5 Tips Cegah Diabetes Meski Suka Makanan Manis

By | August 24, 2019


DokterSehat.Com– Diabetes adalah masalah kesehatan yang terkait langsung dengan makanan manis. Masalahnya adalah kita cenderung gemar mengonsumsinya. Tak percaya? Kita tentu akan dengan senang hati mengonsumsi kue, biskuit, dan makanan-makanan manis lainnya, bukan? Lantas, apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan demi mencegah diabetes meski gemar mengonsumsi makanan manis?

Mencegah diabetes meski gemar mengonsumsi makanan manis

Mengingat diabetes termasuk dalam penyakit yang bisa memicu datangnya komplikasi berbahaya dan berpotensi mematikan, kita tentu sebisa mungkin mencegah kedatangannya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mencegah diabetes.

  1. Lebih cermat dalam menempatkan makanan manis

Salah satu faktor utama mengapa kita bisa mengonsumsi makanan manis dalam jumlah yang banyak adalah karena makanan-makanan ini mudah untuk diraih. Sebagai contoh, jika kita terbiasa menonton televisi namun di samping tempat duduk kita terdapat toples berisi biskuit, cokelat, permen, atau makanan manis lainnya, maka tentu kita akan dengan mudah memakannya.

Tanpa disadari, kebiasaan mengonsumsi camilan-camilan manis ini bisa membuat konsumsi gula dan kalori menjadi berlebihan. Hal ini tentu akan membuat risiko terkena kenaikan berat badan akan meningkat. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika obesitas terkait dengan risiko diabetes. Selain itu, konsumsi gula dengan berlebihan juga terbukti bisa menyebabkan resistensi insulin, salah satu faktor utama penyebab diabetes.

Melihat fakta ini, cobalah untuk lebih cermat dalam menempatkan makanan atau camilan manis di dalam rumah. Sebagai contoh, jauhkan makanan-makanan ini dari ruang keluarga atau ruang televisi. Tempatkan di dalam lemari yang membuat kita sungkan untuk sering-sering mengambilnya.

  1. Lebih cermat dalam mengecek kandungan gula di dalam makanan

Salah satu penyebab utama mengapa kita mengonsumsi makanan manis dalam jumlah yang banyak adalah tidak menyadari kadar gula di dalam makanan-makanan tersebut. Sebagai contoh, masih banyak orang yang menyepelekan tingginya kadar gula di dalam biskuit, permen, hingga jus buah kemasan. Padahal, kebiasaan mengonsumsinya bisa meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan.

Pastikan untuk lebih cermat dalam mengetahui kadar gula dari makanan-makanan tersebut. Sebagai contoh, kita bisa mengecek label komposisi pada makanan-makanan kemasan yang kita konsumsi dan menurunkan kebiasaan minum jus buah kemasan atau minuman botolan yang tanpa disadari cenderung tinggi kandungan gula.

  1. Lebih banyak berolahraga

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan kadar gula darah dengan rutin berolahraga. Hal ini akan membantu sirkulasi darah berjalan dengan lancar, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membuat sensitivitas insulin meningkat. Hal ini tentu akan membuat kadar gula darah tidak akan mudah melonjak.

Lakukanlah olahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau setidaknya lebih rajin berjalan kaki demi memastikan bahwa tubuh lebih aktif.

  1. Hindari stres

Semakin sering kita terkena stres, semakin rentan kita ingin mengonsumsi makanan manis. Hal ini disebabkan oleh otak yang ingin mendapatkan makanan yang bisa memberikan sensasi senang. Sayangnya, biasanya makanan yang diinginkan adalah makanan manis atau tinggi kalori.

Dengan lebih baik mengendalikan stres, keinginan mengonsumsi makanan manis pun bisa ditekan.

  1. Jangan pernah melewatkan waktu makan

Terbiasa melewatkan jam makan karena kesibukan ternyata bisa mengacaukan metabolisme dan kadar gula darah. Selain itu, tanpa disadari, kita juga akan lebih mudah tertarik untuk ngemil makanan manis atau makanan tidak sehat lainnya. Hal ini tentu akan menyebabkan risiko terkena diabetes akan naik.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan di jam-jam biasanya setiap hari demi mengendalikan kadar gula darah dan memastikan bahwa tubuh mendapatkan pasokan energi yang memadai.





Source link