5 Tanda Konsumsi Alkohol Sudah Berlebihan

By | July 10, 2019


DokterSehat.Com– Meskipun sudah dikenal luas sebagai minuman yang buruk bagi kesehatan, dalam realitanya masih banyak orang yang mengonsumsi alkohol. Biasanya, minuman ini dikonsumsi sebagai pelengkap pergaulan. Masalahnya adalah jika sampai konsumsinya dilakukan secara rutin atau berlebihan, dampaknya tak bisa disepelekan.

Tanda Konsumsi Alkohol Berlebihan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa tanda yang dikeluarkan oleh tubuh jika kita sudah mengonsumsi alkohol dengan berlebihan. Jika sampai hal ini terjadi, sebaiknya kita mewaspadainya dan menghentikan konsumsi alkohol demi menjaga kesehatan.

Ini berbagai ciri atau tanda konsumsi alkohol berlebihan yang dirasakan tubuh:

  1. Lebih sering buang air kecil saat malam hari

Pakar kesehatan Rizwan Hamid dari London Urology Associates menyebut konsumsi alkohol dengan berlebihan akan memicu peningkatan keinginan untuk buang air kecil, khususnya saat tidur malam. Hal ini disebabkan oleh pengaruh alkohol dalam mengacaukan hormon di dalam tubuh, khususnya hormon yang mengendalikan keinginan buang air kecil.

Sebagai informasi, secara alami tubuh akan memproduksi hormon antidiuretik demi menurunkan produksi urine sehingga kita tidak akan mudah terbangun untuk buang air kecil saat tidur malam. Hanya saja, karena pengaruh alkohol, produksi hormon ini terganggu dan tubuh pun tetap memproduksi urine dalam jumlah banyak yang akhirnya berimbas pada frekuensi buang air kecil yang meningkat.

  1. Dehidrasi dan mata kering

Peningkatan produksi urine akan berimbas pada lebih banyak cairan tubuh yang terbuang. Hal ini kemudian akan berdampak pada dehidrasi. Selain sensasi haus yang akan sangat terasa, pakar kesehatan menyebut hal ini juga akan menyebabkan sensasi mata kering hingga terasa lengket saat bangun tidur. Hal ini tentu akan membuat kita merasakan sensasi sangat tidak nyaman.

  1. Diare

Tak hanya karena gangguan pencernaan, diare ternyata juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini diungkap oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Liver Trust dan Hallahshire Royal Hospital, Sheffield, Inggris.

Salah satu peneliti yang terlibat, David Sanders menyebut alkohol dalam jumlah yang banyak akan mengganggu saluran pencernaan, termasuk dalam hal menyebabkan diare. Bahkan, jika diare ini ini sering terjadi, bisa jadi menandakan bahwa hati sudah mengalami kerusakan.

Jika warna urine lebih gelap dari biasanya namun kita tidak mengalami dehidrasi, sebaiknya kita mewaspadai kerusakan hati akibat terlalu banyak kandungan alkohol di dalam tubuh.

  1. Mudah marah dan mudah lupa

Tak disangka, hobi mengonsumsi alkohol ternyata bisa membuat kita mudah lupa dan mudah marah, lho. Pakar kesehatan Guy Meadows dari The Sleep School, London, Inggris menyebut kondisi dehidrasi parah yang dialami pecandu alkohol dan bisa memicu gangguan tidur yang cukup parah. Hal ini ternyata bisa mengganggu kinerja otak dengan signifikan. Kita pun akan lebih rentan mengalami gangguan konsentrasi, mudah lupa, dan cenderung mudah tersulut emosinya meski untuk hal-hal yang sepele.

  1. Bisa menyebabkan kerusakan gigi

Dr. Sameer Patel dari Eleven Dental, London, Inggris menyebut hobi mengonsumsi minuman beralkohol ternyata juga bisa memicu kerusakan gigi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol dalam merusak enamel gigi. Karena alasan inilah mereka yang hobi mengonsumsi alkohol cenderung memiliki masalah gigi kuning atau gigi sensitif.

Selain masalah-masalah kesehatan tersebut, terlalu banyak mengonsumsi minuman alkohol juga bisa menyebabkan dampak kesehatan lainnya seperti terkena penyakit kuning, gangguan tidur, dan mengalami ketergantungan pada alkohol.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita memang menghindari alkohol demi menjaga kesehatan dan mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan.





Source link