5 Manfaat Memelihara Hewan, Turunkan Tekanan Darah?

By | August 31, 2019


DokterSehat.Com– Bbanyak orang yang mengaku sengaja memelihara hewan agar merasa lebih bahagia. Ada yang menyebut memiliki hewan peliharaan bisa menurunkan hipertensi. Sebenarnya apa saja manfaat memelihara hewan? Apakah benar-benar baik untuk kesehatan?

Manfaat Memelihara Hewan bagi Kesehatan

Selain menurunkan hipertensi, ada banyak khasiat kesehatan lain dari memelihara hewan. Berikut ini manfaat memelihara hewan bagi kesehatan:

  1. Menurunkan Stres

Jika kita mengalami masalah atau terkena stres karena faktor pekerjaan dan hal-hal lainnya namun kemudian membelai bulunya yang lembut, maka kita bisa merasakan kenyamanan dan ketenangan tersendiri.

Selain itu, pakar kesehatan juga menyebut tingkah hewan yang cenderung lucu dan menggemaskan bisa membuat kita tertawa dan sejenak melupakan berbagai macam masalah yang bisa memicu datangnya stres.

  1. Membuat Lebih Banyak Bergerak

Tanpa disadari, memiliki hewan peliharaan membuat kita cenderung menjadi lebih aktif bergerak. Sebagai contoh, banyak pemilik anjing yang akhirnya terbiasa untuk membawanya berjalan-jalan. Hal ini ternyata bisa membuat kita mendapatkan efek layaknya rajin berolahraga.

Dampaknya bagi kesehatan pun bisa sangat besar, baik itu berupa jantung dan pembuluh darah yang lebih sehat, berat badan yang terjaga, hingga sistem metabolisme yang meningkat.

  1. Mengatasi Kesepian

Pemilih hewan peliharaan cenderung tidak mudah merasa kesepian meski sering mengalami masalah. Hal ini disebabkan oleh pikiran yang disibukkan dengan memelihara hewan peliharaannya. Tingkah laku hewan peliharaan yang lucu juga bisa membuat pemiliknya seperti merasa teman. Mereka juga cenderung memiliki pikiran lebih positif dan tidak mudah terkena masalah kesehatan mental.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2011 silam, memelihara hewan akan membuat produksi hormon-hormon yang bisa memberikan rasa bahagia seperti serotonin serta dopamine meningkat. Hal ini ternyata bisa berimbas pada kesehatan mental yang lebih baik.

  1. Mengatasi Alergi

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology menghasilkan fakta bahwa memiliki kucing atau anjing cenderung membuat kita memililki risiko lebih rendah terkena alergi dan asma. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang beradaptasi dan menjadi lebih kuat pada alergen.

  1. Baik bagi Kesehatan Lansia

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Gereontologist menghasilkan fakta bahwa lansia dengan usia lebih dari 60 tahun namun memelihara anjing cenderung memiliki berat badan lebih ideal dan tidak mudah jatuh sakit. Risiko terkena depresi dan kesepian juga bisa ditekan dengan signifikan.

Memelihara Hewan Bermanfat bagi Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Republik Ceska sejak 2013 dengan melibatkan 2 ribu partisipan dan dipublikasikan dalam jurnal berjudul Mayo Clinic Proceedings menghasilkan fakta bahwa memelihara hewan, khususnya anjing bisa membuat kesehatan organ kardiovaskular semakin meningkat.

Para ahli menyebut pemilik hewan peliharaan memiliki kadar gula daran dan tekanan darah yang lebih stabil dibandingkan dengan mereka yang tidak memelihara hewan.

Pakar kesehatan menyebut memiliki hewan peliharaan bisa membantu menurunkan tekanan darah dan risiko hipertensi dengan signifikan. Meski terkadang bisa lebih merepotkan karena kita harus mengurus hewan-hewan tersebut layaknya mengurus anak, namun pakar kesehatan menyebut ada kepuasaan tersendiri saat mengetahui hewan-hewan berada dalam kondisi sehat dan sering bermain bersama dengan mereka.

Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga akan membuat kita cenderung lebih aktif sehingga akan membuat sirkulasi darah berjalan dengan lebih lancar. Hal inilah yang akhirnya bisa berimbas positif pada risiko hipertensi dengan signifikan.





Source link