5 Makanan Ini Harus Dihindari Pengidap Radang Usus

By | August 22, 2019


DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang sangat luar biasa adalah radang usus. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh terjadinya peradangan kronis pada sistem pencernaan akibat pola makan yang sangat buruk. Khususnya dalam hal kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak higienis.

Berbagai gejala yang bisa dirasakan akibat radang usus

Gejala radang usus yang dialami oleh setiap orang bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Hal ini sangat bergantung pada tingkat keparahan dari masalah kesehatan yang diderita. Hanya saja, secara umum masalah kesehatan ini akan menyebabkan munculnya gejala yang khas.

Berikut adalah gejala-gejala kesehatan tersebut.

  1. Menurunnya nafsu makan secara drastis

Salah satu gejala khas dari masalah radang usus adalah penurunan nafsu makan dengan drastis. Hal ini disebabkan oleh sensasi nyeri perut dan kram perut yang cukup parah. Kondisi ini tentu akan berlanjut menjadi penurunan berat badan secara drastis dan kekurangan nutrisi.

  1. Nyeri perut parah

Radang usus bisa menyebabkan gejala nyeri perut parah. Hal ini disebabkan oleh terganggunya pergerakan usus yang akhirnya membuat pergerakan makanan ikut terganggu. Kondisi ini akan menyebabkan sensasi yang sangat tidak nyaman.

  1. Mengalami disentri

Disentri bisa menyebabkan kotoran disertai dengan darah. Hal ini bisa dikenali dengan kotoran yang terlihat kegelapan saat buang air besar.

  1. Mudah lelah

Usus yang kesulitan untuk mencerna makanan dengan baik akan membuat tubuh tidak bisa mendapatkan energi dengan cukup. Kondisi ini tentu akan berimbas pada tubuh yang mudah lelah.

  1. Mual dan muntah

Sensasi nyeri atau kram perut yang cukup parah akan berimbas pada mual-mual dan muntah yang cukup parah. Jika hal ini terus terjadi, dikhawatirkan akan menyebabkan gejala lain layaknya demam atau anemia.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita radang usus

Mengingat radang usus termasuk dalam penyakit yang bisa menyebabkan sensasi nyeri dan tidak enak badan yang cukup parah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari beberapa jenis makanan demi membantu proses penyembuhan masalah kesehatan ini.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari tersebut.

  1. Mie instan

Salah satu makanan yang paling digemari masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang enak dan mudah untuk dibuat ini ternyata sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita masalah radang usus.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan natrium, pengawet, dan bahan kimia lain di dalamnya. Kandungan-kandungan ini bisa semakin membebani pencernaan dan akhirnya membuat radang usus menjadi semakin parah.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu camilan yang sangat enak. Kita bisa mengonsumsinya saat mengobrol, bekerja, atau saat menonton acara televisi. Sayangnya, kacang yang dikenal tinggi protein ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita radang usus. Hal ini disebabkan oleh teksturnya yang cenderung sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga dikhawatirkan bisa membuat peradangan menjadi semakin parah.

  1. Pisang hijau

Pisang hijau atau pisang yang masih muda sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita radang usus karena bisa meningkatkan risiko terkena konstipasi. Masalahnya adalah konstipasi akan memperburuk masalah radang usus yang sedang diderita.

Hal ini disebabkan oleh pisang hijau yang cenderung memiliki kandungan zat tepung dan pektin yang sangat tinggi. Kandungan ini sangat sulit dicerna oleh saluran pencernaan.

  1. Daging merah

Daging merah memang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja, namun bukan berarti kita bisa sembarangan mengonsumsinya, termasuk saat terkena radang usus. Keberadaan  lemak serta zat besi yang sangat tinggi di dalamnya ternyata bisa membuat radang usus menjadi semakin parah.

  1. Produk olahan susu

Beberapa produk olahan susu baik itu susu cair, yoghurt, keju, hingga es krim yang memiliki kandungan laktosa ternyata sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita radang usus.

Hal ini disebabkan oleh kecenderungan laktosa yang bisa memicu produksi gas berlebihan, menyebabkan sembelit, dan memicu gangguan pencernaan lainnya yang berimbas pada semakin parahnya radang usus yang sedang diderita.





Source link