5 Makanan & Minuman yang Dihindari Saat Dehidrasi

By | August 9, 2019


photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Dehidrasi tak hanya soal tubuh yang merasa haus. Dalam realitanya kondisi ini membuat tubuh kekurangan cairan. Masalahnya adalah tanpa adanya cairan yang cukup, maka berbagai macam organ dan bagian tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. Hal ini tentu bisa membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Efek Dehidrasi bagi Tubuh

Ada banyak sekali dampak buruk yang akan dirasakan jika kita mengalami dehidrasi. Sebagai contoh, kita akan merasa lemas dan pusing. Hal ini disebabkan oleh darah yang menjadi lebih kental sehingga akan membuat sirkulasi darah menjadi tidak maksimal.

Sebagai contoh, otak akhirnya tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi akibat terganggunya sirkulasi darah sehingga akan memicu sensasi pusing, sulit berpikir, sulit berkonsentrasi, dan sulit mengingat.

Organ-organ dalam tubuh seperti pencernaan dan ginjal juga akan mengalami dampak buruk akibat hal ini. Sebagai contoh, kita bisa mengalami sembelit dan peningkatan risiko terkena penyakit ginjal akibat dehidrasi yang tak kunjung ditangani.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Dehidrasi

Demi mencegah dampak kesehatan yang lebih buruk, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minuman saat dehidrasi.

Berikut adalah makanan dan minuman tersebut.

  1. Minuman bersoda

Saat sedang sangat haus atau mengalami dehidrasi akibat suhu udara yang sangat panas, sepertinya akan sangat nikmat untuk mengonsumsi minuman bersoda yang dingin. Sayangnya, pakar kesehatan justru sangat tidak menyarankan kita untuk mengonsumsinya saat dehidrasi. Bukannya mengatasi masalah kesehatan ini, bisa jadi dehidrasi akan menjadi semakin parah setelah meminumnya.

Berdasarkan penelitian yang diungkap oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dihasilkan fakta bahwa minum minuman bersoda saat dehidrasi akan memicu masalah hypernatremia yang akhirnya berimbas pada semakin menurunnya jumlah cairan di dalam tubuh.

  1. Jus buah kemasan

Sebagaimana minuman bersoda, jus buah kemasan akan terasa sangat menyegarkan untuk diminum saat mengalami dehidrasi. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut mengonsumsinya akan memperburuk dehidrasi yang sedang dialami.

Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang tinggi di dalam jus kemasan. Tubuh justru akan berusaha membuang kelebihan gula dengan cara memperbanyak buang air kecil. Kondisi ini tentu akan membuat cairan tubuh justru semakin berkurang.

  1. Minum kopi

Kopi memiliki sifat diuretik atau mampu meningkatkan keinginan buang air kecil. Jika kita mengonsumsinya saat sedang mengalami dehidrasi atau kehausan, maka justru akan membuat keseimbangan cairan tubuh menjadi semakin memburuk. Jika kopi yang dikonsumsi adalah kopi instan yang tinggi gula atau kopi yang diberi tambahan gula dalam jumlah banyak, dampaknya tentu akan jauh lebih buruk.

  1. Gorengan

Jika kita mengonsumsi gorengan saat sedang mengalami dehidrasi, bisa jadi akan membuat dehidrasi menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan garam di dalamnya yang akhirnya membuat keseimbangan cairan tubuh terganggu. Meski kita juga minum saat mengonsumsinya, sensasi dehidrasi yang dirasakan tidak akan kunjung mereda.

  1. Cokelat

Salah satu camilan yang paling nikmat untuk dikonsumsi kapan saja adalah cokelat. Sayangnya, pakar kesehatan justru menyarankan kita untuk menghindari cokelat saat sedang dehidrasi atau kehausan.

Sebenarnya, secara logika, mulut dan kerongkongan akan terasa kurang nyaman jika harus makan cokelat tanpa mengonsumsi minuman apapun, namun menurut pakar kesehatan, kandungan kakao di dalam cokelat ternyata bisa membuat kita lebih sering buang air kecil. Hal inilah yang kemudian bisa memperburuk dehidrasi.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak atau air kelapa demi mengatasi dehidrasi dan kehausan dengan efektif.





Source link