5 Minuman Sehat Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah

By | June 26, 2019


DokterSehat.Com– Masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika tidak ditangani dengan baik, hipertensi bisa berlanjut menjadi penyakit jantung atau stroke yang mematikan. Karena alasan inilah kita harus berusaha untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Beberapa minuman yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Kebanyakan orang berpikir jika untuk menurunkan tekanan darah, kita sebaiknya mengonsumsi mentimun dalam jumlah banyak. Padahal, dalam realitanya ada beberapa jenis minuman yang juga bisa membantu kita menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Berikut adalah beberapa minuman tersebut.

  1. Jus delima

Jus delima memang tidak begitu populer jika dibandingkan dengan jenis jus-jus buah lainnya layaknya jus jambu atau jus stroberi, namun jus dengan warna merah ini juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, khususnya dalam hal menurunkan tekanan darah.

Di dalam jus delima terdapat kandungan berbagai macam vitamin dan potasium yang bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus menurunkan tekanan darah. Kandungan ini juga mampu menurunkan kadar ACE, sejenis enzim yang bisa membuat pembuluh darah semakin menyempit.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi jus delima bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Jika kita meminumnya sebanyak 150 ml saja setiap hari selama dua minggu, maka masalah hipertensi bisa diatasi dengan baik.

  1. Jus jeruk

Tak disangka, jus jeruk yang bisa kita buat sendiri atau dibeli di tempat makan dengan mudah ini ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan potasium di dalamnya yang cukup tinggi.

Selain itu, di dalam jus jeruk juga terdapat kandungan asam folat dan bioflavonoid. Kedua kandungan ini bisa membuat jantung dan pembuluh darah semakin sehat, meningkatkan sistem metabolisme, dan membuat tekanan darah menurun.

  1. Susu

Banyak orang yang tidak tahu jika rutin minum susu juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium, kalsium, dan fosfor di dalamnya yang sangat tinggi. Ditambah dengan adanya kandungan vitamin D yang bisa menyehatkan jantung dan sirkulasi darah, maka rutin mengonsumsinya tentu akan membantu mengatasi hipertensi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam British Journal of Nutrient, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi susu, baik itu yang rendah lemak ataupun yang tinggi lemak bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kandungan asam palmitic yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan memperlancar aliran darah.

  1. Jus tomat

Pakar kesehatan menyebut jus tomat bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi dengan efektif. Jus tomat pun sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita hipertensi serta penyakit jantung. Manfaat kesehatan ini didapatkan dari kandungan anti peradangan di dalam tomat yang sangat tinggi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang berjudul Tomato Juice Diaries dan dilakukan di Jepang, dihasilkan fakta bahwa rutin minum jus tomat memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Dalam penelitian yang melibatkan 481 orang ini, disebutkan bahwa rutin mengonsumsi jus tomat selama satu tahun bisa membantu menurunkan tekanan darah hingga 3 persen. Bahkan, 125 partisipan yang memiliki riwayat kolesterol tinggi mengalami penurunan tekanan darah hingga 3,3 persen.

  1. Teh hibiscus

Teh hibiscus memiliki kandungan antioksidan dan antosianin yang bisa menurunkan tekanan darah. Demi mendapatkan manfaat kesehatan ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi tiga cangkir teh hibiscus setiap hari.





Source link