5 Penyebab Tubuh Menggigil Kedinginan, Berbahayakah?

By | July 21, 2019


Photo Source: Flickr/moonpir

DokterSehat.Com– Biasanya, tubuh yang menggigil disebabkan oleh suhu udara yang sangat dingin. Tubuh yang berusaha untuk menjaga suhu internal pun berusaha untuk melakukan kontraksi yang akhirnya membuat kita merasakan sensasi menggigil. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut tubuh yang tiba-tiba menggigil bisa saja disebabkan oleh adanya masalah kesehatan tertentu.

Berbagai penyebab tubuh menggigil kedinginan

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak menyepelekan gejala tubuh yang menggigil kedinginan. Apalagi jika suhu udara sebenarnya sedang tidak dingin.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya.

  1. Sedang mengalami demam

Jika kita mengalami demam tinggi, maka akan mengalami gejala seperti tubuh menggigil. Kondisi ini terjadi jika suhu tubuh naik hingga lebih dari 37,7 derajat Celcius. Biasanya, demam dipicu oleh reaksi tubuh dalam melawan berbagai macam infeksi, organ tubuh yang sedang meradang, atau saat sedang mengalami alergi.

Saat mengalami demam, tubuh akan mengalami gejala seperti tubuh yang menggigil kedinginan hingga munculnya gejala seperti flu. Kondisi ini biasanya akan reda dengan sendirinya.

Hanya saja, jika kita ingin segera beraktivitas dengan normal, kita bisa mempercepat porses penyembuhan demam dengan cara lebih banyak minum air atau mengonsumsi obat pereda demam.

  1. Mengalami hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi yang membuat kadar gula darah lebih rendah dari normal. Kondisi ini akan menyebabkan gejala seperti ubuh yang menggigil. Biasanya, hipoglikemia dipicu oleh tubuh yang belum mendapatkan makanan dalam waktu yang lama sehingga tidak lagi mendapatkan sumber energi.

Kondisi ini juga sering terjadi pada orang dengan masalah diabetes. Mereka biasanya tidak mampu mengendalikan kadar gula darah dengan baik sehingga akhirnya saat kadar gula darah anjlok, akan menyebabkan gejala seperti kelaparan, tubuh yang menggigil, dan lemas. Gejala ini baru akan hilang jika kita mulai mendapatkan asupan makanan atau mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik.

Selain menggigil, kondisi hipoglikemia juga bisa membuat tubuh mengalami keringat dingin, jantung yang berdebar-debar, gangguan penglihatan, hingga kejang-kejang. Bagi penderita diabetes, kondisi ini bahkan bisa saja memicu kematian!

  1. Mengalami hipotiroidisme

Hipotiroidisme terjadi saat tubuh kesulitan menjaga fungsi kelenjar tiroid sehingga akhirnya mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dengan signifikan. Kondisi ini ternyata bisa membuat tubuh seperti menjadi lebih sensitif pada suhu dingin sehingga akan mudah mengalami kondisi menggigil.

Selain tubuh yang menggigil, hipotiroidisme juga bisa menyebabkan gejala lain seperti berat badan naik dengan drastis tanpa ada sebab yang jelas, pembengkakan pada wajah, otot yang terasa lemah, nyeri, serta kaku, rambut, kuku, serta kulit yang terlihat lebih kering, mengalami sembelit, hingga risiko depresi yang meningkat.

  1. Efek samping dari berbagai jenis obat-obatan

Sebagian obat ternyata bisa memberikan efek samping seperti tubuh yang menggigil. Hanya saja, biasanya obat-obatan ini biasanya yang ditemukan di pasaran dengan bebas. Selain itu, beberapa jenis suplemen atau produk herbal jika dikonsumsi dengan sembarangan, bukannya dengan dosis yang tepat juga bisa saja menyebabkan gejala ini.

Karena alasan inilah sebaiknya kita selalu meminta saran pada dokter atau apoteker demi mendapatkan obat-obatan yang aman dan dosis yang tepat sehingga mencegah datangnya efek samping.

  1. Efek samping obat bius

Sebenarnya, obat bius belum tentu akan menyebabkan efek samping berupa tubuh yang menggigil, namun ada sebagian orang yang mengalaminya, khususnya setelah proses operasi. Setelah sadar, efek dari obat bius ini masih membuat suhu tubuh lebih rendah dari normal sehingga membuat kita merasakan sensasi kegigilan.

 





Source link