5 Tips Cegah Kolesterol Tinggi Meski Hobi Makan Seafood

By | July 30, 2019


Photo Source: Flickr/flickr4jazz

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Bagaimana tidak, jika kadarnya terus tinggi dan tak segera diturunkan, dikhawatirkan akan menyebabkan dampak kesehatan yang jauh lebih serius seperti penyakit jantung dan stroke yang berpotensi mematikan.

Cara menurunkan kolesterol meski hobi makan seafood

Makanan laut dikenal luas memiliki rasa yang nikmat dan bisa memberikan kepuasan tersendiri setelah menyantapnya. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika makanan laut juga tinggi kandungan kolesterol. Hal ini berarti, kita harus membatasi porsi dan frekuensi mengonsumsinya demi mencegah kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kita juga harus memperhatikan berbagai hal ini saat mengonsumsinya.

Berikut adalah tips mencegah kolesterol tinggi meskipun hobi mengonsumsi makanan laut.

  1. Mengolah makanan laut dengan benar

Makanan laut bisa diolah menjadi berbagai macam masakan dan rasanya tetap saja nikmat. Hanya saja, bukan berarti kita bisa sembarangan memasaknya. Pastikan untuk mengolah makanan laut dengan tepat sehingga kita bisa mendapatkan nutrisinya dengan baik tanpa harus khawatir akan mengalami masalah kesehatan.

Sebagai contoh, pakar kesehatan tidak menyarankan kita untuk mengolah makanan laut dengan cara digoreng. Memang, makanan laut yang digoreng atau bahkan diberi tambahan tepung memiliki rasa yang sangat nikmat, namun kandungan lemak jenuhnya akan meningkat dengan drastis sehingga bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Pakar kesehatan lebih merekomendasikan makanan laut yang diolah dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus. Hanya saja, jika kita memang ingin menumisnya atau menggorengnya, kita bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak canola yang lebih sehat, bukannya minyak goreng curah atau jelantah.

  1. Minum air hangat

Setelah mengonsumsi makanan laut yang lezat, akan sangat nikmat jika ditutup dengan minuman dingin layaknya air kelapa, es teh, atau es jeruk yang menyegarkan. Masalahnya adalah kebiasaan ini bisa kurang baik bagi kesehatan.

Hal ini disebabkan oleh energi tubuh yang justru dicurahkan untuk menetralkan suhu air agar tidak lagi dingin dan sesuai dengan suhu tubuh. Kondisi ini justru akan membuat proses penyerapan nutrisi sehat dari makanan laut akan tidak maksimal. Bahkan, bisa jadi hal ini akan berimbas pada kenaikan berat badan, masalah kesehatan yang sayangnya terkait dengan kolesterol tinggi.

  1. Jangan langsung tidur setelah mengonsumsinya

Setelah mengonsumsi makanan laut, tubuh akan bekerja keras untuk mengolahnya sehingga membuat kita menjadi lebih mudah mengantuk. Sayangnya, jika kita menuruti keinginan untuk tidur ini, akan menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Tak hanya berat badan yang naik, keberadaan tumpukan lemak ini juga bisa berimbas pada kenaikan kadar kolesterol jahat.

  1. Jangan lupakan sayur dan buah

Makanan laut memang memiliki rasa yang enak, namun jangan lupakan sayuran saat mengonsumsinya. Tak hanya bisa menjadi penyeimbang asupan serat, keberadaan sayur ini bisa membantu perut cepat kenyang dan akhirnya membuat kita tidak mengonsumsi makanan laut yang tinggi lemak dengan berlebihan.

Selain itu, keberadaan serat larut di dalam sayur dan buah-buahan bisa membantu mengikat asam empedu. Hal ini akan berimbas pada menurunnya proses penyerapan lemak dan kolesterol di dalam usus.

Beberapa jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi pecinta makanan laut adalah apel, pir, pepaya, jeruk, dan stroberi.

  1. Rajin berolahraga

Dengan rutin berolahraga, maka sirkulasi darah akan terjaga dan kadar kolesterol akan menurun. Melakukan olahraga seperti berlari, berenang, dan bersepeda selama 30 menit saja setiap hari terbukti mampu menjaga kadar kolesterol tetap seimbang.

 





Source link