5 Penyebab Nyeri Perut Saat Batuk

By | August 22, 2019


DokterSehat.Com– Batuk adalah salah satu mekanisme alami yang dikeluarkan oleh tubuh kita saat adanya benda asing atau sumbatan di dalam saluran pernapasan. Batuk akan memicu kontraksi pada otot-otot seperti dada, diafragma, hingga ke perut. Karena alasan inilah terkadang kita merasakan sensasi perut saat melakukannya. Hanya saja, jika nyeri perut ini terus berlangsung dalam waktu yang lama saat kita masih batuk-batuk, apakah menandakan masalah kesehatan yang serius?

Penyebab nyeri perut saat batuk

Jika nyeri perut sangat terasa dan mulai membuat tidak nyaman, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memeriksakan kondisi batuk-batuk yang dialami demi mengatasinya. Selain itu, kita juga patut mewaspadai beberapa penyebab dari kondisi ini.

Berikut adalah berbagai penyebab tersebut.

  1. Mengalami masalah sumbatan pada usus

Penyebab pertama dari sensasi nyeri pada perut yang sangat terasa saat kita mengalami batuk-batuk adalah sumbatan pada usus. Jika usus pernah mengalami infeksi atau bahkan pernah mendapatkan prosedur operasi sehingga menyisakan bekas sayatan, bisa jadi hal ini akan memicu penyumbatan.

Pakar kesehatan menyebut penyumbatan ini bisa menyebabkan tekanan pada bagian panggul, memicu sensasi nyeri pada pusar, mual-mual, sembelit atau susah buang air besar, hingga sensasi nyeri saat batuk-batuk.

Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter demi mengatasinya sehingga kita pun tidak akan mudah mengalami sensasi nyeri saat batuk-batuk di kemudian hari.

  1. Mengalami radang usus buntu

Dalam dunia medis, radang usus buntu disebut sebagai apendititis. Kondisi ini biasanya dipicu oleh peradangan atau infeksi bakteri. Tak hanya akan menyebabkan sensasi nyeri dan tidak nyaman pada perut, pakar kesehatan menyebut kondisi ini cukup serius dan bisa saja mengancam nyawa. Apalagi jika usus sampai mengalami luka, robek, hingga mengeluarkan nanah.

Salah satu gejala khas dari radang usus buntu adalah sensasi nyeri saat kita melakukan beberapa gerakan tubuh tertentu, hingga rasa nyeri pada bagian kanan bawah perut saat batuk-batuk atau tertawa.

  1. Mengalami radang panggul

Radang panggul adalah masalah keseahtan yang bisa memicu berbagai kondisi lain yang lebih serius seperti infeksi pada bagian leher rahim, rahim, ovarium, hingga pada saluran tuba falopi. Pakar kesehatan menyebut radang panggul seringkali dipicu oleh bakteri yang ditularkan akibat hubungan seksual yang tidak aman. Salah satu gejala khas dari masalah radang panggul adalah sensasi nyeri yang sangat terasa pada perut saat mengalami batuk-batuk.

Bagi kaum hawa, kondisi radang panggul bisa berbahaya dan bahkan mampu menyebabkan kehamilan ektopik. Selain itu, jika kondisi ini dibiarkan, maka akan menyebabkan gangguan ketidaksuburan.

  1. Mengalami kista ovarium

Kista ovarium adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak menyerang kaum hawa. Kondisi ini menyebabkan munculnya kantung dengan isi cairan yang bisa ditemukan di bagian dalam atau luar ovarium.

Pakar kesehatan menyebut kista ovarium sebagai salah satu masalah kesehatan yang bisa menyebabkan sensasi nyeri sangat parah pada perut dan panggul, apalagi jika kita mengalami batuk-batuk.

  1. Mengalami gangguan kehamilan

Salah satu masalah kehamilan yang patut diwaspadai oleh kaum hawa adalah round ligament pain. Kondisi ini akan membuat perut ibu hamil mengalami sensasi nyeri pada salah satu sisi. Biasanya, round ligament paint terjadi di trimester kedua kehamilan dan terkait dengan meluasnya bagian rahim atau perut seiring dengan perkembangan janin di dalam kandungan.

Memang, seringkali jika batuk-batuk sudah mereda, sensasi nyeri pada perut juga akan ikut mereda, namun tak ada salahnya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan jika kita sering mengalami gejala ini saat batuk-batuk demi segera mengatasinya.





Source link