandungan kalium, magnesium, dan mineral yang baik bagi tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, sekaligus membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

  1. Biskuit gandum utuh

Kita bisa mengonsumsi biskuit gandum utuh demi mengatasi lapar di malam hari. Keberadaan serat yang tinggi pada camilan ini akan segera mengenyangkan perut namun tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.



[ad_2]

Source link

AKDSEO