5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Penyakit Batu Empedu!

By | August 26, 2019


Photo Source: Twitter.com/roro_asyu

DokterSehat.Com– Batu empedu adalah masalah kesehatan yang bisa menyebabkan gejala seperti nyeri yang luar biasa pada perut bagian kanan atas, mual-mual hingga muntah, hingga hilangnya nafsu makan secara drastis. Masalahnya adalah kondisi ini bisa dipicu oleh pola makan yang tidak sehat. Lantas, makanan-makanan apa sajakah yang bisa menyebabkan datangnya batu empedu?

Berbagai makanan penyebab batu empedu yang sebaiknya diwaspadai

Sebenarnya, makanan bukan pemicu langsung dari masalah batu empedu. Masalah kesehatan ini bahkan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Hanya saja, jika kita terbiasa mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat dalam jangka panjang, maka akan menyebabkan datangnya masalah kesehatan ini.

Berikut adalah berbagai makanan yang bisa menyebabkan masalah batu empedu tersebut.

  1. Makanan dengan kandungan lemak tinggi

Masyarakat Indonesia mengenal banyak sekali jenis makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Selain gorengan, kita juga mengenal makanan bersantan yang memiliki rasa yang sangat nikmat. Masalahnya adalah dibalik kenikmatan makanan-makanan berlemak ini, ada risiko besar untuk mengalami masalah kesehatan jika terlalu sering mengonsumsinya.

Hal ini disebabkan oleh keberadaan lemak jenuh atau lemak trans yang bisa menyebabkan masalah pada organ kardiovaskular. Bahkan, lemak tidak sehat ini juga bisa membuat empedu bekerja dengan jauh lebih keras. Jika hal ini dibiarkan, akan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol darah dan memicu pembentukan batu empedu.

Penderita batu empedu bahkan harus menurunkan konsumsi lemak harian hingga maksimal 25 hingga 40 gram setiap hari. Selain itu, mereka diminta untuk memperbanyak asupan makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 layaknya ikan tuna, ikan salmon, dan sayuran seperti bayam dan kubis.

  1. Makanan dengan karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan bisa berupa gula atau pemanis buatan, tepung terigu, pati, hingga biji-bijian olahan. Makanan-makanan yang memiliki kandungan ini adalah kue, roti, biskuit, permen, atau bahkan minuman manis yang bisa kita temukan di mini market atau di pinggir jalan.

Karbohidrat olahan ternyata bisa menyebabkan pengendapan pada empedu yang akhirnya berubah menjadi batu empedu. Kandungan ini juga bisa menyebabkan datangnya masalah kolesterol.

  1. Daging merah dengan kandungan lemak tinggi

Daging merah memang bisa diolah menjadi berbagai makanan dengan rasa yang nikmat. Sayangnya, daging-dagingan ini cenderung memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis daging lainnya seperti daging ayam atau daging ikan.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, konsumsi lemak jenuh dengan berlebihan bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol dan risiko batu empedu. Hal ini berarti, jika kita masih terbiasa mengonsumsi daging merah berlemak, risiko terkena masalah kesehatan tersbuet pun akan meningkat.

American Heart Association menyarankan kita untuk lebih cermat dalam mengonsumsi daging merah. Sebagai contoh, pilihlah bagian daging yang tidak memiliki kandungan lemak. Jika perlu, kita juga bisa membuang bagian lemak atau gajih dari daging tersebut hingga bersih. Setelahnya, kita bisa mengolahnya dengan cara yang tepat dan memastikan untuk membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

  1. Makanan yang digoreng

Gorengan, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng lainnya tinggi kandungan lemak jahat yang akan membebani kinerja empedu. Terlalu sering mengonsumsinya juga akan membuat risiko terkena batu empedu meningkat. Karena alasan inilah sebaiknya kita membatasi konsumsinya.

  1. Makanan kemasan

Beberapa jenis makanan kemasan seperti keripik dan kue kering memang sangat nikmat untuk dijadikan camilan, namun terlalu sering mengonsumsinya ternyata juga bisa menyebabkan kenaikan risiko terkena masalah batu empedu. Pakar kesehatan lebih merekomendasikan kita makan buah-buahan sebagai camilan yang lebih sehat.





Source link