5 Tanda Jantung Mulai Mengalami Masalah

By | Juli 10, 2019


DokterSehat.Com– Salah satu organ yang paling penting bagi tubuh adalah jantung. Tanpa adanya jantung, sirkulasi darah yang kaya oksigen dan nutrisi dan sangat dibutuhkan oleh berbagai macam jaringan, organ, dan sistem di dalam tubuh tidak akan terjadi. Karena alasan inilah jika sampai jantung mengalami masalah atau bahkan berhenti berfungsi, kita akan rentan mengalami kematian dini. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik.

Berbagai tanda yang menunjukkan jantung mulai bermasalah

Pakar kesehatan menyebut jantung yang mulai mengalami masalah kesehatan biasanya akan menyebabkan beberapa tanda yang khas. Masalahnya adalah tanda-tanda ini cenderung sepele dan tidak kita sadari.

Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan jantung mulai bermasalah dan harus kita waspadai.

  1. Munculnya xanthomas

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai kemunculan xanthomas, semacam bintik kecil di beberapa bagian tubuh seperti kelopak mata, siku, lutut, atau pantat. Bintik-bintik ini berisi lemak dan sebenarnya tidak membahayakan. Hanya saja, keberadaan lemak inilah yang sebenarnya wajib untuk kita waspadai karena bisa jadi menunjukkan bahwa kadar kolesterol tubuh sedang kurang baik.

Meskipun masih menjadi perdebatan oleh sebagian para ahli, sebaiknya kita segera memeriksakan kondisi jantung dan pembuluh darah jika menemukan bintik-bintik kecil pada kulit ini karena bisa jadi menandakan bahwa tubuh sudah mengalami aterosklerosis yang berpotensi menyebabkan serangan jantung atau stroke yang mematikan.

  1. Menguap saat berolahraga

Pakar kesehatan menyebut menguap sebagai sesuatu yang wajar terjadi, khususnya jika kita merasa bosan, lelah, atau mengantuk, namun jika kita mengalaminya saat sedang melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang intens lainnya, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Sebagai informasi, saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak demi menjaga keseimbangan suhu internal tubuh. Sayangnya, sebagian orang kesulitan untuk melakukan proses mendinginkan tubuh secara alami ini sehingga akhirnya mencari cara lain, yakni dengan menguap.

Tak ada salahnya memeriksakan kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah jika kita mulai sering menguap saat melakukan olahraga demi memastikan bahwa tubuh berada dalam kondisi yang baik.

  1. Mengalami masalah bau mulut

Bau mulut seringkali muncul akibat malas merawat kebersihan gigi dan mulut, namun jika kita sudah membersihkannya secara rutin dan tetap mengalaminya, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah periodontitis atau peradangan pada gusi. Sayangnya, kedua masalah kesehatan ini terkait dengan penyakit jantung.

Peradangan pada gusi bisa membuat bakteri masuk ke dalam jaringan pembuluh darah dan akhirnya meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 20 persen!

  1. Bibir membiru tanpa alasan yang jelas

Sebenarnya, bibir membiru menandakan bahwa tubuh sedang kedinginan. Hanya saja, jika kita mulai sering mengalaminya tanpa penyebab yang jelas, bisa jadi menandakan adanya masalah jantung atau pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang memburuk sehingga tidak mampu mencapai bagian bibir dengan lancar.

  1. Mengalami perubahan pada kuku

Pakar kesehatan menyebut kuku yang mengalami perubahan bentuk menjadi lebih tebal atau lebih bulat bisa jadi adalah tanda dari masalah kesehatan pada organ kardiovaskular. Perubahan ini dipicu oleh menurunnya pasokan darah ke bagian pangkal kuku.

Selain kuku, pakar kesehatan menyebut jari manis yang memiliki ukuran lebih pendek dari jari telunjuk juga disebut-sebut menandakan bahwa kita memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih besar.





Source link