5 Pemicu Kolesterol Tinggi Selain Makanan

By | August 15, 2019


DokterSehat.Com– Jika kita membicarakan tentang kolesterol tinggi, maka biasanya hal pertama yang akan dituding sebagai penyebabnya adalah pola makan yang tidak sehat. Masalahnya adalah makanan-makanan yang tidak sehat ini biasanya memiliki rasa yang enak sehingga sulit untuk kita hindari. Selain makanan-makanan tersebut, kolesterol tinggi ternyata juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya.

Berbagai hal yang bisa menyebabkan datangnya kolesterol tinggi selain makanan

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari juga bisa ikut mempengaruhi risiko terkena kolesterol tinggi. Sayangnya, kebiasaan-kebiasaan ini cenderung sering kita lakukan.

Berikut adalah berbagai hal yang bisa memicu kolesterol tinggi tersebut.

  1. Malas berolahraga

Sebagian besar orang malas melakukan olahraga. Ada banyak sekali alasan untuk tidak melakukannya seperti kesibukan yang menyita waktu, tubuh yang lelah, hingga keinginan untuk bangun siang. Satu hal yang pasti, kebiasaan malas berolahraga bisa memberikan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan masalah kolesterol tinggi.

Selain akan meningkatkan kadar kolesterol jahat, kebiasaan malas berolahraga atau kurang gerak seharian juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik. Hal ini tentu akan bisa meningkatkan risiko terkena aterosklerosis, hipertensi, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita melakukan olahraga setidaknya 20-30 menit setiap hari. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda bisa membantu mencegah datangnya masalah-masalah kesehatan tersebut.

  1. Stres

Stres sudah dikenal luas sebagai penyebab datangnya berbagai masalah kesehatan, baik itu fisik maupun mental. Jika kita menyepelekannya, maka risiko terkena kolesterol tinggi juga akan meningkat.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan stres dalam menyebabkan kekacauan hormon dan sistem metabolisme tubuh. Hal ini bisa berperan dalam menyebabkan kenaikan kadar kolesterol jahat sekaligus penurunan kadar kolesterol baik. Selain itu, stres juga bisa membuat kita menerapkan pola makan yang buruk, tepatnya dalam hal mengonsumsi makanan-makanan tinggi kolesterol demi memuaskan pikiran dan mengatasi stres yang sedang diderita.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita mengelola stres dengan lebih baik seperti dengan melakukan latihan pernapasan, berolahraga, piknik, atau melakukan hobi yang disukai demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

  1. Merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol masih dianggap sebagai kebiasaan yang wajar untuk dilakukan bagi banyak orang. Padahal, dampak dari kebiasaan ini sangatlah buruk bagi kesehatan, termasuk dalam hal menyebabkan kolesterol tinggi dan peningkatan risiko terkena penyakit jantung.

Bagi mereka yang sudah kecanduan rokok dan bisa menghabiskan puluhan batang rokok seharian, risiko terkena kematian dini akibat penyakit kardiovaskular juga akan meningkat dengan signifikan.

Alkohol tak hanya akan membuat seseorang mabuk atau hilang kesadaran. Dalam realitanya, minuman ini mampu memperburuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, merusak hati, dan meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi.

  1. Mengalami kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah ibu dari berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya adalah kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Berat badan yang berlebihan juga akan membebani kinerja jantung, merusak pembuluh darah, dan akhirnya meningkatkan risiko kematian dini akibat berbagai macam penyakit kardiovaskular. Bahkan, obesitas juga bisa memicu datangnya diabetes dan beberapa jenis penyakit kanker.

  1. Memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi

Jika kita memiliki riwayat keluarga dengan masalah kolesterol tinggi, maka risiko untuk terkena penyakit yang sama juga akan meningkat. Karena alasan inilah kita harus benar-benar menjaga gaya hidup menjadi lebih sehat seperti dalam hal menjaga pola makan, rajin berolahraga, tidur cukup, mengendalikan stres dengan baik, hingga menghindari minuman beralkohol dan asap rokok.





Source link