5 Minuman Pemicu Kanker yang Sering Dikonsumsi

By | July 31, 2019


DokterSehat.Com– Ada banyak penyebab kanker. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi minuman tertentu. Lantas, apa saja minuman penyebab kanker? Ternyata tanpa sadar sering dikonsumsi!

Minuman Pemicu Kanker

Konsumsi air sangatlah penting karena jika tidak mengonsumsinya dalam jumlah cukup, maka risiko terkena masalah kesehatan seperti dehidrasi akan meningkat. Sayangnya, jika kita mengonsumsi air dengan sembarangan, risiko kanker juga akan meningkat.

Berikut ini beberapa minuman pemicu kanker yang terkadang tidak sadar kita konsumsi:

  1. Air keran

Bukan berarti air keran yang kita gunakan setiap hari ini bisa menyebabkan datangnya kanker.

Khususnya di luar negeri, ada air keran yang bisa langsung diminum. Meskipun sudah dipastikan aman dikonsumsi, bukan berarti air keran bisa diminum dengan sembarangan. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan penggunana bahan kimia demi mengatasi berbagai macam bakteri, kuman, dan virus di dalam kuman.

Salah satu bahan kimia yang dipakai demi membuat air bersih dari berbagai pathogen tersebut adalah klorin. Sayangnya, jika dikonsumsi terlalu sering, bahan kimia ini juga berpotensi menyebabkan datangnya kanker.

  1. Air yang dimasukkan dalam botol plastik tidak sehat

Beberapa jenis air kemasan dan air yang dimasukkan ke dalam botol isi ulang ternyata berpotensi memicu datangnya kanker, khususnya jika botol plastik yang digunakan tidak memiliki label aman bagi kesehatan atau memiliki kandungan BPA.

Kandungan ini ternyata bisa menyebabkan kekacauan hormon di dalam tubuh dan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker layaknya kanker payudara atau kanker prostat. BPA juga bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh dengan signifikan.

  1. Minuman energi

Banyak orang yang sering mengonsumsi minuman energi demi membantu tubuh mendapatkan energi lebih banyak untuk melakukan berbagai macam aktivitas yang berat. Sayangnya, minuman energi cenderung tinggi kandungan gula, kafein pewarna kimia, hingga penambah rasa yang bisa meningkatkan risiko berbagai macam masalah kesehatan jika sering dikonsumsi.

Kita bisa mengalami peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, masalah pada jantung, dan kanker jika terlalu sering mengonsumsinya.

  1. Minuman yang masih dalam kondisi panas

Minuman layaknya teh atau kopi yang disajikan dalam kondisi panas memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Masalahnya adalah minuman ini bisa meningkatkan risiko terkena kanker esophagus atau kanker kerongkongan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menunggu suhu air panas ini menurun hingga sekitar 65 derajat Celcius saja sebelum mengonsumsinya. Dengan mengonsumsi air yang masih dalam kondisi hangat, maka risiko untuk terkena kanker pun bisa semakin ditekan.

  1. Kopi instan

Sebenarnya, secara umum kopi sangatlah baik bagi kesehatan, namun jika kita memilih kopi instan yang memiliki banyak varian rasa yang nikmat ini, maka risiko untuk terkena masalah kesehatan layaknya obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan juga kanker akan meningkat.

Kopi memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa mencegah datangnya kanker, namun di dalam kopi instan terdapat kandungan gula yang tinggi. Bahkan, ada banyak sekali bahan kimia lainnya seperti pengawet, pewarna, perasa, dan lain-lain. Paparan-paparan inilah yang berpotensi kurang baik bagi kesehatan.

Beberapa jenis minuman lain seperti jus kemasan dengan varian aneka rasa dan minuman olahraga yang biasanya juga sudah memiliki tambahan bahan kimia juga berpotensi menyebabkan datangnya kanker jika terlalu sering dikonsumsi.





Source link