5 Manfaat Bayam Bagi Diabetes

By | July 28, 2019


DokterSehat.Com– Bayam dikenal luas sebagai sayuran yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Tak hanya bagi orang sehat, banyak orang yang mengalami kondisi kesehatan tertentu yang juga disarankan untuk rutin mengonsumsinya. Salah satunya adalah penderita diabetes.

Berbagai khasiat bayam bagi penderita diabetes

Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes harus menjaga pola makannya sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap normal. Dengan melakukannya, maka risiko untuk terkena komplikasi mematikan bisa dicegah. Salah satu makanan yang sebaiknya sering mereka konsumsi adalah bayam.

Berikut adalah berbagai macam manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika penderita diabetes makan bayam.

  1. Bisa membantu menurunkan kadar gula darah

Karena mengalami masalah dalam sekresi insulin, penderita diabetes kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya. Tak hanya mengalami lonjakan kadar gula darah yang bisa membahayakan berbagai organ tubuh, terkadang kadar gula darah juga tidak bisa dikendalikan, baik itu terlalu rendah atau terlalu tinggi. Hal ini juga bisa menyebabkan efek kesehatan yang serius lainnya.

Dengan mengonsumsi bayam, maka kita akan mendapatkan kandungan antioksidan yang tinggi berupa asam alfa-lipoat. Kandungan ini ternyata bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dengan efektif. Hal ini berarti, rajin makan bayam bisa membuat penderita diabetes mencegah datangnya komplikasi.

Hanya saja, sebaiknya kita mengolah bayam dengan tepat, yakni dengan merebusnya atau menjadikannya sayuran pada umumnya, bukannya dijadikan gorengan atau keripik yang justru bisa membuat manfaat kesehatannya menurun drastis.

  1. Bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penderita diabetes mengalami masalah sensitivitas insulin. Produksi insulin di dalam tubuhnya terganggu karena pankreas sudah tidak bisa lagi berfungsi dengan maksimal. Tanpa adanya insulin yang cukup, tubuh tidak bisa memetabolisme gula menjadi energi. Hal ini akan membuat tubuh terasa lemas dan kurang bertenaga, mudah mengantuk, namun membuat kadar gula darah sangat tinggi.

Dengan mengonsumsi bayam, tubuh akan kembali terangsang untuk memproduksi insulin dengan lebih baik. Hal ini tentu akan berimbas positif pada keseimbangan kadar gula darah yang jauh lebih baik.

  1. Mencegah paparan stres oksidatif yang buruk bagi kesehatan

Salah satu penyebab utama dari komplikasi diabetes adalah munculnya stres oksidatif. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang mengalami peradangan sehingga akhirnya mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pembuluh darah, jantung, dan saraf rentan mengalami masalah kesehatan jika kita sering terpapar stres oksidatif ini. Hal inilah yang berpotensi memicu komplikasi berbahaya dan kematian dini.

Keberadaan antioksidan di dalam bayam yang sangat tinggi bisa membantu melawan paparan buruk radikal bebas dan stres oksidatif yang bisa mencegah datangnya komplikasi tersebut.

  1. Bisa mencegah neuropati perifer serta neuropati otonom

Kerusakan saraf adalah salah satu komplikasi yang sering dialami oleh penderita diabetes. Gangguan saraf yang muncul adapah neuropati perifer serta neuropati otonom. Neuropati perifer bisa menyebabkan saraf di bagian telapak kaki mengalami kerusakan. Bagian lain yang bisa mengalaminya adalah lengan dan tangan. Sementara itu, neuropati otonom bisa menyebabkan kerusakan saraf pada bagian mata, saluran pencernaan, dan jantung.

Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya di dalam bayam bisa membantu mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

  1. Mengendalikan tekanan darah

Penderita diabetes juga rentan mengalami tekanan darah tinggi, apalagi jika mereka masih menerapkan pola makan yang buruk. Dengan mengonsumsi bayam yang tinggi serat dan fitonutrien, masalah kesehatan ini bisa dicegah. Hal ini tentu bisa mencegah datangnya komplikasi pada jantung dan pembuluh darah.





Source link