5 Makanan Penyebab Perut Kembung ini Sering Dikonsumsi

By | August 2, 2019


DokterSehat.Com– Salah satu masalah pencernaan yang sering kita alami adalah perut kembung. Meski bisa membuat tubuh merasakan sensasi tidak nyaman, dalam realitanya kita masih menganggapnya sebagai masalah kesehatan yang sepele karena seringkali memang bisa mereda dengan sendirinya. Meskipun begitu, dalam beberapa kasus ada sebagian orang yang mengaku tidak bisa beraktivitas dengan normal akibat masalah kesehatan ini.

Berbagai hal yang bisa menyebabkan masalah perut kembung

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan datangnya masalah perut kembung. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Makan dengan berlebihan

Makan dengan berlebihan adalah penyebab paling sering dari masalah perut kembung. Hal ini disebabkan oleh banyaknya makanan yang harus diolah di dalam perut sehingga membuat produksi gas juga menjadi lebih banyak.

  1. Mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi lemak

Makanan berlemak cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna di dalam perut. Organ pencernaan juga akan bekerja dengan lebih keras demi mengolahnya. Masalahnya adalah hal ini juga berimbas pada produsi gas yang berlebihan yang memicu sensasi kembung atau begah.

  1. Makan dengan cepat

Jika kita makan terlalu cepat, maka produksi enzim untuk mengolah makanan tidak berlangsung dengan baik dan akhirnya membuat lambung bekerja dengan jauh lebih keras. Hal ini bisa memicu gejala perut kembung.

  1. Pola makan yang tidak teratur

Kebiasaan melakukan pola makan yang tidak teratur ternyata juga bisa menyebabkan risiko terkena perut kembung meningkat.

Berbagai makanan dan minuman yang bisa memicu masalah perut kembung

Selain pola makan yang buruk, pilihan makanan yang tidak tepat juga bisa mempengaruhi risiko terkena masalah perut kembung.

Berikut adalah berbagai macam makanan yang bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan ini.

  1. Beberapa jenis sayuran

Pakar kesehatan menyebut beberapa jenis sayuran bisa memicu datangnya masalah perut kembung. Sayuran-sayuran ini adalah yang berasal dari keluarga brokoli, kol, dan kubis. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan rafinosa, kandungan gula alami yang sulit dicerna oleh bakteri di dalam usus.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering, dikhawatirkan hal ini akan menyebabkan produksi gas di dalam tubuh meningkat. Hal inilah yang kemudian memicu masalah perut kembung.

Selain membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan, kita bisa mengolah kubis, kol, dan brokoli dengan cara mengukusnya terlebih dahulu demi mencegah dampak ini.

  1. Kacang polong

Kacang polong ternyata juga bisa menyebabkan perut kembung. Hal ini disebabkan oleh saluran pencernaan yang akan memproduksi gas dalam jumlah yang sangat banyak untuk mencernanya. Selain itu, kita juga bisa merasakan sensasi begah atau penuh di dalam perut setelah mengonsumsinya.

Mengingat kacang termasuk dalam makanan yang cocok untuk diet, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Selain itu, kita juga bisa menambah asupan air putih saat mengonsumsinya juga bisa membantu mencegah perut kembung.

  1. Susu

Bagi sebagian orang yang mengalami intoleransi laktosa, minum susu bisa menyebabkan gejala perut kembung, mual-mual, dan diare. Kita bisa menggantinya dengan susu nabati yang tidak akan menyebabkan dampak ini.

  1. Buah apel

Apel yang dikenal luas sebagai salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan ini ternyata juga bisa memicu masalah perut kembung. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan fruktosa dan sorbitol di dalamnya. Kandungan gula ini sulit dicerna oleh perut sehingga bisa memicu sensasi kembung setelah mengonsumsinya.

  1. Makanan asin

Makanan asin atau yang tinggi garam ternyata juga bisa memicu masalah perut kembung. Selain itu, makanan tinggi garam juga kurang baik bagi tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh.





Source link